Home / Karya Inovatif / Pengembangan Diri / Pengembangan Profesi

Jumat, 3 Juni 2022 - 10:39 WIB

Daftar Pelatihan Khusus 95jp: Pembuatan Aplikasi Administrasi Kelas

Aplikasi administrasi kelas adalah layanan yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengakses data pengelolaan kelas.

Selain itu, layanan ini  berfungsi sebagai alat untuk membantu guru dan manajemen kelas  membuat keputusan strategis tentang upaya pengembangan sekolah di masa depan.

Penyelenggaraan administrasi pendidikan sangat penting karena mencakup seluruh kegiatan sekolah baik dari segi materi, perencanaan, kerjasama, kepemimpinan, komunikasi dan evaluasi.

Semua itu perlu dilakukan dan dirancang untuk menciptakan suasana di mana kegiatan belajar mengajar yang baik dapat dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Segala macam langkah pengembangan pendidikan perlu dipusatkan pada ruang kelas, karena pendukung utama pencapaian tujuan pendidikan adalah suasana kelas yang baik dalam arti yang seluas-luasnya.

Di dalam kelas, semua aspek pembelajaran dengan pendidikan bertemu dan proses, guru dengan segala keahliannya, lalu siswa dengan semua latar belakang dan karakteristik individu, kurikulum dengan semua komponen dan materi pelajarannya.

Ruang kelas adalah tempat dalam suatu lembaga pendidikan di mana guru menyampaikan pengetahuan dan keterampilannya kepada siswa untuk mengubah perilakunya dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Agar kegiatan dapat terlaksana dengan tepat sasaran, maka perlu dilakukan pendataan pada seluruh komponen pembelajaran untuk diolah dan dilaporkan hasilnya kepada kepala sekolah.

Baca Juga:  Hasil Evaluasi Kurikulum 2013, Ini Alasan Beralih ke Kurikulum Merdeka

Hal Ini membutuhkan satu perangkat yang disebut administrasi kelas. Melalui pengelolaan dan administrasi kelas yang baik dan menarik dapat mendorong siswa untuk belajar dengan baik dan memungkinkan mereka mencapai hasil yang baik sehingga akan membawa pada peningkatan mutu yang maksimal.

Berkenaan dengan pengelolaan kelas, sedikitnya ada 8 aspek pengelolaan kelas, yaitu:

  1. Mengecek kehadiran siswa
  2. Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memeriksa, dan menilai pekerjaan siswa tersebut.
  3. Pendistribusian bahan dan alat
  4. Mengumpulkan informasi dari siswa
  5. Mencatat data siswa
  6. Pemeliharaan asrip
  7. Menyampaikan materi pembelajaran
  8. Memberikan tugas/PR

Keberadaan administrasi kelas tentunya tidak lengkap tanpa adanya manajemen kelas yang baik. Berikut adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam administrasi kelas:

  1. Perencanaan kelas, Tujuan utamanya adalah menjelaskan kurikulum menjadi program pembelajaran yang konkrit sesuai dengan waktu yang tersedia. program tahunan, program semester, program bulanan,program mingguan, dan program harian. Selain itu, diperlukan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, olah raga, seni, tambahan les, bimbingan konseling, dan UKS.
  2. Pengorganisasian kelas, Guru diharapkan mampu membagi beban kerja, tanggung jawab, dan wewenang di antara semua pihak serta melibatkan siswa dalam pengelolaan kelas. melengkapi alat yang diperlukan dalam pembuatan struktur organisasi kelas.
  3. Pengarahan kelas, Hal ini dilakukan agar setiap kegiatan tidak menyimpang dari tujuan dan peraturan yang ada dalam suatu instansi pendidikan. Tentunya hal ini memerlukan bimbingan dan kerjasama dengan pimpinan sekolah, pengawas dan konselor melalui musyawarah.
  4. Koordinasi kelas. Tujuannya adalah untuk membawa semua material,fasilitas, dan teknik-teknik ke dalam suatu hubungan kerja yang selaras dengan tugas dan peran masing-masing, dan untuk menyampaikan saran, pendapat dan ide baik dalam diri mereka sendiri maupun di bidang kerja yang menjadi tanggung jawab masing masing
  5. Komunikasi kelas, Menggunakan jaringan komunikasi yang efektif untuk menunjukkan adanya hubungan yang harmonis melalui pertimbangan dan diskusi baik hubungan pribadi maupun kelompok.
  6. Control kelas. Tentunya, jika seseorang menemukan kekurangan, mereka perlu melakukan upaya untuk memperbaikinya dan mereka perlu adanya pengelolaan terhadap program kelas yang telah disusun.
Baca Juga:  Ini Dia Cara Jitu Mengajukan NUPTK dengan Cepat

Spesial dari e-Guruid Pelatihan Khusus 95jp: Membuat Aplikasi Pengelolaan Administrasi Kelas Berbasis Excel yang akan dilaksanakan pada 10 – 23 Juni 2022

Bagi anda yang ingin mendaftar silahkan klik daftar disini

Apabila mengalami kendala saat mendaftar silahkan hubungi admin kami wa.me/6285869433931 (admin ayu)

(law/law)

Share :

Baca Juga

Pengembangan Diri

Pelatihan 32JP : Ice Breaking Seru Dan Anti Boring

Pengembangan Diri

Kondisi Pendidikan Indonesia, Dibalik Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

4 Tips Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint

Pengembangan Diri

Berikut Merupakan Pentingnya Meningkatkan Soft skill Guru

Kenaikan Pangkat

Informasi Terbaru Sertifikat Bimtek 40JP Kiat Sukses Publikasi
https://naikpangkat.com/nearpod-untuk-pembelajaran-interaktif/(buka di tab baru)

Karya Inovatif

Mengenal iSpring Suite sebagai Media Pembelajaran Interaktif
Projek Profil Pelajar Pancasila

Pengembangan Diri

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Pembelajaran

Karya Inovatif

Etika Bermedia Sosial bagi Seorang Guru yang Wajib Diperhatikan