Home / News

Kamis, 1 Juli 2021 - 01:17 WIB

Cara Mudah Membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara Online

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai penunjang belajar siswa dapat dibuat secara online. Caranya yaitu menggunakan aplikasi Liveworksheets. Melalui aplikasi tersebut, guru bisa membuat LKPD sendiri yang menarik serta mudah diakses oleh siswa.

Seperti yang telah diketahui bahwa kehadiran LKPD ini sangat penting dalam proses pembelajaran. Instrumen tersebut dapat menunjang sebuah pembelajaran dan untuk mengukur capaian kompetensi siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.

Dalam sebuah LKPD biasanya berisi soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa. Dalam LKPD tersebut biasanya juga menyertakan materi pembahasan singkat yang dipaparkan sebelum pengisian sebuah soal, beserta petunjuknya dalam pengerjaannya.

Terkadang sekolah  dan siswa perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan buku LKPD. Cara tersebut sebenarnya kurang efektif karena dapat membebani siswa, apalagi bagi siswa dari kalangan keluarga yang kurang mampu. Sebagai jalan keluarnya, maka guru yang mengampu mata pelajaran tertentu bisa membuat LKPD sendiri secara online.

Lembar Kerja Peserta Didik online tidak perlu dicetak dan dapat digunakan secara gratis. Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa pembuatan LKPD seperti itu bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi bernama Liveworksheets.

Baca Juga:  3 Cara Penerapan Pembelajaran HOTS

LKPD yang dibuat melalui aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama dengan buku LKPD dalam bentuk cetak. Justru LKPD online bisa dibuat lebih menarik karena kaya media, seperti memasukkan gambar, video, tulisan, dan lain sebagainya. Sehingga dalam pemaparan materi tertentu dapat dilakukan lebih mudah dan menyenangkan.

Tipe pertanyaan LKPD yang dibuat melalui Liveworksheets juga sangat variatif. Guru bisa membuat pernyataan pilihan ganda, esai, mencocokkan gambar, dan lain sebagainya. Sehingga untuk guru TK, misalnya, bisa membuat LKPD dengan soal-soal mencocokkan gambar yang sesuai dengan kemampuan peserta didik.

LKPD yang dibuat secara online ini nantinya bisa dibuat layaknya seperti buku. Hanya saja tidak dalam bentuk fisik. Artinya, LKPD tersebut memiliki lembaran-lembaran yang dapat diakses secara virtual.

Baca Juga:  Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar, Apakah Efektif?

Membuat LKPD di Liveworksheets terbilang sangat mudah. Jika guru tidak ingin membuat materi dari awal, sudah terdapat sejumlah template yang bisa digunakan; hanya perlu melakukan sedikit modifikasi agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 

Pembuatan media pembelajaran seperti ini adalah inovasi yang dapat dilakukan oleh seorang guru di dalam pembelajaran jarak jauh. Pasalnya, Lembar Kerja Peserta Didik ini nantinya bisa diakses secara online. Jadi dalam melakukan pendistribusian materinya bisa melalui sebuah link atau tautan

Cara pembuatan LKPD via Liveworksheets ini sangat penting diketahui oleh guru. Sebab, media ini akan menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam pembelajaran online.

Ikuti pelatihan cara pembuatan LKPD menggunakan Liveworksheets di atas dengan cara mendaftartar pada kontak berikut ini.

WhatsApp
Telegram

Pelatihan di atas GRATIS untuk member e-Guru.id. Jika Anda belum terdaftar sebagai member dapat melakukannya melalui tautan berikut ini:

Daftar Member

Share :

Baca Juga

News

Pentingnya Mengenalkan Pendidikan Multikultural

News

Download Materi Hari Ke-2 Diklat 40JP Kurikulum Paradigma Baru : Meningkatkan Kompetensi Guru

News

Perbedaan Artikel dan Esai yang Penting untuk Diketahui

News

Filosofi Kurikulum Paradigma Baru Pada Semua Jenjang Pendidikan
https://naikpangkat.com/begini-teknik-mudah-mengembangkan-potensi-diri/

News

2 Jenis Pendidikan Profesi Guru dan Skema Pembiayaan yang Harus Dipahami
website guru

News

Cara Paling Mudah Buat Presensi Siswa secara Online

News

Kumpulan Soal PAS Kelas 10 IPA dan IPS Semester 1 2021/2022, Lengkap dengan Kunci Jawaban

News

Download Materi Hari Pertama Diklat Gratis Menyusun Karya Tulis Inovasi Pembelajaran