Daftar Sekarang! Diklat 32JP Membuat E-Modul Interaktif & Menarik Melalui Book Creator

- Editor

Senin, 28 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Telah dibuka pendaftaran Diklat bersertifikat 32JP Membuat E-Modul Interaktif & Menarik Melalui Book Creator yang diselenggarakan oleh e-guru.id. Diklat ini merupakan salah satu diklat yang diadakan oleh e-guru.id untuk mendidik dan melatih guru agar dapat membuat E-Modul interaktif & menarik melalui book creator.

Menaiknya setelah selesai mengikuti diklat ini peserta mendapatkan sertifikat 32JP yang dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk kenaikan pangkat guru.

e-guru.id merupakan sebuah website membership yang memberikan beragam fasilitas untuk menunjang peningkatan kompetensi akademisi baik guru, dosen, instruktur, essay writer, maupun pelaku pendidikan lainnya.

Book Creator merupakan sebuah hal yang sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, terutama pada saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, yang berdampak pada perubahan pada berbagai sektor kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk perubahan pada sektor ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, pandemi covid-19 sangat berdampak pada jalannya proses kegiatan pembelajaran di sekolah yang mana pada awalnya proses kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka antara guru dengan peserta didik. Hal tersebut berbanding terbalik pada era pandemi ini, yang mana telah berubah menjadi pembelajaran daring yang sangat berdampak pada hasil pembelajaran siswa.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka seorang guru harus memiliki kemampuan yang baik dalam memanfaatkan kemajuan teknologi, karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring pasti menggunakan berbagai macam teknologi, sehingga dengan demikian penyampaian kompetensi dasar dapat terpenuhi dengan baik serta tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dalam menggunakan berbagai macam teknologi pada pelaksanaan pembelajaran daring tersebut pasti ada berbagai kendala yang sering terjadi, kendala tersebut diantaranya lokasi rumah tidak terjangkau jaringan internet, kuota internet peserta didik yang kurang dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung monoton, sehingga membuat peserta didik merasa jenuh atau bosan.

Untuk mengatasi berbagai kendala tersebut salah satunya yakni membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif yang dapat digunakan guru yaitu dengan menulis modul dengan book creator.

Book Creator merupakan sebuah “tool” sederhana yang digunakan untuk membuat sebuah buku atraktif. Sehingga dengan tool ini maka guru tidak hanya bisa menampilkan gambar dan tulisan seperti dalam e-book tetapi juga dapat menyisipkan audio ataupun video.

Cara menggunakan tool ini sangat mudah yaitu, pertama pastikan komputer atau laptop kita sudah terinstal Google Chrome. Selanjutnya arahkan url pada address bar google chrome menuju alamat https://app.bookcreator.com, kemudian unduh dan instal aplikasi Book Creator.

Setelah itu jalankan aplikasi book creator kemudian klik ikon New Book yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu pilih layout buku yang akan dibuat, bisa Portrait, Square, Landscape atau yang lainnya.

Apabila layout sudah ditentukan selanjutnya kreasikan desain e-book tersebut dengan menekan tombol +. Pada tool tersebut ada dua macam tabulasi. Tabulasi pertama yaitu media yang dapat digunakan untuk menyisipkan sebuah file audio, video melalui tombol Import.

Agar dapat menggambil gambar dengan menggunakan kamera di laptop, hal yang dapat dilakukan yakni dengan menekan menu pen pada kamera. Selain itu untuk menyalin teks dapat dilakukan dengan menggunakan menu Text dan untuk merekam suara dapat dilakukan dengan menggunakan menu Record.

Sedangkan tabulasi kedua yakni merupakan sebuah menu tabulasi Shapes yang digunakan untuk menyisipkan bentuk gambar gambar yang tersedia di dalamnya.

Agar halaman buku yang dibuat tidak membosankan ketika dibaca oleh peserta didik maka guru harus bisa memfasilitasi peserta didik dengan bahan bacaan dengan berbagai format dan penugasan selama pembelajaran daring berlangsung. Sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan serta tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Agar dapat membuat E-Modul interaktif dan menarik melalui book creator, ikutilah pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema “ Membuat E-Modul Interaktif & Menarik Melalui Book Creator ” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

Penulis: (EYN)

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru