Home / News

Minggu, 6 Maret 2022 - 00:52 WIB

Cara Cek Data Guru Honorer di Dapodik dan Menambahkan PTK di Dapodik

Cek Data Guru Honorer di Dapodik – Guru honorer sebagai entitas yang tak kalah penting perannya dalam kemajuan pendidikan di Indonesia memang terus mendapat perhatian serius dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulai dari prioritas peserta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang berasal dari guru honorer hingga bentuk perhatian lainnya khususnya dalam hal pemberian bantuan tunjangan bagi guru honorer.

Bahkan ketika terjadi pandemi Covid-19, Kemendikbud bahkan secara khusus mencabut ketentuan pembayaran honor paling besar 50 persen bagi guru yang berstatus non PNS dengan tetap membayarkan honor sesuai dengan haknya.

Meski demikian Kemendikbud juga menerapkan ketentuan khusus kepada guru honorer untuk mencatatkan dirinya dalam data pokok pendidikan (Dapodik) sebagai syarat utama untuk berbagai pendistribusian tunjangan bagi guru honorer yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Tujuannya adalah agar memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi sekaligus memetakan jumlah tenaga guru dengan status honorer dalam hal penyaluran tunjangan termasuk alokasi pengangkatan guru honorer sebagai guru dengan status pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Bahkan pada tahun 2021 lalu, data guru honorer yang ada pada Dapodik menjadi salah satu kriteria syarat bagi calon peserta yang berasal dari guru untuk bisa ikut serta dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), sehingga guru honorer yang tidak terdaftar dalam Dapodik tidak bisa mengikuti seleksi PPPK tersebut.

Cara Menambahkan PTK Guru Honorer di Dapodik

Untuk menambahkan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) honorer dalam data pokok pendidikan, langkahnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Ganjar Ungkap Beberapa Upaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru

– Akses laman resmi data pendidik berikut https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

– Login menggunakan akun operator sekolah melalui SSO

– Setelah berhasil masuk ke halaman beranda, kemudian klik Aplikasi

– Kemudian pilih kategori Guru dan Tendik kemudian pilih PTK

– Isi data guru honorer yang hendak ditambahkan

– Setelah selesai, klik Simpan kemudian tunggu konfirmasi 

– Jika berhasil pilih menu Sinkronisasi pada aplikasi Dapodik

Cara Cek Nama Guru Honorer

Bagi guru honorer yang sudah terdaftar dalam Dapodik dan ingin memastikan namanya, langkah yang perlu dilakukan untuk cek data guru honorer di Dapodik adalah sebagai berikut:

– Akses laman resmbi GTK di http://dashboardgtk.data.kemdikbud.go.id/home.php

– Pilih menu Cek Data GTK

– Kemudian pilih daerah mulai dari provinsi, kabupaten hingga sekolah kemudian pilih Tampilkan

– Setelah menemukan identitas sekolah tempat guru honorer bertugas, selanjutnya adalah mencari nama guru dalam daftar GTK yang ada di sekolah tempat guru honorer bertugas.

Nah, itulah cara cek data guru honorer di Dapodik. Jika dalam proses pencarian, nama guru honorer belum tercantum dalam GTK Dapodik, hal utama yang harus dilakukan guru honorer adalah menghubungi petugas operator yang ada di masing-masing sekolah untuk mengajukan ke Dinas Pendidikan agar melakukan konfirmasi dan sinkronisasi data GTK di sekolah terkait untuk bisa dicantumkan dalam Dapodik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

agenda kemdikbud

News

Mekanisme Baru Penataan Tenaga Honorer 2022 Sesuai SE Menpan RB Terbaru, Tenaga Non-ASN Akan Dihapus

News

Berikut Nominal Insentif Guru Penggerak

News

Berakhir 1 Hari Lagi, Informasi Penting Tentang Pendataan Tenaga Honorer atau Non ASN
metode jingsaw

News

Inilah 6 Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Prototipe

News

Penting! MenpanRB Himbau Kepada Seluruh Guru ASN dan Non ASN Untuk Bersiap Pada Tanggal 16 Oktober 2022

News

Tahapan Refleksi Pembelajaran Berdasarkan Model Gibss

News

Upaya Pembentukan Profil Pelajar Pancasila

News

Strategi Mengembangkan Modul Projek Kurikulum Merdeka