Pahami Kelebihan Penggunaan Canva  Dalam Pembelajaran

- Editor

Senin, 7 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Canva Pembelajaran – Semua hal hampir sudah bisa diakses dengan internet, begitu pula dengan pembuatan bahan ajar interaktif untuk pembelajaran, salah satu platform yang menyediakan adalah Canva.

Apa itu Canva ?

Canva merupakan sebuah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, poster, presentasi, dokumen dan konten visual lainnya. Dalam aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.

Dilansir dari Wikipedia Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan

Canva sendiri terdiri dari 2 macam layanan, yakni layanan gratis dan layanan berbayar. Pada layanan berbayar, Canva menyediakan Canva Pro dan Canva for Enterprise. Selain itu, pengguna juga bisa membayar produk secara fisik untuk dicetak dan dikirimkan.

Apa bedanya dengan Platforma lain?

Lalu apa yang menjadika  Canva berbeda dengan platform lain? Apa saja kelebihan Canva ?

Tentu saja berbeda, aplikasi ini berbasis web dan juga bisa berbasis android yang sudah begitu digemari oleh banyak kalangan. Mulai dari siswa, guru, mahasiswa, dosen, hingga pelaku lainnya menggunakan Canva sebagai alat bantu untuk mendesain berbagai grafis.

Lebih khusus daripada itu, Canva pula mampu mengubah mindset kita para pengguna yang awam bahwa membuat desain grafis secara online tidak lagi menjadi sulit seperti menggunakan Photoshop atau Coreldraw.

Juga dalam membuat kebutuhan presentasi, kita harus menggunakan Microsoft PowerPoint. Bahkan, agar slide PPT semakin menarik kita harus mencari dan mengunduh template secara online.

Memang sedikit merepotkan dan juga dapat memakan waktu. Maka,beberapa dari kita dulu barangkali lebih suka membeli template slide atau menggunakan jasa pembuatan PPT. Tapi sekarang kisah tersebut sudah mulai berubah. Yaitu mulai beralih ke Canva.

Setiap platform tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, begitu juga dengan Canva pembelajaran yang memiliki kelebihan serta kekurangan Canva sebagai platform desain grafis online.

Kelebihan Canva

Berikut kelebihan sekaligus keunggulan Canva sebagai platform desain grafis:

1. Diakses Menggunakan Web Maupun Android

Keunggulan Canva yang pertama ialah kemudahan akses. Platform yang satu ini bisa diakses melalui web Canva.com, dan bisa pula diunduh untuk Windows, Android, dan IOS.

Dengan kemudahan fitur tersebut, kita bisa membuat dan melakukan kostumisasi desain menggunakan perangkat apa saja sesuai dengan selera dan kemampuan kita dalam membuatnya.

2. Tampilan Sederhana tetapi Lengkap

Tampilan antar muka di Canva boleh di bilang cukup sederhana. Tetapi di dalamnya lengkap dan mudah untuk dipahami baik oleh pengguna awam maupun pengguna yang sudah profesional.

3. Tersedia Banyak Template Tinggal Edit

Entah itu mau bikin presentasi, bikin video animasi, bikin komik, spanduk, logo, hingga CV semuanya bisa jadi cepat apabila dibuat di Canva.

Soalnya, platform desain grafis online yang satu ini sudah menyediakan ribuan bahkan ratusan ribu template yang senantiasa bertambah setiap harinya seiring dengan bertambahnya pengguna.

Mengedit template alias kostumisasi desainnya pun cukup mudah. Kita hanya perlu menggunakan sistem drag and drop alias seret-menyeret elemen sesuai keinginan.

4. Kaya Fitur

Karena Canva kaya akan fitur. Di Canva ada fitur template, background, foto dan gambar gratis serta premium, unggah foto, video, dokumen PDF, hingga font, pembuat logo, bagan, serta fitur menambah elemen dari palftorm seperti Emoji, Giphy, Pixton, TINT, hingga YouTube.

