Home / News

Selasa, 28 Juni 2022 - 23:50 WIB

Cara Mendesain Projek Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka!

Cara Mendesain Projek Profil Pelajar Pancasila – Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah suatu kebaruan yang signifikan dalam Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Perancangan pembelajaran berbasis projek bukanlah hal yang sederhana dan mudah dilakukan. Oleh karena itu, pemerintah perlu membantu satuan pendidikan melalui pelatihan, pendampingan, penyediaan panduan yang dapat digunakan guru untuk memfasilitasi pembelajaran ini, dan juga contoh-contoh konkrit bagaimana projek dirancang dan dinilai.

Untuk itu dibutuhkan suatu perencanaan yang matang agar pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat berjalan di suatu satuan pendidikan. Berikut ini beberapa tahap dalam mendesain projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Baca Juga:  Cara Cepat Memahami Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Merdeka
Merancang Alokasi Waktu dan Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Dalam hal ini menentukan durasi pelaksanaan untuk setiap Tema Projek yang dipilih dapat disesuaikan dengan pembahasan tema. Durasi dapat dipilih antara dua minggu sampai 3 bulan, tergantung tujuan dan kedalaman eksplorasi tema.

Jika satuan pendidikan bertujuan untuk memberikan dampak sampai pada lingkungan di luar satuan pendidikan maka bisa jadi durasi pelaksanaan projek membutuhkan waktu yang lebih lama.

Baca Juga:  Sistematika Membuat Makalah Best Practice

Di luar durasi waktu pelaksanaan projek, satuan pendidikan mengatur kembali jadwal belajar mengajar seperti biasa.

Mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak, secara umum ketentuan total waktu projek adalah sekitar 20-30% beban peserta didik per tahun.

Pimpinan satuan pendidikan menentukan alokasi waktu pelaksanaan projek dan dimensi untuk setiap tema, agar dapat memetakan sebaran pelaksanaan projek pada satuan pendidikan tersebut.

Halaman berikutnya

Membentuk tim fasilitasi projek..

Share :

Baca Juga

News

Pelatihan Bersertifikat 32 JP: Editing Video Pembelajaran Interaktif dengan Android!

News

Ikutilah Pelatihan Khusus 90 JP 10 Hari Menulis Buku “Cara Mudah Menulis Buku Ber-ISBN”
pendidikan karakter yang terkikis

News

Pembelajaran Berbasis Kompetensi Pada Kurikulum Baru Tahun 2022
website untuk guru

Karya Inovatif

Inovasi Guru Membangun Personal Website

News

Cara Melihat Nama Guru Honorer Apakah Sudah Terdaftar di GTK Kemendikbud secara Online

News

Cek Segera! Ini Bocoran Gaji PPPK Terbaru
https://naikpangkat.com/bimtek-35-jp-kupas-tuntas-mudahnya-publikasi-ilmiah-untuk-naik-pangkat-segera-daftar-sebelum-ditutup/

News

5 Kriteria Artikel Populer Yang Banyak Dilirik Pembaca
student centered learning

News

Fakta tentang Peran Pendidikan bagi Manusia