Cara Membuat Ucapan Selamat Ramadhan 2022 Menggunakan Canva

- Editor

Selasa, 22 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Membuat Ucapan Selamat Ramadhan – Tidak terasa sebentar lagi kita akan kembali memasuki Bulan Ramadhan tepatnya pada bulan April, kurang afdhal rasanya jika tidak membagikan ucapan selamat Ramadhan terutama untuk keperluan media sosial.

Sudah bukan lagi menjadi hal yang sulit, banyak platform yang tersedia untuk membuat desain ucapan tersebut, salah satu platformnya yaitu Canva.

Canva merupakan sebuah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, poster, presentasi, dokumen dan konten visual lainnya. Dalam aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.

Dilansir dari Wikipedia Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan

Canva sendiri terdiri dari 2 macam layanan, yakni layanan gratis dan layanan berbayar. Pada layanan berbayar, Canva menyediakan Canva Pro dan Canva for Enterprise. Selain itu, pengguna juga bisa membayar produk secara fisik untuk dicetak dan dikirimkan.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara membuat ucapan selamat Ramadhan 2022 menggunakan Canva. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Langkah – Langkah Membuat Ucapan Selamat Ramadhan

  1. Download aplikasi Canva di toko aplikasi seperti Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). Setelah selesai diunduh,
  2. Buka aplikasi tersebut dan log in, bisa menggunakan akun Google atau Facebook.
  3. Setelah masuk, akan muncul tampilan utama aplikasi Canva.
  4. Ketik kata kunci “Ramadhan” pada kolom pencarian yang terletak di bagian paling atas.
  5. Kemudian, pilih “Ramadhan Card” yang tampil di hasil pencarian.
  6. Lalu, pilih template kartu ucapan Ramadhan yang sudah disediakan aplikasi Canva.
  7. Setelah itu, Anda dapat mengedit template kartu ucapan lebaran tersebut. Cukup dengan cara klik teks atau gambar yang ingin Anda ubah dan ganti dengan teks atau gambar sesuai dengan selera dan keinginan Anda.
  8. Apabila sudah mengubah teks bawaan tadi, Anda bisa memperindah template tersebut dengan bermacam elemen  gambar, seperti mislanya stiker, foto, teks tambahan, dan lain sebagainya.
  9. Untuk menyimpan kartu ucapan lebaran ini ke memori penyimpanan ponsel, klik ikon “tanda panah” yang mengarah ke atas, seperti ditunjukkan pada gambar pertama di atas. Lalu, pilih menu “Save as…”.

Ucapan Selamat Ramadhan  sudah siap untuk dibagikan. Kartu digital ini bisa disebar ke berbagai platform internet, mulai dari Instagram, Facebook, Line, Snapchat, hingga WhatsApp.

Mudah bukan? Jangan lupa untuk mencobanya ya,

Selain itu ada beberapa hal  yang  perlu diperhatikan dalam membuat ucapan menggunakan Canva, mulai dari pemilihan warna background, pilihan font, ukuran font dan yang lain sebagainya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Membuat Ucapan Selamat Ramadhan

Template

Hal penting yang perlu kamu perhatikan yaitu template atau tata letak sebuah desain. Anda dapat mencari berbagai template untuk ucapan Ramadhan dengan memasukkan keyword ‘Ramadhan’ di kolom pencarian.

Anda akan dapat menemukan bermacam – macam template menarik dan yang sesuai dengan tema yang bisa digunakan.

Namun, selain itu Anda juga bisa menggeser posisi tulisan atau beberapa gambar yang ada di template tersebut. Sehingga akan sesuai dengan selera serta karakteristik desain Anda.

Dan jadikan template ini sebagai acuan awal dari desain Anda, agar terlihat lebih asli dan berbeda dengan lainnya.

Font

Selanjutnya, yang tidak kalah penting yaitu font atau huruf. Setelah mengatur tata letak sesuai dengan selera Anda, perhatikan jenis font yang akan  digunakan.

