Home / News

Minggu, 3 Oktober 2021 - 23:56 WIB

British Council Buka Pendaftaran Gratis Pengembangan Guru Bahasa Inggris

Sebagai upaya dukungan terhadap perkembangan penggunaan Bahasa Inggris hingga ke daerah terpencil yang ada di Indonesia, British Council Indonesia membuka pendaftaran hibah Digital Innovation Grants. Penerima hibah berkesempatan mendapatkan dana sebesar £50,000 atau sekitar Rp 966 juta untuk merancang kegiatan pengembangan belajar-mengajar dan asesmen bahasa Inggris di Indonesia.

Hibah British Council Indonesia bertujuan untuk menggali inovasi dan kolaborasi dalam mendukung pengembangan profesional guru Bahasa Inggris di sekolah dan pengajar Bahasa Inggris di perguruan tinggi untuk mewujudkan dan semakin meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia hingga memiliki daya saing di tingkat global.

Hibah ini dibuka bagi kampus, ELT, dan organisasi edtech di Indonesia dan Inggris untuk bekerja sama dan mendesain, mengembangkan, menguji coba, dan mengevaluasi sumber daya pengembangan profesional guru yang potensial digunakan dalam skala nasional.

Sumber daya pengembangan profesional guru (teacher professional development/TPD) untuk mendukung guru bahasa Inggris pra-jabatan/pelatihan dan guru-guru bahasa Inggris yang bekerja di sekolah, misalnya kursus online seperti Massive Open Online Course (MOOC).

Baca Juga:  Cara Mudah Menyusun Modul Projek Kurikulum Merdeka

Sumber daya pengembangan profesional guru (TPD) untuk mendukung guru bahasa Inggris yang bekerja di daerah pedesaan dan terpencil, yaitu daerah yang membutuhkan inovasi teknologi sederhana.

Sedangkan sumber daya pengembangan profesional guru (TPD) untuk mendukung guru dan akademisi bahasa Inggris (misalnya dosen EMI) yang bekerja di Institusi Pendidikan Tinggi.

Kursus khusus untuk melatih guru bahasa Inggris teknik asesmen formatif menggunakan Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR).

MOOC yang didesain untuk melatih guru bahasa Inggris teknik untuk menggunakan teknologi dalam mengajar bahasa Inggris di kelas dan di pembelajaran jarak jauh.

Kursus untuk melatih guru bahasa Inggris dalam menggunakan tools berteknologi sederhana di kelas dan di PJJ.

Hibah British Council Indonesia Digital Innovation Grants diberikan pada 2-3 kerjasama United Kingdom dan Indonesia terpilih pada tiap kategori hibah. Namun, dana hibah hanya boleh digunakan dalam lingkup kegiatan yang berkontribusi pada belajar-mengajar dan asesmen bahasa Inggris di Indonesia. 

Dana dan proposal kerjasama dirancang untuk implementasi 2 tahun, terhitung dari Desember 2021-Maret 2023.

Baca Juga:  Segera Ditutup Pendaftaran Guru Penggerak! Simak Syaratnya

Jadwal dan Cara Mendaftar

Pendaftaran dan pengiriman proposal hibah British Council Indonesia Digital Innovation Grants dibuka hingga 9 November 2021 pukul 23.59 WIB.

Untuk bisa ikut serta dalam bantuan dana hibah dari British Council ini, maka peserta diharuskan mengakses laman resmi pendaftaran hibah untuk pengembangan Guru Bahasa Inggris di: https://www.britishcouncil.id/en/call-proposals-uk-%E2%80%93-id-partnerships-english-teacher-professional-development-digital-innovation .

British Council sendiri merupakan salah satu entitas resmi pendidikan dan kebudayaan milik pemerintah Inggris dalam program pengembangan dan pemanfaatan Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional di dunia.

Di Indonesia, British Council fokus pada pengembangan penggunaan Bahasa Inggris hingga ke seluruh pelosok wilayah Indonesia dengan bermitra bersama kampus maupun LSM serta entitas lainnya yang juga fokus terhadap seni dan budaya hingga pengembangan penggunaan Bahasa Inggris.

Dengan bantuan berupa dana hibah ini, diharapkan kualitas para Guru Bahasa Inggris khususnya yang ada di daerah terpencil memiliki kualitas dan penguasaan penggunaan Bahasa Inggris yang baik dalam hal percakapan maupun penulisan.

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/gratissx203cxfe0f-seminar-nasional-inovasi-pembelajaran-digital--interaktif-untuk-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa/

News

Tips Membuat Video Pembelajaran agar Lebih Menarik

News

Aplikasi Penting Bagi Guru Untuk Membuat Media Pembelajaran Interaktif

News

Wayang sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

News

Tunjangan Profesi Guru PPPK dan PNS, Tenyata Sangat Berbeda!

News

Peraturan PPG Pra Jabatan Model Baru 2022
https://naikpangkat.com/free-pelatihan-32jp-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-segera-mudah/

News

Wow, Ternyata Bahan Ajar Bisa Digunakan untuk Kenaikan Pangkat!
5 prinsip powerpoint david philips

News

Tips Memulai Bisnis bagi Guru dalam Menentukan Target Audience
https://naikpangkat.com/nearpod-untuk-pembelajaran-interaktif/(buka di tab baru)

News

Nearpod untuk Pembelajaran Interaktif