Home / Advertorial / Pelatihan Guru

Sabtu, 2 April 2022 - 15:56 WIB

Download Materi Hari Ke-2 Diklat Gratis Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka : Praktik Penyusunan ATP dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Silahkan peserta pelatihan dapat download materi diklat online gratis 32 JP pertemuan kedua dengan tema Praktik Penyusunan ATP dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka, yang terselenggara pada tanggal 02 April 2022, oleh narasumber Dr. Yogi Anggraena, M.Si, yang merupakan salah satu kegiatan rutin dari e-guru.id bagi guru-guru di berbagai wilayah Indonesia, melalui zoom meeting dan live streaming youtube. Sebelum download materi diklat online mari pahami sekilas tentang modul ajar kurikulum merdeka.

 

Tujuan pengembangan modul ajar

Tujuannya yakni untuk mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran, sehingga pendidik memiliki kemerdekaan untuk memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.

 

Komponen Modul Ajar

Penulisan modul ajar bertujuan untuk memandu pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam modul ajar ditentukan oleh pendidik berdasarkan kebutuhannya. Secara umum sesuai Permendikbud terkait Standar Isi (dalam proses penetapan) dan Kepmendikbud 56 tahun 2022, modul ajar memiliki komponen sebagai berikut:

1. Tujuan Pembelajaran
Memuat kompetensi dan lingkup materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum Satuan Pendidikan

2. Langkah-Langkah atau Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan belajar sesuai dengan kemampuan dan tahapan perkembangan Peserta Didik, kemudian menunjukan bagaimana media pembelajaran digunakan.

Baca Juga:  Segera Daftar Pelatihan 32 JP: Memaksimalkan Platform Merdeka Mengajar!

3. Asesmen Pembelajaran
Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kesiapan dan hasil belajar peserta didik. Untuk pendidikan khusus memperhatikan kebutuhan peserta didik Saran: Asesmen dapat diletakkan setelah tujuan pembelajaran, untuk mengetahui kesiapan peserta didik mempelajari materi dalam modul ajar tersebut.

Komponen-komponen berikut dapat dikembangkan oleh pendidik sesuai sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik meliputi:

1. Informasi umum

Informasi umum yang terdiri dari Identitas penulis modul, Kompetensi awal, Profil Pelajar Pancasila, Sarana dan prasarana, Target peserta didik, serta Model pembelajaran yang digunakan.

2. Komponen inti

Komponen inti meliputi beberapa hal seperti Tujuan pembelajaran, Asesmen, Pemahaman bermakna, Pertanyaan pemantik, Kegiatan pembelajaran, Refleksi peserta didik dan pendidik.

3. Lampiran

Dalam lampiran terdapat hal-hal yang tersesusun, yakni Lembar kerja peserta didik, Pengayaan dan remedial, Bahan bacaan pendidik dan peserta didik, Glossarium, dan juga Daftar pustaka.

 

Kriteria modul ajar

Kriteria yang harus dimiliki oleh modul ajar yakni harus memenuhi kriteria esensial yang merupakan pemahaman terhadap konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
Modul ajar juga harus menarik, bermakna, dan menantang, yakni menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.Selanjutnya harus memiliki kriteria yakni relevan dan kontekstual, berarti berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.

Baca Juga:  Seminar Nasional Gratis : Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Cerdas Mengatasi Learning Loss

Dan yang tak kalah penting adalah kriteria berkesinambungan atau keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik. Untuk memahami lebih lanjut silahkan download materi diklat online berikut ini:

 

Materi Materi Hari Ke-2 Diklat Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka : Praktik Penyusunan ATP dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka (Download)

DOWNLOAD DISINI!
DOWNLOAD SEKARANG!

Guna mendapatkan wawasan dan pengalaman lebih lanjut. Ikuti diklat “Penyusunan Asesmen Diagnostik dan Laporan Penilaian Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka” Seluruh Peserta akan Mendapatkan Sertifikat 64JP. Narasumber Spesial diklat yakni Dr. Nina Oktarina, S.Pd., M.Pd, merupakan Dosen Fakultas Ekonomi UNNES dan Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak. Pelaksanaan diklat tanggal 06-12 April 2022 (Full Via Zoom Meeting Dan Streaming YouTube). DAFTAR SEKARANG!!!

 

More info

http://Wa.me/6285161610200 (Lidiyah)
http://Wa.me/6283829360847 (Idha)

-Lan-

Share :

Baca Juga

Advertorial

Ikuti, Diklat Gratis Bersertifikat 40 JP : Pengembangan Bahas Ajar dan Media Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka
tips dan trik merawat komputer

Pelatihan Guru

Pelatihan Tips dan Trik Penggunaan Komputer untuk Pendidikan

News

Diklat Bersertifikat 90JP : Membuat Website Sekolah dengan Cepat dan Mudah

Karya Ilmiah

Materi Hari Ketiga Diklat 32JP Gratis Tips Mudah Menulis Buku Ber-ISBN

Advertorial

Pelatihan Khusus 90 JP : Penyusunan dan Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran
website untuk guru

Pelatihan Guru

Pelatihan Membuat Website untuk Guru Profesional

Kenaikan Pangkat

Informasi Terbaru Sertifikat Bimtek 40JP Kiat Sukses Publikasi
website guru

Pelatihan Guru

e-Course Penggunaan WhatsApp untuk Pembelajaran dan Penilaian Otomatis