Home / News

Senin, 11 Oktober 2021 - 12:08 WIB

Cara Meningkatkan Kualitas Guru di Era Digital

Guru dalam proses belajar-mengajar tentu memiliki peranan yang sangat penting bagi peserta didik. Guru yang handal tentu akan mampu membawa anak didik yang awalnya kurang terdidik bisa menjadi lebih baik dan mampu menerima pelajaran dengan baik.

Dengan demikian salah satu cara meningkat mutu dan kualitas dalam belajar tentu perlunya cara meningkatkan kualitas guru. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dan tentu cara tersebut harus benar-benar mampu membawanya ke hal yang positif bagi anak.

Kualitas ini menjadi penting daripada menjadi guru yang hanya mementingkan gaji daripada memperbaiki kepribadian siswa. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru. 

Perbanyak Membaca

Membaca akan membuka jendela dunia dan juga mampu menambah wawasan bagi para pembacanya. Seharusnya, proses pembaca ini yang harus terus dilakukan oleh guru dalam mencerdaskan anak didiknya.

Membaca buku ini tentu bukan sekedar membaca melainkan nilai yang ada pada buku ada hubungannya dengan peningkatan kualitas. Jadi, seorang guru harus membaca banyak buku untuk mengetahui dan memahami apa yang harus dilakukan oleh seorang guru.

Baca Juga:  FSGI Mendesak Agar Skema Tunjangan Guru Diperjelas

Untuk mendapatkan buku-buku yang seperti di atas tentunya tidaklah sulit di masa sekarang ini. Mereka bisa mencari buku-buku tersebut melalui internet baik dalam bentuk PDF atau membeli buku secara fisik di toko online.

Kursus Pendidikan

Untuk mengembangkan mutu pendidikan, seorang pendidik tentunya bisa mengikuti beberapa kursus yang ada hubunganya dengan proses belajar-mengajar. Proses ini bisa dilakukan dengan mengikuti cara membuat presentasi yang bagus, kursus mengetik cepat dan beberapa kursus lainnya.

Mengikuti Pelatihan

Pelatihan bagi seorang guru tentu sangatlah penting untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan kekurangan saat mengajar. Dari pelatihan tersebut tentu akan banyak sekali pengalaman yang dituangkan pemateri kepada peserta pelatihan.

Untuk pelatihan ini tentu tidak harus yang sifatnya offline tetapi Anda bisa mengikuti pelatihan yang sifatnya online. Pelatihan semacam ini tentu akan lebih menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu keluar rumah dan hanya bermodalkan laptop dan internet.

Baca Juga:  Guru Wajib Tahu, 5 Keuntungan Menerbitkan Karya Tulis di NaikPangkat.com

Ada banyak sekali pelatihan yang tersedia di internet dan perlu Anda ikuti untuk mengembangkan mutu guru. Misalnya, Anda bisa mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh e-Guru.id

Dalam waktu dekat ini, e-Guru.id akan melaksanakan pelatihan khusus yakni Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) dengan sertifikat senilai 102 JP. Tentunya ini sangat bermanfaat buat Anda para guru. Program pelatihan ini patut diikuti karena pelaksanaanya dilakukan secara virtual atau online dan pada malam hari sehingga tidak akan mengganggu kegiatan Anda sebagai pendidik. 

Untuk biaya pendaftarannya pun juga sangat terjangkau yaitu 149 ribu untuk umum dan 129 ribu untuk member e-Guru.id.  Durasi pelatihan akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober selama 10 hari hingga akhir bulan. 

Untuk proses melakukan pendaftaran pelatihan di atas, Anda dapat masuk ke situs resmi e-Guru.id atau klik pada link berikut: www.khusus.e-guru.id.  Jika Anda mengalami kendala, Anda bisa melakukan proses pendaftaran dengan menghubungi nomor telepon berikut ini: 088239943006

Share :

Baca Juga

menjadi pribadi menyenangkan di tempat kerja

News

Cara Daftar Program Guru Pembelajar, Apa Saja Keuntungannya?

News

Masalah Anggaran Gaji PPPK dan Guru Honorer yang Kehilangan Jam Mengajar Menemukan Titik Terang

News

Cara Melakukan Kontribusi Dalam Menyusun Perangkat Ajar Di Platform Merdeka Mengajar
mudah membuat soal dengan aplikasi

News

Cara Mudah Membuat Soal Ujian yang Menarik

News

Wajib Tahu, Tujuh Tantangan Global Pendidikan Abad 21

Advertorial

Dapatkan Pelatihan Gratis Bersertifikat 32JP Melalui Beasiswa e-Guru Foundation Bacth 11

News

Calon Penerima NUPTK, Simak Kriteria dan Persyaratannya

News

Inilah Syarat Pendaftaran CPNS dan PPPK Guru 2022