5. Desain Grafis Bisa Diunduh dan Dibagikan dengan Beragam Format

Keunggulan lainnya dari Canva ialah desain yang kita bikin bisa diunduh secara gratis dalam format PNG, PDF, JPG, SVG, GIF, MP4, hingga download PPT format Microsoft PowerPoint.

6. Tidak Memerlukan Ruang Penyimpanan

Jangan khawatir dengan memori HP yang penuh atau RAM laptop yang di bawah spesifikasi. Kita beruntung karena penggunaan Canva tidak memerlukan ruang penyimpanan khusus.

Soalnya platform yang satu ini berbasis web dan cloud.

7. Tersedia Fitur Save Otomatis

Saat mendesain slide presentasi atau pun kebutuhan grafis lainnya, Canva akan menyimpan desain kita secara otomatis.

Dengan demikian, ketika nanti tiba-tiba mati lampu atau kuota internet habis, grafis yang kita buat di Canva tidak akan hilang.

8. Bisa Menghasilkan Uang

Bila Bapak dan Ibu menyukai dunia desain-mendesain dan punya kompetensi yang cukup mumpuni, maka tidak ada salahnya Bapak dan ibu bergabung menjadi Kontributor Canva.

Yaitu bagi bapak ibu bisa menghasilkan uang dengan cara membuat template dan elemen.

Berapa besaran bayarannya? Bergantung kepada lisensi yang disematkan pada template atau elemen yang kita buat.

Kekurangan Canva

Setiap platform online sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak terkecuali aplikasi Canva. Berikut beberapa kekurangan Canva:

1. Hanya Bisa Diakses Secara Online

Karena berbasis web, Canva hanya bisa diakses secara online. Dengan kita membutuhkan kuota internet.

Walaupun demikian, Bapak dan Ibu tetap bisa mendesain slide presentasi secara offline di Canva.

2. Beberapa Fitur Baru Bisa Diakses dengan Akun Premium

Canva memang kaya fitur, tapi beberapa fitur premium hanya bisa diakses ketika kita sudah membayar.

Contoh fitur premium di Canva misalnya menghapus background foto, menggunakan template, foto, dan elemen premium, mengunduh dengan kualitas lebih besar, hingga mendownload dengan latar belakang transparan.

Tetapi bagi yang berprofesi sebagai tenaga pengajar, seperti bapak dan ibu bisa menggunakan akun Canva premium secara gratis yang alan di bahas dalam Diklat mareti pertama.

3. Butuh Sinyal Internet yang Stabil

Sinyal internet saat melakukan aktivitas desain di Canva itu harus stabil dan kuat. Kekuatan sinyal minimalnya ialah H+ alias WCDMA/GSM Otomatis.

4. Desain Video Cenderung Memakan Waktu yang Lama untuk Diunduh

Entah mengapa saat mengunduh video terasa lebih lama. Walaupun mungkin kekuatan internetnya sudah bagus tetapi memang sedikit lama dalam mengunduh hasil editan video atau desain di Canva.

5. Belum Ada Fitur Insert Tabel untuk Membuat Slide Presentasi

Walaupun merupakan salah satu tempat desain slide presentasi yang lengkap, Canva masih belum sempurna.

Salah satu kekurangan Canva ialah belum adanya fitur insert agar kita bisa membuat tabel layaknya aplikasi Microsoft Word maupun PowerPoint. Tapi bila Bapak dan Ibu tetap ingin membuat tabel di Canva, bisa gunakan fitur import PDF dari file yang ada HP atai PC bapak dan Ibu.

Demikian informasi lengkap mengenai kelebihan serta juga kekurangan penggunaan Canva  dalam pembelajaran, untuk dapat menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi para siswa. Baik untuk pembelajaran secara tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bapak dan Ibu guru sekalian. Serta paltform Canva ini dapat di manfaatkan secara maksimal bagi Bapak dan Ibu, apalagi Canva Premium dapat di klaim gratis bagi Bapak dan Ibu guru tenaga pengajar.

Berita Terkait

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Berita ini 1,351 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Berita Terbaru