Home / News

Rabu, 21 April 2021 - 00:18 WIB

Cara Menggunakan Sway untuk Membuat Media Pembelajaran yang Interaktif

Sway adalah salah satu produk dari Microsoft Word yang dapat memberikan kepada Anda sebuah kemudahan untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Aplikasi ini gratis digunakan. 

Dalam membuat media pembelajaran untuk berbagai keperluan sebenarnya dapat dilakukan melalui berbagai media. Anda bisa menggunakan Microsoft PowerPoint atau menggunakan media yang lainnya di luar produk Microsoft Office. 

Namun jika Anda ingin mencari aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk membuat media pembelajaran atau bahan ajar yang interaktif, Sway bisa menjadi pilihan.

Sway ini bisa dikatakan sebagai produk terbaru dari Microsoft Office. Dengan Sway, Anda bisa membuat media pembelajaran yang menarik yang dapat diakses secara online. Selain membuat media pembelajaran, Anda juga bisa menggunakan Sway untuk tujuan lain seperti membuat laporan, membagikan kisah hidup dan lain sebagainya. 

Sebenarnya Sway ini hampir mirip dengan blog namun dalam penggunaannya jauh lebih mudah. Sehingga seorang guru hampir dipastikan dapat menggunakan media ini untuk memaksimalkan dalam membuat media pembelajaran. 

Lalu bagaimana cara menggunakan Sway? 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun dan masuk di halaman Sway. Anda bisa menggunakan email dari Microsoft seperti Hotmail atau Outlook. Sementara untuk akun Google Mail tidak dapat digunakan untuk membuat akun di Sway. 

Baca Juga:  Ini Ketentuan bagi Sekolah yang Ingin Memulai Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Setelah memiliki akun email tersebut, Anda dapat masuk ke halaman utama Sway dan mulai menggunakannya. 

Ketika sudah bisa masuk di halaman Sway, Anda dapat membuat halaman baru dan akan diarahkan ke halaman Alur Cerita. 

Alur Cerita pada Sway ini merupakan tempat di mana Anda dapat menambahkan berbagai elemen seperti menambahkan gambar, teks, video, dokumen dan lain sebagainya. Apa saja yang ingin Anda masukkan dalam Sway dapat diatur melalui Alur Cerita tersebut. 

Selain menyusun alur cerita, yang sangat penting diperhatikan dalam membuat media pembelajaran di Sway adalah memberi judul. Adapun cara menambahkan judul caranya sangat mudah yakni hanya dengan mengetuk kolom judul lalu menambahkan dengan teks sesuai dengan keinginan Anda. 

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 444d2846-1729-4952-b3ca-aee9d6c46dc5.png

Kemudian untuk kontennya, Anda dapat memasukkan berbagai media seperti gambar, video, teks dan lain sebagainya. Cara untuk menambahkan media tersebut sangat mudah. Anda tinggal menarik gambar yang ingin Anda tambahkan pada kolom atau kartu yang Anda masukkan di dalam alur cerita. 

Baca Juga:  Periode Pengajuan Serta Dokumen untuk Mengisi DUPAK

Ketika sudah selesai memasuk seluruh konten yang Anda inginkan mulai dari teks, gambar, video dan lain sebagainya, Anda bisa melakukan pratinjau sebelum melakukan publikasi. Anda bisa mengatur tampilan Sway Anda secara horizontal atau vertikal. 

Nah, setelah semuanya sudah jadi seperti yang Anda inginkan, Anda bisa membagikan konten yang sudah Anda buat tersebut melalui berbagai media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya. 

Ingin tahu cara menggunakan Sway untuk membuat bahan ajar yang menarik? Silakan mengikuti pelatihan berikut ini: 

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut: 

DAFTAR 

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini: 

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan: 

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

Prinsip-Prinsip Desain Grafis

News

Manfaat Template PowerPoint dalam Desain Materi Pembelajarn

News

Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan

News

Guru Penggerak Untuk Pengembangan Pendidikan: Guru Profesional Wajib Tahu!

News

Menjadi Terapis Pendidikan, Sebuah Peluang Besar Bagi Guru!

News

Mengenal Model Pembelajaran Jigsaw

News

Langkah-Langkah dan Cara Menggunakan Poster Sebagai Media Pembelajaran

News

Sikap Guru Dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum
pendekatan pembelajaran

News

5 Jenis Pendekatan Pembelajaran yang Wajib Diketahui Guru