Cara Praktis Belajar Myob Accounting secara Otodidak

- Editor

Jumat, 15 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh Zaenal Abidin, S.Pd.

Guru di SMKN 1 Petarukan

Kebanyakan guru enggan mengajar mata pelajaran Myob Accounting. Mata pelajaran tersebut dianggap sulit sehingga banyak guru yang memilih mata pelajaran lain yang biasa mereka ampu. 

Mengampu mata pelajaran yang belum dikuasai biasanya akan menambah beban guru. Sebab, kebanyakan guru ingin mengajar dengan nyaman dan tanpa beban yaitu mata pelajaran pokok yang setiap hari mereka ajarkan. Pada sebenarnya Myob Accounting ini bisa dipelajari secara otodidak oleh guru yang ingin menguasi materi tersebut. 

Myob (Mine Your Own Bussines) adalah salah satu software komputer akuntansi yang dapat mengolah data keuangan dengan cepat dan menghasilakn informasi keuangan yang akurat.  Software tersebut telah memenuhi standar akuntansi yang disesuaikan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan peraturan pajak yang berlaku.

Software ini merupakan buatan Australia dan sering digunakan di dunia pendidikan dan dunia usaha karena memiliki beberapa keunggulan, di antaranya yaitu tampilan menu yang sederhana dan menarik, mudah dipahami karena disetai gambar dan ikon yang menunjukkan siklus akuntansi, fitur dan fungsi yang lengkap, mudah dalam perawatan database dan backup data, serta cocok untuk segala jenis usaha.

Pada intinya, software ini sangat bermanfaat karena dapat membantu para tenaga accounting untuk menghasilkan informasi dan laporan keuangan dengan cepat dan akurat. Karena software ini akan memproses secara otomatis dari data bukti-bukti transaksi yang dientri tanpa melalui siklus akuntansi yang panjang.

Dunia pendidikan khususnya SMK Program Keahlian Akuntansi, LPK Akuntansi dan dunia usaha banyak memakai program ini karena mudah dioperasikan, perawatannya yang ringan, harga terjangkau dengan hasil yang memuaskan. Dan sebenarnya, siapapun bisa mengoperasikan software tersebut meski tidak mempunyai latar belakang ilmu akuntansi.

Dari pengalaman pribadi, saat diberi tanggung jawab mengajar mata pelajaran Komputer Akuntansi (Myob), pada awalnya ingin menolak karena belum siap dan belum menguasai materi tersebut. Sementara itu hanya terdapat sedikit pengajar di sekolah yang mampumenguasai mata pelajaran tersebut. Padahal jumlah jam paralelnya lebih dari 50 jam. 

Nah, agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik, maka saya belajar secara otodidak dengan cara membaca buku modul Myob Accounting. Materi inti yang harus dikuasai di dalam buku tersebut ialah, cara mengatur data awal perusahaan, membuat daftar akun dan mengentri saldo, membuat kartu utang dan piutang dan mengentri saldonya, membuat kartu inventory dan mengentri saldonya, mengentri data bukti-bukti transaksi, dan cara menyajikan laporan keuangan.

Kemudian langkah yang kedua adalah mempraktikkan dari pembahasan kasusperusahaan tertentu. Dari materi inti yang telah dipelajari, kita bisa praktik langsungdengan mengacu pada pembahasan kasus perusahaan tertentu dari mengatur data awal perusahaan, membuat daftar akun dan mengentri saldonya, membuat kartu utang dan piutang dan mengentri saldonya, membuat kartu inventory dan mengentri saldonya serta mengentri bukti-bukti transaksi tahap demi. Semua harus dilakukan sampai selesai. 

Ketika melakukan praktik bisa menggunakan satu kasus dan kasus yang lainnya. Dengan kemauan keras dan terus berlatih pasti bisa memahaminya. 

Langkah ketiga yaitu mencari tutorial pembelajaran cara mengoperasikan Myob Accounting.  Jika kita mengalami kebuntuan dalam menyelesaikan kasus soal tersebut,bisa mencari tutorial cara mengoperasikan program Myob Accounting pada poin tertentu yang dibutuhkan.

Saat saya belajar dengan otodidak memang mengalami sejumlah kesulitan dan harusberulang kali membaca modul. Kemudian mempraktikkan sampai tiga kasus soal untuk memperoleh pemahaman. 

Dengan mempelajari program Myob Accounting secara maksimal, terdapat beberapa keuntungan di antaranya adalah materi tersebut menjadi mata pelajaran tetap tiap tahun, dapat mengajar dengan nyaman, bisa mengikuti uji kompetensi sebagai syarat menjadi asesor, dapat membantu teman-teman pelaku bisnis yang belum menerapkan pembukuandengan benar. 

Demikian adalah pengalaman pribadi saya selama menjadi guru yang harus mengajar Myob Accounting dari awalnya yang tidak memiliki pengalaman mengajar pelajaran tersebut. Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi semua guru bahwa dengan belajar akan menyelesaikan masalah.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Editor: Moh. Haris Suhud, S.S.

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 479 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru