Buruan Daftar! Diklat Gratis 35 JP ” Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat” Disini

- Editor

Rabu, 16 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Artikel populer merupakan salah satu dari berbagai macam jenis karya tulis atau karya ilmiah. Artikel ilmiah ini pada umumnya dihargai dengan menggunakan dua angka kredit. Meskipun demikian artikel ilmiah tersebut sebaiknya memenuhi kriteria tulsian ilmiah untuk pengembangan profesi guru.

Menulis artikel populer menjadi tantangan tersendiri agar bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian google. Untuk mencapai ha tersebut tentunya penulis perlu  melakukan optimasi agar google dapat menaikkan ranking pada artikel yang dibuat. Cara penulisan artikel populer yang paling umum ialah dengan memasukkan keyword yang tepat pada judul dan isi konten artikel. Dengan cara tersebut artikel yang dibuat akan terlihat lebih powerfull.

Sebagai pendidik guru juga dapat memilih jenis tulisan atau artikel sebagai karya tulis sebagai syarat untuk memenuhi angka kredit dari unsur kegiatan pengembangan profesi. Akan tetapi karya ilmiah tersebut tidak hanya sekedar untuk ditulis sampai bisa menjadi dokumen pribadi tetapi juga harus disebarkan melalui media massa seperti surat kabar, majalah, tabloid, jurnal dan sebagainya.

Koran artikel potongan yang dimuat pada media cetak digunakan sebagai bukti fisik pada saat mengajukan bahan kenaikan pangkat dari seorang guru. Kegiatan menulis ilmiah atau karya ilmiah telah menjadi suatu kewajiban bagi guru.

Menulis artikel yang teroptimasi dengan SEO merupakan salah satu strategi yang powerfull yang dapat diupayakan sebagai seorang penulis karena dengan cara ini visitor blog akan senantiasa meningkat lebih dari apa yang Kamu ekspektasikan. Dengan bantuan SEO juga artikel yang ditulis akan naik peringkat dan dibaca para penggemar setia.

Selain itu Jika seorang guru ingin menaikan pangkat/golongan menuju tingkat yang lebih tinggi guru sebaiknya mengumpulkan angka kredit tertentu dari kegiatan pengembangan profesi. Guru yang tidak melaksanakan kegiatan pengembangan profesi tersebut dapat membuat tulisan/karya tulis ilmiah bisa menjadi suatu masalah kenaikan pangkat menuju tingkat yang selanjutnya.

Berikut ini adalah 8 cara membuat artikel ilmiah yang perlu dilakukan yaitu:

1. Memilih tema tulisan

Cara membuat artikel ilmiah pertama yakni penulis harus memilih tema tulisan karena tema tulisan merupakan pokok pembahasan pada sebuah artikel. Pilihlah tema yang mudah dan sudah dikuasai.

2. Menulis dengan kerangka

Langkah kedua yaitu sebelum menulis tulislah terlebih dahulu kerangka tulisan dari artikel yang dibuat sehingga dalam hal ini penulis harus menyiapkan kumpulan kalimat penting dengan garis besar atau menyiapkan hal-hal apa saja yang hendak ditulis dengan demikian poin-poin yang dibuat menjadi kerangka artikel.

3. Membuat paragraf pembuka dengan baik

Langkah ketiga yaitu membuat kalimat yang ada di paragaf pembuka. Kalimat pembuka memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah artikel yang bertujuan untuk menarik perhatian calon pembaca.

4. Menuliskan gagasan pokok secara jelas

Langkah keempat yaitu menuliskan gagasan pokok secara jelas karena artikel populer hanya berkisar antara 2,5 sampai dengan 3,5 halaman maka dari itu tuliskanlah gagasan pokok tulisan pada bagian awal paragraph dengan demikian para pembaca bisa menangkap apa yang akan disampaikan oleh para penulis.

5. Memberikan ilustrasi yang wajar

Langkah kelima yaitu apabila penulis menulis pada sebuah blog maka ilustrasi yang menarik perlu diperlihatkan yang mana berupa gambar maupun dengan foto yang bisa menjadi pendukung ulasan pada artikel postingan. Ilustrasi yang dibuat sebaiknya juga yang wajar dan juga logis atau masuk akal.

6. Mempelajari cara dan gaya penulisan

Langkah keenam yaitu untuk membuat artikel populer maka mempelajari cara dan gaya penulisan juga penting untuk menentukan tema, judul artikel dan juga gaya penulisan. Selain itu cara dan gaya penulisan juga digunakan sebagai panduan bagi penulis untuk menerbitkan artikelnya pada media cetak yang dipilih.

