Home / News

Senin, 19 Juli 2021 - 09:44 WIB

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan Powerpoint

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi membuat  hampir segala aktivitas bisa dilakukan menggunakan perangkat teknologi. Salah satunya adalah dalam membuat video animasi yang digunakan untuk presentasi atau pembelajaran online untuk anak didik. 

Hampir di semua sektor pendidikan, pembuatan video animasi sangatlah sering digunakan. Cara membuat video animasi pembelajaran ini dapat dilakukan dengan aplikasi Powerpoint. 

Untuk membuat video animasi memang  terbilang susah-susah gampang. Karena  tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi pengedit video atau software video maker.

Tidak jarang juga dalam pembuatan video animasi online akan terkendala dengan adanya  koneksi jaringan internet yang susah. Oleh karena itu, pembuatan video animasi pembelajaran menggunakan Powerpoint dinilai sangatlah tepat. Selain tidak membutuhkan internet, menggunakan Powerpoint juga akan mempermudah Anda dalam melakukan editing video dalam bentuk animasi. 

Namun, tetap saja jika menggunakan Powerpoint Anda harus menggunakan template animasi yang sangat banyak.  Langsung saja berikut ini cara dan langkah membuat video animasi di Powerpoint.

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan Powerpoint

Baca Juga:  Ide Bisnis bagi Guru, Hasilkan Pendapatan hingga Miliaran Rupiah

1.       Pertama-tama Anda harus mempersiapkan bahan-bahan dalam beberapa slide yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kreativitas Anda. 

2.       Setelah itu Anda bisa memberikan timing animation melalui menu Animation pada PowerPoint yang disesuaikan pada masing-masing objek. Atur penyesuaian waktu sebaik mungkin agar objek bisa terlihat lebih hidup seperti animasi.

3.       Jika sudah memberikan setting animation pada masing-masing slide, Anda hanya perlu memberikan timing pada setiap perpindahan melalui menu Transitions. Sebaiknya pilih jenis Transitions yang sesuai dengan objek. Selain itu, Anda juga bisa memberikan sound pada masing-masing slide jika ingin terlihat lebih hidup. Jangan lupa untuk mengatur timing perpindahan dari masing-masing slide melalui menu Advance Slide.

4.       Setelah semua proses setting selesai maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyimpan file tersebut dengan format Windows Media Video. Untuk membuat video tersebut menjadi lebih hidup, Anda bisa menambahkan sound tertentu yang menarik sesuai dengan objek.

Baca Juga:  Langkah-Langkah Membuat LKPD Interaktif dengan Liveworksheet

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Jika sudah bisa menangkap dengan baik maka Anda bisa segera membuatnya. 

Tidak heran jika cara membuat video animasi pembelajaran dengan Powerpoint terbilang sangat mudah. Tidak hanya mudah, pembuatan video animasi ini juga cukup sederhana dan tidak membutuhkan jaringan internet. 

Powerpoint sendiri menjadi salah satu alternatif terbaik bagi orang yang tidak ingin membuka aplikasi berat untuk membuat video animasi. Karena untuk membuat video animasi, sebenarnya dibutuhkan aplikasi atau software yang terbilang berat. Sedangkan jika menggunakan Powerpoint terbilang ringan dan mudah digunakan. 

Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan!

Ikuti pelatihan “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link pendaftaran berikut ini: DAFTAR PELATIHAN.

Pelatihan di atas GRATIS untuk member e-Guru.id. Silakan mendaftar sebagai member melalui link berikut ini: DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut silakan menghubungi nomor berikut ini:

WhatsApp: 6281575345555

Telegram: t.me/CS_eguruid

Share :

Baca Juga

News

3 Film tentang Pendidikan Terbaik untuk Memotivasi Peserta Didik

News

Cara Cek Data Dapodik dengan Cepat dan Mudah

News

Jangan Memberikan Hukuman di Sekolah, Bisa Fatal!

Kenaikan Pangkat

Ini perbedaan PNS Dan PPPK dari Gaji Hingga Tunjangan
mengenal bakat anak

News

Mengenal Potensi Anak dengan Pendekatan Fitrah Bakat
pelajaran bahasa inggris

News

4 Situs Online Belajar Bahasa Inggris untuk Siswa

News

Memahami Penggunaan Video Pembelajaran yang Menarik

News

Kepala BSKAP Ungkap Prinsip – Prinsip Desain Kurikulum Prototipe