Home / News

Rabu, 8 Desember 2021 - 23:24 WIB

Catatan yang Wajib Dimiliki oleh Wali Kelas

Bagi seorang wali kelas sudah wajib memiliki sebuah catatan. Nantinya, catatan tersebut akan sangat bermanfaat dalam banyak hal, di antaranya saat memberikan penilaian pada siswa dan lain sebagainya. 

Dalam dunia pendidikan, setiap guru mempunyai peranannya masing-masing. Dan jika kita perhatikan, menjadi wali kelas bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika sudah menjelang ujian dan penerimaan rapor. 

Bahkan untuk saat ini, rapor bukan lagi sekedar angka. Melainkan banyak indikator lain yang menjadi acuan. 

Nah, untuk mempermudah wali kelas dalam mengontrol para peserta didik, maka wali kelas meski memiliki catatan khusus untuk wali kelas. Catatan wali kelas tersebut merupakan pernyataan yang nantinya akan diberikan kepada para peserta didik untuk memotivasi mereka supaya lebih semangat dalam menuntut ilmu.

Biasanya, catatan ini akan disertakan ketika pembagian rapor. Dalam artian, sudah menjadi bagian dari rapor itu sendiri. 

Ada banyak sekali fungsi dari catatan ini. Misal, untuk menyemangati siswa agar bisa berprestasi lebih baik, agar belajar lebih giat, atau yang lainnya. Selain itu, catatan ini juga akan memudahkan orang tua dalam melihat prestasi anaknya dari kelas-kelas sebelumnya.

Adapun tips yang perlu wali kelas pahami dalam menuliskan catatan pada rapor ialah,  memahami kekurangan dan juga kelebihan tiap siswa. Hal tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai objek ketika akan memberikan mereka motivasi agar lebih baik. Dengan catatan, harus dengan menggunakan bahasa yang santun dan tidak menyinggung. 

Baca Juga:  Pembuatan Website Pembelajaran dengan Google Sites

Tipsnya, Anda bisa menyampaikan sisi kelebihan anak tersebut dahulu. Baru kemudian menyampaikan kekurangannya dengan baik.

Kemudian, berikan juga nasihat yang baik, berikan pujian kepada mereka, dan terakhir berikan catatan yang sifatnya bisa membangun anak tersebut. 

Untuk mempermudah Anda, berikut adalah beberapa catatan yang harus dimiliki oleh wali kelas.

Catatan Siswa yang Berprestasi

Di setiap kelas pasti ada anak-anak yang berprestasi, baik di bidang akademik atau non akademik. Untuk itu, Anda bisa mencatat prestasi tersebut di rapornya. Misal dengan menggunakan redaksi seperti berikut: 

“Mukhlis, selamat ya atas prestasinya. Kegigihan dan semangat Ananda dalam belajar memang sangat luar biasa dan bisa memberikan pengaruh yang positif untuk orang di sekitar. Tetap pertahankan dan semoga besok bisa menjadi lebih baik.”

Catatan untuk Anak yang Kelakuannya Baik 

Sebagaimana keberadaan siswa berprestasi di kelas,  di antara mereka sudah hampir pasti ada anak yang memiliki akhlak baik. Dan Anda bisa memberikan apresiasi juga kepadanya: 

Baca Juga:  Guru Wajib Tahu, Pendekatan Tematik Tetap Digunakan di Kurikulum 2022!

Misalnya: ” Haik Zaid, Selamat ya. Karena Kamu sudah mewujudkan harapan Ibu menjadi siswa yang taat, rajin, baik, dan disiplin. Selama dua semester ini, kamu pasti telah berusaha keras. Semoga bisa dipertahankan pada kelas berikutnya.”

Catatan untuk Anak yang Membutuhkan Dukungan dan Motivasi

Kadang kala, jumlah anak yang membutuhkan dukungan dan motivasi memang tidak begitu banyak. Meskipun demikian, kita juga harus memberikan mereka motivasi yang lebih. Hal ini agar kepercayaan dirinya meningkat.

“Hai Putri. Prestasi yang telah kamu torehkan pada semester ini memang belum begitu maksimal. Meskipun demikian, kamu pasti sudah berusaha keras, kan? Jadi, tetap berusaha ya. Tetap semangat dalam belajar. Jadikan pengalaman ini sebagai guru untuk menjadi lebih baik.

Nah, itulah di antara catatan wali kelas yang harus dimiliki.  

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Tren Pendidikan Yang Banyak Diminati Pada Tahun 2022
https://bit.ly/Daftar_Diklat64JPGuruInovatif

News

Kurikulum 2022, Guru Sertifikasi Tidak Wajib Lagi Mengajar 24 Jam

News

Pentingnya Menguasai Keterampilan Bahasa Inggris Bagi Guru Bahasa Inggris

News

Prosedur Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Solving
https://naikpangkat.com/terbatas-diklat-bersertifikat-64jp-guru-inovatif-dengan-doorprize-menarik/

News

Pembelajaran Seru dengan Hybrid Learning dan Blanded Learning

News

Persiapkan Diri, Begini Rancangan Tahapan PPG Prajabatan Model Baru 2022

News

Penyusunan DUPAK 2022, Guru PNS Wajib Tahu

News

Besaran Gaji Guru PPPK dan Tunjangannya