Cek Disini Gratis! Bentuk Soal Asesmen Nasional Tingkat Satuan Pendidikan

- Editor

Selasa, 8 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bentuk Soal Asesmen NasionalAsesmen Nasional merupakan salah satu proses penting pada pelaksanaan pendidikan yang berguna untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum. Proses asesmen penting dilakukan untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki proses pembelajaran.

Kebijakan Asesmen Nasional tersebut di gunakan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Tujuan dari Asesmen Nasional yakni untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil melalui serangkaian tahapan.

Hasil dari Asesmen Nasional tidak digunakan untuk pemeringkatan sekolah akan tetapi digunakan untuk perbaikan kualitas belajar di berbagai sekolah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Asesmen Nasional akan diselenggarakan di seluruh sekolah, madrasah, dan program pendidikan kesetaraan. Sampel peserta didik yang akan mengikuti Asesmen Nasional dipilih secara acak sedangkan untuk kepala sekolah dan guru akan dipilih secara keseluruhan.

Peserta didik yang akan mengikuti asesmen untuk jenjang pendidikan menengah akan dipilih oleh Kemdikbudristek dengan jumlah maksimal 45 orang dan 5 orang peserta cadangan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan berbasis komputer supaya distribusi instrumen, pengelolaan data, dan pengolahan hasil dengan efektif dan efisien.

Satuan pendidikan yang melaksanakan Asesmen Nasional wajib untuk menjalankan protokol kesehatan baik sebelum pelaksanaan maupun saat pelaksanaan. Asesmen Nasional yang akan di terapkan terbagi menjadi 3 (tiga) instrumen, yaitu:

Pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang merupakan penilaian kompetensi mendasar terkait kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari serta keterampilan memilah dan mengolah informasi.

Terdapat 2 (dua) kompetensi yang diukur dalam AKM yaitu kompetensi literasi dan kompetensi numerasi. kompetensi terkait literasi dan numerasi akan dapat ditinjau dari 3 (tiga) aspek, yaitu konten, proses kognitif, dan konteks. Bentuk soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

Kedua Survei Karakter yang mana survei ini dikerjakan oleh siswa untuk mendapatkan informasi hasil belajar sosial-emosional dengan mengukur 6 (enam) aspek pelajar Pancasila yaitu berakhlak mulia dengan beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Ketiga Survei Lingkungan Belajar merupakan surve yang diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan guru secara mandiri tanpa pengawasan dalam waktu 4 hari. Bagi guru dan kepala sekolah yang mengajar dan memimpin pada lebih dari satu sekolah maka wajib mengikuti survei di setiap sekolah.

Berikut merupakan bentuk soal Asesmen Nasional

Secara umum bentuk dari soal asesmen nasional terdiri dari pertama Soal Objektif seperti Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, dan Isian Singkat dan Soal Non Objektif seperti Uraian.

Bentuk dari Instrumen Asesmen Komptensi Minimum (AKM) terdiri dari pertama Aspek Konten yaitu Literasi membaca terdiri dari Teks Sastra/Fiksi dan Teks Informasi, Numerasi terdiri dari Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran, Data, serta Ketidak Pastian.

Kedua Aspek Level Kognitif yang terdiri dari Literasi membaca terdiri dari Menemukan informasi, Menginterpretasi dan Mengintegrasi, serta Mengevaluasi dan Merefleksi, Numerasi terdiri dari Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran.

Ketiga Aspek Konteks yang terdiri dari Literasi membaca terdiri dari Personal, Sosial Budaya, serta Saintifik dan Numerasi membaca Personal, Sosial Budaya, serta Saintifik.

Bentuk dari intrumen survei karakter terdiri dari hasil belajar non-kognitif peserta didik yang diukur dalam survey karakter terdiri dari Sikap, Kebiasaan, Nilai-nilai (values) pada enam aspek Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berpikir Kritis, Mandiri, Kreatif, Bergotong royong serta Berkebinekaan Global.

Bentuk dari penilaian asesmen dalam instrumen survey lingkungan belajar terdiri dari Iklim keamanan, Iklim inklusivitas dan kebinekaan dan Kualitas pembelajaran pada satuan pendidikan.

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com,

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat surat keterangan terbit
  2. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  3. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  4. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer
  5. Berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Kirim artikel dengan minimal 400 kata atau maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel ke no rekening BCA. No Rekening 816-106-4548
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat mengunjungi facebook: naikpangkatcom, Telegram: naikpangkatcom atau anda dapat mengunjungi website naikpangkat di naikpangkatcom. Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telepon 0813-3404-0185 ( Moh Haris S)

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana3110

Berita Terkait

Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!
Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Berita ini 9 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:55 WIB

Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:23 WIB

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Berita Terbaru