Setiap media cetak memiliki cara serta gaya penyajian penulisan yang berbeda. Dengan demikian penulis harus mempelajari cara dan gaya penulisan media yang akan dituju.

7. Menutup artikel dengan paragraf yang kuat

Langkah ketujuh yaitu dalam membuat artikel sebaiknya menggunakan kalimat penutup dengan paragraf yang kuat. Dalam hal ini penulis bisa menggunakan kalimat yang berupa sebuah kesimpulan dari pembahasan artikel yang telah dibuat tersebut.

8. Menyunting artikel dengan seksama

Langkah kedelapan yaitu menyunting artikel yang telah berhasil dibuat yaitu dengan memeriksa kembali kata keseluruhannya yaitu kalimat dan paragraf serta ejaan dan tanda baca setelah itu artikel yang telah disunting akan terlihat lebih berkualitas dan juga enak dibaca.

Untuk mengoptimasi artikel pada SEO maka langkah yang dapat dilakukan yaitu :

  1. Pilih keyword Yang Tepat

Sebelum menulis artikel sebaiknya penulis mempertimbangkan keyword yang sedang trending/viral. Pertimbangan ini dapat dilihat dari kalkulasi keyword berdasarkan jumlah pencairan dan jumlah persaingan.

2. Judul Keyword Yang Full

Setelah menemukan keyword yang akan ditulis, selanjutnya tentukan judul artikel. Dalam hal ini judul wajib mengandung keyword karena berfungsi mengoptimasi SEO On-Page.

3. Perhatikan URL

Semakin pendek URL yang dibuat maka semakin baik. Algoritma google lebih menyukai URL artikel yang mengandung keyword, sehingga mereka lebih mudah mengoptimasinya.

4. Jumlah Kata

Jumlah kata yang sebaiknya ditulis dalam artikel minimal sebanyak 300 kata dan paling banyak 2.000 kata.

5. Penempatan Keyword

Penulis dapat menempatkan keyword yang tepat di awal , tengah, dan akhir paragraf.

6. Jumlah Keyword

Cara penulisan artikel populer ternyata tidak hanya berbicara tentang kualitas artikel secara konten. Melainkan penulis perlu memperhatikan jumlah keyword dalam artikel.

7. Heading Subheading

Heading subheading ini mampu mempengaruhi mesin pencarian Google dalam meningkatkan ranking blog. Heading subheading berupa daftar isi yang ada pada sebuah artikel.

8. Link Internal Dan Eksternal

Link internal dan eksternal merupakan sebuah peraturan dalam menaikkan ranking pada halaman pertama mesin pencarian.

9. Optimasi Gambar

Gambar pada artikel berfungsi sebagai penjelasan lebih rinci terkait isi konten artikel. Selain itu gambar mampu menghindarkan rasa jenuh pembaca saat membaca artikel. Akan tetapi penulis harus mengoptimasi gambar tersebut dengan melakukan rename untuk disamakan dengan judul artikel.

10. Meta Deskripsi

Buatlah meta deskripsi yang menarik agar pembaca langsung membuka artikel yang dibuat saat menemukannya pada mesin pencarian.

ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menulis artikel populer untuk kenaikan pangkat? Ikutilah Diklat  35 JP Gratis “ Menulis Artikel Poupler Untuk Kenaikan Pangkat” yang diselenggarakan oleh naikpangkat.com. Diklat ini 100% Gratis.

Daftar sekarang juga. Diklat ini dilaksanakan pada tanggal : 19-23 Februari 2022 Pukul : 19.30 WIB dengan Pemateri Spesial yaitu  Haris Suhud, S.S (Pimpinan Redaksi Media Pers Naikpangkat.com), Supiani, S.Pd., M.Pd (Instruktur e-Guru Id), Harna Yulistiyarini, S.Pd.M.Pd (Mentor Guru Juara) dengan fasilitas Sertifikat Bernama 35JP, Materi Diklat, Undangan dan Rekap Daftar Hadir, Akses Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube

Syarat Pendaftarannya yaitu

  1. Share ke 3 grup pendidikan, Join Channel Telegram Naikpangkatdotcom.
  2. Subscribe Fanspage Facebook Naikpangkat
  3. Mengisi link pendaftaran: DAFTARFREEDIKLATARTIKELPOPULER
  4. Gabung grup untuk informasi pelaksanaan diklat: FREEDIKLATARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut hubungi 6281217303580 (Erlin), 6282115985557 (Maman)

Penulis: Erlin Yuliana

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB