Daftar Aplikasi Rekomendasi untuk Pengajaran dan Pembelajaran Online

- Editor

Rabu, 22 September 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beberapa sekolah telah mengikuti kemajuan teknologi dengan mengimplementasikan edutech (teknologi edukasi), baik aplikasi belajar online buatan sekolah tersebut maupun platform yang tersedia di Google Play Store.

Sebenarnya ada beragam layanan aplikasi belajar online yang disediakan oleh startup pendidikan dan perusahaan teknologi. Pada aplikasi-aplikasi tersebut tersedia juga fitur untuk guru atau sekolah membuat kelas online, program belajar mandiri, hingga program live-teaching layaknya sekolah harian. Dari sekian aplikasi belajar online yang ada di Play Store, berikut ini rekomendasi aplikasi pembelajaran daring yang mudah digunakan oleh para siswa.

Ruang Guru    

Ruang Guru adalah satu dari sekian banyak aplikasi belajar online yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi Ruang Guru ini didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara yang dulu menjabat sebagai stafsus Presiden RI. Aplikasi belajar online ini menyediakan semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru yang tergabung di Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi, baik yang sudah berlangganan maupun belum.

Program ini juga dapat diakses oleh siswa yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak selama pandemi Covid-19. Sesi sekolah atau kuliah online yang sudah selesai bisa diputar ulang, itulah di antara kelebihan aplikasi tersebut. Selain itu, pengguna dapat mengerjakan soal di fitur Bank Soal dan TryOut secara gratis.

Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang didirikan pada tahun 2010 di London, Inggris. Layanan Quipper saat ini sudah dapat dinikmati di beberapa negara seperti Jepang, Filipina, Meksiko dan Indonesia. Sejak tahun 2015, Quipper telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia serta digunakan oleh lebih dari 5 juta siswa dan 350.000 guru di seluruh Indonesia.

Kelas Pintar

Kelas Pintar menawarkan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa diakses setiap hari. Pengguna bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik. Dengan metode belajar interaktif menggunakan video dan animasi serta e-book, maka belajar di Kelas Pintar menjadi lebih mudah dan efektif.

Rumah Belajar

Aplikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) ini hanya membutuhkan ruang sebesar 30.29 MB sehingga tidak menguras storage pada ponsel siswa. Sebagai portal pembelajaran daring, konten yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang ditampilkan secara interaktif.

Aplikasi belajar online ini juga menyediakan Bank Soal mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Materi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun tersedia di dalam aplikasi gratis ini. Adapun berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya sangat berguna untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa selama pandemi Covid-19.

Zenius

Aplikasi belajar online Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dengan sekitar puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Pengguna Zenius dapat mengakses mata pelajaran, mencoba tes tryout atau ujian mandiri, serta mendapat tips belajar.

Aplikasi Zenius bisa diunduh di Google Play Store dengan kapasitas 67.48 MB. Selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran daring dihadirkan dalam format whiteboard.

Google Classroom

Google Classroom merupakan salah satu aplikasi belajar terbesar yang dapat digunakan anak sekolah dari berbagai kalangan. Aplikasi yang juga dikenal sebagai Google kelas, ini dapat terkoneksi dengan akun Gmail yang mempermudah aksesnya. Sehingga dalam satu akun, guru bisa membuat soal online menggunakan Google Form sekaligus melakukan rekap nilai secara otomatis.

Aplikasi belajar online satu ini sangat pas digunakan untuk para gur dan siswa yang menggunakan smartphone berbasis sistem operasi Android.

Ikuti Diklat “Membuat Ujian dan Rekap Nilai secara Otomatis dengan Aplikasi Google” melalui link berikut ini:

DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 

Telegram: t.me/CS_eguruid

WhatsApp: 081575345555

Edmodo

Aplikasi Edmodo saat ini memiliki tampilan dan fitur baru yang dapat menghubungkan antara guru, murid, dan orang tua untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar.

Selain memberikan materi dan penugasan, guru juga bisa melakukan survei pada metode pembelajaran yang mereka lakukan di dalam aplikasi pembelajaran online satu ini. Edmodo juga menyediakan fitur pesan langsung yang menghubungkan antara siswa dan guru secara personal.

Brainly

Brainly merupakan salah satu forum komunitas pelajar terbesar di dunia, di mana lebih dari 100 juta orang berpartisipasi. Cara kerjanya Anda bisa menanyakan pertanyaan terkait masalah pelajaran yang belum Anda pahami. Nantinya para pengguna Brainly akan menjawab pertanyaan tersebut dengan penjelasan yang mudah dipahami.

Lalu bagaimana kalau ada pertanyaan dan jawaban yang tidak sesuai? Tenang saja, karena Brainly juga menyediakan fitur verifikasi yang dilakukan oleh para ahli.

Ditulis oleh Rita Indah Purweny,S.Pd, Guru SMPN 18 SEMARANG.

Berita Terkait

Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi di Berbagai Daerah
Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024
Selamat Guru Akan Terima Penghasilan Hingga 3 Pos Sumber Pasca Lebaran, Mulai Cair Bulan April!
Telah Terbit Permendikbud Terbaru Nomor 12 Tahun 2024, Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Harus Bersiap!
Hore! Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Pastikan Dapat Tambahan Tunjangan pada Juni 2024
Progres Nasib Pencairan Tambahan 100% 1 Bulan Tunjangan Sertifikasi Guru dalam THR, Update Per 15 April
Berikut Formasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024 untuk Daerah Maupun Pusat
Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 17 April 2024 - 11:15 WIB

Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi di Berbagai Daerah

Rabu, 17 April 2024 - 10:33 WIB

Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024

Selasa, 16 April 2024 - 11:22 WIB

Selamat Guru Akan Terima Penghasilan Hingga 3 Pos Sumber Pasca Lebaran, Mulai Cair Bulan April!

Selasa, 16 April 2024 - 10:49 WIB

Telah Terbit Permendikbud Terbaru Nomor 12 Tahun 2024, Guru dan Kepala Sekolah Semua Jenjang Harus Bersiap!

Senin, 15 April 2024 - 10:31 WIB

Hore! Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Pastikan Dapat Tambahan Tunjangan pada Juni 2024

Minggu, 14 April 2024 - 22:55 WIB

Berikut Formasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024 untuk Daerah Maupun Pusat

Sabtu, 13 April 2024 - 17:50 WIB

Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April

Sabtu, 13 April 2024 - 17:33 WIB

Guru Sertifikasi Kemendikbud dan Kemenag Perlu Tahu Terkait Adanya Keharusan Mengembalikan TPG 2024 untuk Guru – Guru Ini!

Berita Terbaru