Cara Instal Aplikasi Class Point dan Ketahui Fiturnya untuk Pembelajaran

- Editor

Rabu, 13 Oktober 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aplikasi Class Point menjadi salah satu aplikasi pembuat video pembelajaran yang saat ini paling banyak digemari oleh para guru untuk membuat berbagai macam video pembelajaran hingga membuat kuis yang menarik.

Dengan aplikasi Class Point proses pembuatan berbagai jenis materi pembelajaran bisa berlangsung dengan cepat dan mudah tanpa harus memiliki keahlian sekalipun. Berikut panduan instal aplikasi Class Point:

Download Class Point

Download aplikasi Class Point di situs classpoint.io melalui browser, lalu klik ‘Download Now’ atau bisa juga memilih opsi “FREE DOWNLOAD” untuk mengunduh aplikasi ClassPoint. 

Persyaratan untuk bisa menginstall Class Point di laptop/PC dengan spesifikasi minimal sistem operasi adalah Windows 7 dan Microsoft Office minimal 2013.

Jika laptop sudah kompatibel dengan persyaratan diatas namun masih belum bisa terinstall, silahkan merujuk ke bagian (Mengatasi Kendala Instalasi Class Point).

Setelah instalasi selesai, tekan tombol ‘Finish’ lalu segera buka aplikasi Power Point pada laptop/PC Anda . Pada saat membuka aplikasi Power Point, akan muncul tulisan ‘Loading Add-ins’ Inknoe Class Point.  Ini menandakan bahwa aplikasi Class Point sudah terintegrasikan dengan Power Point.

Sign-up atau Mendaftar

Setelah Power Point berhasil terbuka perhatikan bagian atas menu layer Power Point. Menu Class Point terdapat di bagian atas yang menyatu dengan menu Power Point lainnya.

Pilih menu ‘Inknoe Class Point’ lalu pilih ‘Sign-in’ untuk mendaftarkan profil Anda pada ClassPoint.  Isi kolom data diri sesuai dengan informasi yang diminta. Jika nama hanya terdiri dari 1 (satu) suku kata, maka penulisan nama yang sama dapat di ulang di kolom ‘Last Name’.  Sedangkan, kolom organisasi di isi dengan nama asal sekolah / institusi / lembaga. 

Dalam kolom ‘Sector’ berikut panduan dalam pengisian: – K-12 : Pengajar tingkat Bimba / TK / SD / SMP / SMA- Higher Ed : Perguruan tinggi- Corporate : Institusi / lembaga.

Selanjutnya, lengkapi data diri dengan email dan password yang diinginkan. Setelah itu pilih ‘Next’, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa 6 digit kode verifikasi telah terkirim ke email yang di daftarkan.

Cek inbox email dan masukan kode kedalam kolom yang tersedia.Jika kode tidak didapatkan di email, silahkan pilih ‘Resend verification code’.

Jika menu Class Point berhasil muncul di menu Power Point itu berarti Anda telah berhasil membuat akun dan Class Point dapat langsung digunakan.

Fitur-fitur dalam Class Point

  • Kode Kelas / Class Code 

Dalam memulai pembelajaran yang interaktif, Guru dapat memberikan kode kelas kepada setiap siswa yang akan bergabung ke kelas daring. Siswa tidak harus mendownload aplikasi dalam mengikuti kelas yang diselenggarakan oleh guru.

Mulai slideshow dan temukan kode kelas di pojok kanan atas. Siswa cukup membuka classpoint.app dan bergabung menggunakan kode kelas yang terdapat padaPower Point.

  • Fitur Anotasi / Annotation

Saat menjalankan Class Point di dalam Power Point terdapat beberapa fitur dasar yang dapat digunakan dan salah satunya adalah fitur anotasi pada Power Point dengan Class Point. 

Fitur anotasi ini terdapat di toolbar bagian bawah saat Anda memfungsikan Power Point dalam mode slide show. Pada fitur anotasi terdapat beberapa alat yang dapat digunakan yakni:

  • Laser Pointer 

Laser Pointer dapat digunakan sebagai penunjuk layar slide saat menerangkan isi slide.

  • Pulpen Digital

Dapat digunakan sebagai tinta digital dalam membuat tulisan dan coretan pada slide, warna pulpen digital dapat disesuaikan dengan keinginan, pilihan warna dapat dilakukan pada menu pita Inknoe Class Point yang terdapat di bagian menu Power Point.

  • Highlighter 

Higlighter digunakan sebagai penjelas pada konten pelajaran yang terdapat pada slide.

  • Erase

Jangan khawatir jika melakukan kesalahan saat membuat dokumen,  Anda dapat menggunakan alat penghapus (Erase) yang tersedia untuk menghapus hasil coretan/ tulisan.

Jika Anda ingin menyimpan tulisan/coretan yang telah ditambahkan pada slide, saat Anda memililh‘esc’ untuk keluar dari mode slideshow, akan muncul notifikasi pilihan apakah Anda ingin menyimpan anotasi atau tidak. 

Jika iya, maka silahkan pilih ‘keep’ dan pilih ‘discard’ untuk tidak menyertakan anotasi pada slide pembelajaran.

  • Papan Tulis Digital / Whiteboard

Salah satu fitur yang digemari pada Class Point adalah fitur Papan Tulis Digital atau Whiteboard, dimana Anda tidak perlu menggunakan media lain saat ingin memberikan penjelasan lebih lanjut pada suatu materi.

Fitur ini terdapat pada toolbar dibawah menu Class Point saat Anda dalam mode slideshow. Setelah Anda memilih fitur Papan Tulis Digital, maka menu pilihan papan tulis akan muncul. Tambahan anotasi pada papan tulis digital dapat kemudian disimpan sebagai bagian dari slide pembelajaran.

Anda juga dapat menyesuakan latar belakang papan tulis digital sesuai dengan pilihan Anda.  Pilih menu ‘Whiteboard Backgrounds’ pada pita menu Inknoe Class Point pada Power Point. 

Anda dapat pula menyesuaikan latar belakang papan tulis digital hingga 6 papan tulis yang berbeda. Pilih tanda titik tiga di pojok kanan bawah pada setiap papan tulis yang Anda ingin sesuaikan. 

Lalu, Anda bisa memilih ‘Use an image’ jika Anda ingin menggunakan latar belakang/gambar yang tersimpan pada PC/laptop Anda, atau bisa memilih ‘Use current slide’ jika Anda ingin menjadikan slide yang saat ini terlihat untuk menjadi latar belakang Papan Tulis digital Anda.

Demikianlah cara mendownload dan fitur yang ada di aplikasi Class Point yang saat ini mulai banyak digemari oleh tenaga pendidik untuk membuat materi pembelajaran yang menarik bagi para siswanya.

Dapatkan info terbaru dan ikuti pelatihan gratis cara menggunakan Class Point untuk meningkatkan kompetensi guru dengan menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Berita Terkait

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024
2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru
Pertama Kali Terjadi, Cek Info GTK Ada Kabar Bahagia Untuk Guru Sertifikasi
Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time
MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap
Berita ini 421 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:23 WIB

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:59 WIB

Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:18 WIB

2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:48 WIB

Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:40 WIB

MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:11 WIB

Menjelang Pembukaan Pendaftaran, Ketahui Perbedaan PPPK Guru Full Time dan Part Time di Tahun 2024

Berita Terbaru

Edutainment

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Kamis, 22 Feb 2024 - 10:25 WIB