Usahakan untuk menggunakan font yang tidak terlalu besar, atau juga terlalu kecil. Dan, tidak menggunakan font yang terlalu kaku, karena akan membuat desain Anda terlihat kaku pula.

Anda bisa menggunakan font dengan nama misalnya, ‘Adam Script’ yang akan membuat tampilan desain Anda menjadi lebih enak dipandang dan tetap jelas terbaca.

Atau Anda juga bisa menggunakan font Berkshire Swash yang agak lebih tebal dari font Adam Script, atau bisa memilih font yang sesuai selera.

Paduan Warna

Langkah selanjutnya, yaitu mengubah paduan warna yang telah ada di template yang telah Anda pilih.

Meski template menyediakan paduan warna yang nyaman dipandang, usahakan juga menggunakan paduan warna buatan sendiri. Hal ini akan membuat desain lebih menunjukan karakter pembuatnya dan tidak memiliki kesamaan dengan desain lain yang beredar luas.

Namun, perlu diperhatikan perpaduan warna yang  dipilih. Pastikan Anda telah menentukan nuansa warna dari kartu ucapan yang akan dibuat.

Misalnya, Anda akan membuat dengan nuansa ‘hijau’ tentu kamu perlu menggunakan warna-warna yang cukup tenang, dan kolaborasi warna hijau yang cocok.

Mengapa mendesai uacapan di Canva? Tentu ini karena Canva memiliki banyak kelebihan, apalagi bagi kita yang kurang memiliki pegetahuan mengedai desai dengan aplikasi seperti Coreldraw, Photoshop yang terbilang cukup sulit.

Kalebihan Canva Untuk Membuat Ucapan Selamat Ramadhan

Berikut kelebihan sekaligus keunggulan Canva :

1. Diakses Menggunakan Web Maupun Android

Keunggulan Canva yang pertama ialah kemudahan akses. Platform yang satu ini bisa diakses melalui web Canva.com, dan bisa pula diunduh untuk Windows, Android, dan IOS.

Dengan kemudahan fitur tersebut, kita bisa membuat dan melakukan kostumisasi desain menggunakan perangkat apa saja sesuai dengan selera dan kemampuan kita dalam membuatnya.

2. Tampilan Sederhana tetapi Lengkap

Tampilan antar muka di Canva boleh di bilang cukup sederhana. Tetapi di dalamnya lengkap dan mudah untuk dipahami baik oleh pengguna awam maupun pengguna yang sudah profesional.

3. Tersedia Banyak Template Tinggal Edit

Entah itu mau bikin presentasi, bikin video animasi, bikin komik, spanduk, logo, hingga CV semuanya bisa jadi cepat apabila dibuat di Canva.

Soalnya, platform desain grafis online yang satu ini sudah menyediakan ribuan bahkan ratusan ribu template yang senantiasa bertambah setiap harinya seiring dengan bertambahnya pengguna.

Mengedit template alias kostumisasi desainnya pun cukup mudah. Kita hanya perlu menggunakan sistem drag and drop alias seret-menyeret elemen sesuai keinginan.

4. Kaya Fitur

Karena Canva kaya akan fitur. Di Canva ada fitur template, background, foto dan gambar gratis serta premium, unggah foto, video, dokumen PDF, hingga font, pembuat logo, bagan, serta fitur menambah elemen dari palftorm seperti Emoji, Giphy, Pixton, TINT, hingga YouTube.

7. Tersedia Fitur Save Otomatis

Saat mendesain slide presentasi atau pun kebutuhan grafis lainnya, Canva akan menyimpan desain kita secara otomatis.Dengan demikian, ketika nanti tiba-tiba mati lampu atau kuota internet habis, grafis yang kita buat di Canva tidak akan hilang.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah banner-member-tahunan-300x300-1.jpeg

Ingin dibantu mendaftar member e-Guri.id ? Hubungi 087719662338 (Rahma)

Berita Terkait

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:46 WIB

Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Berita Terbaru