Home / News

Minggu, 9 Januari 2022 - 10:42 WIB

Cara Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Cheerful man holding a credit card and using a laptop computer for online shopping

Cheerful man holding a credit card and using a laptop computer for online shopping

Laporan penelitian tindakan kelas atau disebut juga PTK adalah sebuah laporan tindakan praktis dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

Laporan penelitian tindakan kelas wajib dilaksanakan oleh para pengajar seperti guru, baik guru SD, SMP, atau SMA. Bagi sebagian guru, pembuatan PTK sangat sulit dan rumit.

Pembuatan PTK dapat dijadikan sebagai salah satu syarat untuk kenaikan pangkat hal ini berlaku untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Adapun format PTK yang benar berdasarkan pedoman penelitian tindakan kelas yang dikeluarkan oleh Kemdikbud pada tahun 2015 adalah sebagai berikut:

1. Bagian Awal

Bagian awal dari format PTK sebagai pedoman Kemdikbud terdiri atas halaman judul, pengesahan, kata pengantar dan daftar isi.

Judul

Judul PTK haruslah singkat, padat dan jelas. Judul harus benar-benar menggambarkan masalah yang diteliti, jenis tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah, dan menggambarkan hasil yang ingin dicapai dalam penelitian.

Lembar Pengesahan

Suatu form yang berisi tandatangan  kepala sekolah tempat guru mengajar.

Baca Juga:  Telah Dibuka! Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Semua Guru Bisa Mendaftar

Kata Pengantar

Kata pengantar PTK menjelaskan alasan penelitian dilakukan serta kondisi lingkungan dan urgensi dilakukannya PTK di lokasi/sekolah bersangkutan.

Daftar Isi

Daftar isi berupa sebuah daftar dari isi laporan PTK

2. Bagian Isi

Pada bagian ini berisi tiga pokok pembahasan yakni bagian pendahuluan, bagian kajian teori atau pustaka, dan bagian metode penelitian.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ini memuat latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. Bagian latar belakang minimal 15% dari keseluruhan isi bagian pendahuluan.

Kajian Terdahulu atau Pustaka

Bagian ini berisikan hasil penelusuran peneliti mengenai beberapa penelitian yang selaras dengan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh orang lain.

Metode Penelitian

Pada bagian ini anda harus menguraikan secara detail dan praktis langkah-langkah apa saja yang akan ditempuh baik dari jenis penelitian, pengumpulan data hingga teknik analisis data.

3. Bagian Pembahasan

Bagian ini berisikan pembahasan untuk menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan pada bagian pendahuluan. Judul sub bab juga harus sesuai dengan konten rumusan masalah di latar belakang.

Baca Juga:  Yuk, Intip 5 Jenis Tunjangan Profesi Guru Tahun 2022! 

4. Bagian Penutup

Bagian ini berisi Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan tidak boleh mengulang isi pembahasan namun rangkuman dari pembahasan yang menjawab masalah yang ada rumuskan pada bagian pendahuluan. Sedangkan saran harus selaras dengan manfaat yang anda tuliskan pada bagian pendahuluan.

5. Daftar Pustaka

Daftar pustaka disusun dengan menggunakan style APA atau dengan menggunakan Harvard Style.

6. Lampiran

Lampiran merupakan bagian terpenting dari PTK guru ASN yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, daftar hadir peserta didik, instrumen observasi pembelajaran selama PTK, lembar observasi pembelajaran selama PTK, instrumen soal, rekap nilai, hasil pekerjaan peserta didik, surat izin penelitian, surat keterangan melaksanakan PTK, surat pernyataan keaslian, surat undangan dan daftar hadir seminar PTK, notulensi seminar PTK, berita acara seminar PTK, bahan seminar PTK.

Mari bergabung di Pelatihan Khusus 10 Hari Menulis Buku “Cara Mudah Menulis Buku Ber-ISBN” yang diadakan oleh e-guru.id

DAFTAR SEKARANG

Penulis : Erlin Yuliana

Share :

Baca Juga

News

Tingkatkan Semangat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Online

News

Memahami Jenis-Jenis Model Pembelajaran Kooperatif

News

PROMO TERBATAS !! SEGERA DIBUKA !! PELATIHAN BERSERTIFIKAT 32 JP : MATEMATIKA MANIPULATIF DENGAN EQUATIO DI BELAJAR.ID

News

Resmi! Pencairan Tunjangan Insentif Guru Non ASN dan Non Sertifikasi Dirapel Setahun
https://naikpangkat.com/download-materi-hari-ke-1-diklat-32-jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interakttif--pengenalan-proprofs/

News

Seperti Apakah Pembelajaran Inovatif yang Sebenarnya?

News

Cara Menggunakan Youtube sebagai Media Pembelajaran Online
kenali e-learning

News

Memahami Filosofi Kurikulum Baru untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

News

Trik Membuka Pelajaran agar Siswa Semangat Belajar