Home / News

Kamis, 10 Maret 2022 - 13:38 WIB

Cara Mudah Menyusun Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan

Kurikulum Operasional di satuan pendidikan berisi tentang seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, dan digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pembelajaran.

Komponen dalam kurikulum operasional disusun untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, dokumen dari kurikulum ini merupakan hasil refleksi dari semua unsur pendidik di satuan pendidikan yang kemudian ditinjau secara berkala agar dapat disesuaikan dengan dinamika perubahan dan kebutuhan peserta didik.

Dalam menyusun Kurikulum Operasional harus memperhatikan komponen – komponennya yaitu sebagai berikut :

  1. Karakteristik Satuan Pendidikan

Karakteristik yang ada dalam satuan pendidikan menggambarkan keunikan sekolah dalam hal peserta didik, sosial, budaya, guru, dan tenaga kependidikan.

2. Visi, Misi, dan Tujuan

  • Visi, peserta didik menjadi subjek dalam tujuan jangka panjang sekolah dan nilai-nilai yang dituju, nilai-nilai yang mendasari penyelenggaraan pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai Profil Pelajar Pancasila.
  • Misi, menjelaskan bagaimana sekolah dapat mencapai visi dan nilai-nilai penting untuk dipegang selama menjalankan misi.
  • Tujuan, tujuan akhir dari kurikulum sekolah yang berdampak kepada peserta didik, tujuan menjelasakan poin penting dan selaras dengan misi, strategi sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan kompetensi atau karakteristik yang menjadi kekhasan lulusan sekolah tersebut dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.

3. Pengorganisasian Pembelajaran

Dalam hal ini melihat bagaimana cara sekolah mengatur muatan kurikulum dalam satu rentang waktu dan beban belajar, cara sekolah mengelola pembelajaran untuk mendukung pencapaian Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila.

4. Rencana Pembelajaran

Rencana pembelajaran yang dilakukan untuk ruang lingkup sekolah dimana menjelaskan rencana pembelajaran selama satu tahun ajaran. Hal tersebut berisi dengan alur pembelajaran atau unit mapping (bagi sekolah yang sudah menjalankan pembelajaran secara integrase), program prioritas satuan pendidikan.

5. Pendampingan, Evaluasi, dan Pengembangan Profesional

Kerangka bentuk pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesionalyang dilakukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan di satuan pendidikan. Pelaksanaan ini dilakukan oleh para pemimpin satuan pendidikan secara internal dan bertahap sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan.

6. Lampiran

  • Contoh-contoh rencana pembelajaran ruang lingkup kelas: menggambarkan rencana pembelajaran per tujuan pembelajaran dan/atau per tema (untuk sekolah-sekolah yang sudah menjalankan pembelajaran secara integrasi).
  • Contoh penguatan Profil Pelajar Pancasila penjabaran pilihan tema dan isu spesifik yang menjadi projek pada tahun ajaran tersebut (deskripsi singkat tentang projek yang sudah dikontekstualisasikan dengan kondisi lingkungan sekolah dan kebutuhan peserta didik, tidak perlu sampai rincian pembelajarannya).
  • Referensi landasan hukum atau landasan lain yang kontekstual dengan karakteristik sekolah.
Baca Juga:  Kurikulum Operasional Di Satuan Pendidikan (KOSP) Pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Anda dapat dengan mudah menyusun Kurikulum Operasional di satuan pendidikan dengan mengikuti pelatihan berikut ini.

Anda dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id pada 15 – 20 Maret 2022 secara online.

Pelatihan tersebut berjudul “Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Project” dengan menghadirkan narasumber yang sangat luar biasa hebat yaitu :

  1. Dr Luluk Elyana, S.Pd.I, M.Si. sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Ivet dan juga sebagai Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.
  2. Fitria Martanti, M.Pd. sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sertifikasi Universitas Wahid Hasyim Semarang dan juga sebagai Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.

Dengan mengikuti pelatihan atau diklat ini maka peserta akan mendapatkan berbagai macam fasilitas diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sertifikat 64JP Bernama
  2. Materi Diklat
  3. Rekaman Zoom Meeting
  4. Workshop Kit berupa Undangan dan Rekap Daftar Hadir
  5. Contoh Laporan Pengembangan Diri
  6. Contoh Laporan Kegiatan

Sesuai dengan fasilitas yang akan diberikan kepada peserta diklat, berikut beberapa materi yang akan disampaikan secara langsung oleh narasumber yaitu sebagai berikut :

  1. Memahami Profil Pelajar Pancasila
  2. Memahami Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Operasional
  3. Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP)
  4. Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka
  5. Penyusunan Modul Project Kurikulum Merdeka
  6. Review dan Evaluasi

Untuk dapat mengikuti pelatihan atau diklat dan mendapatkan fasilitas di atas, maka Anda harus mendaftarkan diri sebagai peserta diklat dengan cara melakukan pembayaran.

Anda dapat melakukan pembayaran sebesar Rp 129.000 bagi peserta umum atau non member e-Guru.id.

Sedangkan bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai anggota atau member e-Guru.id, maka Anda hanya perlu melakukan pembayaran sebesar Rp 99.000 saja.

Pembayaran dapat Anda lakukan dengan cara transfer ke nomor rekening yang sudah tertera di flayer.

Setelah selesai melakukan pembayaran, maka Anda dapat mengisi link atau formulir pendaftaran dengan cara KLIK DISINI.

Dalam mengisi data di formulir pendaftaran, diharapkan dapat dilakukan dengan teliti karena data akan digunakan untuk kepentingan pembuatan sertifikat peserta.

Apabila Anda memiliki kendala atau membutuhkan informasi lebih terkait dengan pendaftaran diklat ini, maka Anda dapat menghubungi kontak di bawah ini :

088225471197 (Eka)

Penulis : Eka Susiyanti

Share :

Baca Juga

pendataan honorer

News

Intip Kuota PPPK ASN 2022
guru

News

Permasalahan Yang Sering Dialami Guru Dalam Menyusun RPP

News

Sertifikat Diklat Gerakan Sekolah Menyenangkan Sebagai Upaya Penyelarasan Kurikulum Merdeka, Download Disini!

News

Langkah Pembelajaran Project Based Learning di Kurikulum Merdeka!

News

Faktor dalam Penentuan Penilaian Kinerja Guru

News

Kurikulum Merdeka Tidak Jadi Diterapkan? Begini Siaran Persnya

News

Memahami Fungsi dan Jenis Model Pembelajaran yang Wajib Dipahami Guru

News

Langkah dan Cara Mewujudkan Sekolah Adiwiyata