Home / News

Selasa, 22 Maret 2022 - 05:45 WIB

Cara Mengubah PTK Menjadi Buku Ber-ISBN

Mengubah PTK Menjadi Buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran baik di kelas. Laporan dari penelitian tersebut, kemudian bisa diubah menjadi buku yang memiliki ISBN yang nantinya bisa digunakan untuk kenaikan pangkat guru dan lain sebagainya.

PTK juga menjadi refleksi terhadap apa yang dilakukan oleh guru untuk melakukan perbaikan sekaligus peningkatan mutu pembelajaran di kelas. Selain itu, PTK juga menjadi salah satu syarat guru untuk bisa mengajukan kenaikan pangkat.

Selain dapat diubah berbentuk jurnal, penelitian tindakan kelas juga dapat diubah menjadi buku populer atau buku umum yang bisa bermanfaat sebagai bahan literasi bagi guru maupun masyarakat secara luas.

Namun, untuk mengubah PTK menjadi buku memiliki sistematika yang berbeda dengan jurnal. Karena bahasa, kalimat serta struktur yang ada di PTK harus diubah agar mudah dipahami serta layak untuk dibaca oleh masyarakat.

Selain itu, PTK yang diolah menjadi buku umum juga harus mampu menarik dan enak dibaca sehingga pesan yang disampaikan pada PTK yang diubah menjadi buku bisa tersampaikan dengan baik.

Cara Mengubah Sistematika PTK Menjadi Buku

Untuk mengubah hasil penelitian tindakan kelas menjadi buku, langkah yang harus dilakukan adalah seperti berikut ini:

Baca Juga:  Anda Punya Masalah Presentasi untuk Kenaikan Pangkat? Ini Solusinya

Mengubah Judul agar Menarik

Judul yang ada PTK umumnya masih bersifat ilmiah yang tentunya tak mudah dipahami oleh setiap orang sehingga harus diubah agar lebih menarik, provokatif, padat serta mampu menarik minat masyarakat untuk membacanya.

Judul PTK yang hendak diubah menjadi buku umum juga sebaiknya lebih singkat namun mampu mewakili isi dari masalah yang hendak dibahas sehingga lebih mudah dipahami dan diingat oleh masyarakat.

Mengubah Sistematika

Jika dalam pembahasan pada bab pada PTK lebih menitikberatkan pada latarbelakang masalah, rumusah serta tujuan penelitian, maka komposisi sistematikanya harus diubah dengan melihat kondisi yang lebih relevan serta ideal.

Mengubah Kajian Pustaka

Selanjutnya, pada kajian pustaka di PTK sebaiknya diubah menjadi materi yang perlu dikembangkan sesuai dengan variabel maupun tema yang sedang dibahas. Sehingga penelitian tindakan kelas yang diubah menjadi buku bisa dijadikan sebagai sumber referensi bagi guru lainnya.

Laporan Hasil Penelitian

Pada laporan hasil penelitian yang ada di PTK bisa diubah menjadi bentuk paparan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menguraikan pula sintaksis pembelajaran menjadi lebih rinci.

Penggunaan Bahasa yang Bersifat Umum

Bahasa maupun kalimat yang digunakan dalam PTK umumnya cenderung bersifat kaku dan terlalu formal. Oleh karena itu untuk mengubahnya menjadi buku maka gunakan kalimat yang mudah dipahami dan lebih luwes, agar pembaca juga lebih mudah memahami.

Baca Juga:  Ide Topik Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru SMP

Tidak Menyajikan Data Empirik

Jika pada PTK, data empirik bersifat mutlak termasuk mencantumkan data responden sebagai komponennya, maka hal itu tidak berlaku untuk buku. Karena pembaca buku berasal dari berbagai kalangan dan karakteristik yang berbeda.

Namun, data empirik juga bisa dijadikan sebagai pendukung akurasi data pada buku dengan mengolahnya menjadi tampilan seperti diagram, tabel maupun infografis agar pembaca buku tak terlalu terlihat monoton.

Jika semua syarat mengubah PTK menjadi buku sudah dipenuhi, maka bahan buku sudah bisa diajukan kepada penerbit untuk dinilai kelayakannya menjadi sebuah buku populer. Setelah itu penerbit akan mendaftarkan buku secara profesional melalui penomoran International Standard Book Number (ISBN).

JANGAN LEWATKAN “DIKLAT GRATIS: GURU BISA MENULIS, NAIK PANGKAT JADI MUDAH” 

Syarat pendaftaran:
1. Join Channel Telegram Belajar Era Digital: LINK
2. Join Channel Telegram Naikpangkat.com: LINK
3. Subscribe Channel Youtube Belajar Era Digital: LINK
4. Share ke 3 grup WA/Telegram
5. Mengisi link pendaftaran: LINK PENDAFTARAN
6. Gabung grup untuk informasi pelaksanaan diklat:LINK

Info lebih lanjut: 

085865988163 (Admin)

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Prinsip-Prinsip Desain Grafis

News

Manfaat Template PowerPoint dalam Desain Materi Pembelajarn
website guru

Karya Inovatif

Penggunaan Website Guru untuk Edukasi

News

Tips Menjadi Guru Youtuber Pemula Dan Cara Publikasinya

News

Panduan SiPendi & E-Raport Sebagai Media Penilaian Perkembangan Anak PAUD

News

Tips Membuat PPT Menarik dan Atraktif untuk Presentasi

News

Mengenal Google Site untuk Media Pembelajaran Online Berbasis Web

News

Download Full Fasilitas Diklat Nasional Gratis 40 JP: Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Karya Inovatif Guru

News

Breaking News! Telah Dibuka Pendaftaran Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 Cek Jadwalnya Disini