Home / Opini

Rabu, 28 April 2021 - 09:42 WIB

Cara Mengatasi Bosan Belajar Online

Di masa pandemi akibat merebaknya virus Covid–19 berdampak pada semua aspek kehidupan salah satunya dunia pendidikan Sekarang sistem pembelajaran harus dilakukan secara online. Mau tidak mau semua peserta didik harus menjalani belajar dari rumah.

Salah satu masalah yang perlu diatasi dalam pembelajaran online adalah munculnya rasa bosan dari setiap siswa. Nah, untuk mengatasi rasa bosan saat belajar online tersebut, begini cara yang dapat dilakukan :

Pilih Tempat Belajar yang Nyaman

Agar tidak cepat merasa  bosan saat belajar di rumah maka kalian bisa mencari tempat yang cukup nyaman. Rumah bisa diubah menjadi tempat belajar yang asyik.

Ada berbagai tempat di setiap sudut rumah yang bisa kalian manfaatkan menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Caranya dengan mendekor sehingga memberikan sedikit perubahan yang membuat kalian bersemangat dalam belajar. Hindari berbagai gangguan yang membuat konsentrasi belajar terganggu.

Tentukan Waktu Belajar

Pilih waktu yang tepat untuk belajar misalnya pagi hari, siang hari, sore hari, atau malam hari. Tentukan jam–jam tertentu untuk belajar secara fokus dan rajin. Jangan lupa istirahat agar tidak merasa terlalu lelah.

Pilih Cara Belajar yang Sesuai

Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda – beda. Ada yang biasa belajar saat suasana tenang tetapi ada juga yang memilih belajar dengan suasana yang ramai. Pilihlah sesuai dengan kenyamanan kalian  agar kalian bisa nyaman saat belajar.

Baca Juga:  Menjadi Sosok Guru Inspiratif di Masa Pandemi

Gunakan Aplikasi Belajar Online yang Mudah Dipahami

Belajar dari rumah membuat kalian harus menggunakan aplikasi belajar online. Agar belajar kalian menyenangkan,ada banyak aplikasi belajar online dengan banyak fitur pembelajaran yang mudah kalian pahami dengan berbagai tips belajar yang efektif.

Jadi  gunakanlah aplikasi pembelajaran yang mudah dipahami dan sudah disepakati bersama dengan pihak sekolah. Dengan begitu, pasti belajar kalian jadi lebih bersemangat.

Istirahat yang Cukup

Di saat belajar online, mungkin terlalu banyak tugas yang diberikan oleh guru. Hal itu dapat membuat munculnya rasa bosan.

Langkah yang perlu kalian lakukan setelah menyelesaikan seluruh tugas adalah istirahat yang cukup. Kalian bisa mengisi waktu istirahat dengan menonton hiburan, makan, atau melakukan hobi yang kalian sukai.

Setelah itu pikiran tersegarkan, lanjutkan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah jika masih ada yang belum selesai.

Jadikan hari – harimu menyenangkan dan tidak terbebani oleh setiap tugas yang diberikan dan nikmatilah kebersamaan dengan orang – orang yang kalian sayangi.

Nah,sekarang kalian sudah memahami bagaimana cara mengatasi rasa bosan saat belajar online. Terapkan cara -cara tersebut dan jangan lupa untuk selalu jaga jarak, menggunakan masker, dan cuci tangan apabila bepergian keluar rumah.

Ditulis oleh: Jobel J.Haumahu,S.Pd, Guru di SMP Negeri2 Manokwari

Share :

Baca Juga

Opini

Tak Ada Kata Terlambat untuk Belajar
komunikasi orang tua dengan anak

Opini

Menjadi Guru di Rumah

Opini

Nasib Tenaga Guru Honorer di Kabupaten Lumajang Kian Menyenangkan
https://naikpangkat.com/terbaru-struktur-kurikulum-merdeka/

Opini

Upaya Meningkatan Minat Baca dan Pengetahuan Anak melalui Ensiklopedia
guru idaman siswa

Opini

Menjadi Guru IDAMAN Siswa di Sekolah
empty road between trees

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Indah Wulandari
metode jigsaw

Opini

Efektivitas Model Pembelajaran Koorperatif Jigsaw pada Turunan Fungsi Aljabar
tips mengajar di masa pandemi

Opini

Fenomena Learning Loss dan Solusinya