Home / News

Senin, 4 April 2022 - 18:57 WIB

Breaking News! Telah Dibuka Pendaftaran Beasiswa Pelatihan Bahasa Untuk Guru dan Tendik, Ini Ketentuannya

Mempelajari berbagai bahasa sangat diperlukan terutama bagi guru, karena dengan mempelajari bahasa asing seseorang akan mudah berkomunikasi dan memahami maksud dari pembicaraan orang lain dengan baik. Cara terbaik untuk mempelajari bahasa yankni dengan mengikuti pelatihan bahasa.

Pada era globalisasi abad ke-21 seperti sekarang ini, mempelajari dan mengetahui berbagai macam bahasa dapat menambah presentase kesuksesan dalam menjalani hidup, karena globalisasi ekonomi yang saat ini terjadi membuat budaya dan komunitas yang beragam dari berbagai negara di dunia menjadi lebih sering berhubungan satu sama lain.

Maka dari itu kemampuan berbahasa sangat diperlukan dalam menjalankan kehidupan di dunia.Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam mempelajari bahasa diantaranya:

1. Meningkatkan pengetahuan pada ruang lingkup global

Mempelajari beragam bahasa dan menguasainya akan membantu anda untuk memperoleh informasi tentang apa yang terjadi di dunia global. Selain itu dengan menguasai bahasa asing akan membuat anda mampu berkomunikasi dan memahami isi berita di seluruh dunia dengan berbagai macam bahasa.

2. Memperdalam pengetahuan dan pemahaman pada dunia luar

Dengan menguasai beragam bahasa dan mengikuti pelatihan bahasa membuat anda memilki wawasan luas dan memiliki rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi selain itu anda juga dapat memahami tentang apa yang sedang terjadi pada lingkungan luar.

3. Dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah

Mempelajari beragam bahasa dan mengikuti pelatihan bahasa akan membuat otak seseorang terasah dengan baik dan hal tersebut akan meningkatkan cara kerja otak yang mana berpengaruh untuk membuat seseorang lebih terbiasa dalam memecahkan suatu masalah.

4. Meningkatkan kemampuan berbicara

Apabila seseorang mempelajari suatu bahasa maka orang tersebut akan otomatis berlatih untuk membaca. Dengan latihan membaca secara rutin maka membuat seseorang terbiasa untuk meny tkita untuk membaca.

Semakin banyak seseorang membaca, maka akan terbiasa dengan susuusun sebuah kata dan kalimat sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan berbicara seseorang.

5. Meningkatkan daya ingat

Mempelajari sebuah bahasa akan membantu kemempuan berpikir dan meningkatkan daya ingat seseorang terhadap sebuah hal. Karena dengan mempelajari bahasa maka seseorang akan terlatih untuk mengingat kata sehingga akan meningkatkan daya ingat seseorang.

6. Memperluas daya pikir dan mendukung kreativitas

Mempelajari beragam bahasa akan membuat seseorang terlatih untuk membaca, mendengarkan, mengingat dan berbicara. Kegiatan tersebut akan meningkatkan kemampuan kognitif dan pengetahuan seseorang, sehingga akan mendukung seseorang untuk berpikir kreatif dan fleksibel.

Baca Juga:  3 Manfaat Besar bagi Guru Memiliki Website Pribadi

7. Meningkatkan kecerdasan

Berbicara menggunakan bahasa asing akan meningkatkan fungsi otak karena otak akan terlatih untuk mengenali, mencerna, dan mengkomunikasikan struktur bahasa lain.  Selain itu kemampuan tersebut dapat meningkatkan skill problem solving sehingga hal tersebut akan meningkatkan kecerdasan seseorang.

8. Melatih multi tasking

Seseorang yang dapat menggunakan berbagai bahasa, maka otak akan terlatih untuk beradaptasi dengan dua sistem yang berbeda di satu waktu sehingga akan membuat seseorang terbiasa dengan multitasking. 

9.Mencegah penyakit yang menyerang otak

Belajar bahasa asing dapat meningkatkan kinerja otak dan dapat menjaga kesehatan serta kemampuannya. Sehingga orang yang dapat menggunakan multi bahasa akan jarang terserang penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Menambah Kepercayaan Diri

Apabila seseorang mempelajari dan mengetahui lebih dari satu bahasa maka dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang karena ada suatu rasa bangga ketika dapat memahami tentang apa yang dibicarakan seseorang dalam bahasa asing sehingga dihargai orang lain.

Selain itu apabila seseorang mengetahui berbagai bahasa maka kesempatan untuk mengembangkan karier akan jauh lebih besar dan juga dapat menikmati kebudayaan lain, berbicara dengan lebih banyak orang serta menikmati film atau musik dalam bahasa asing.

11.Mudah mendapat pekerjaan

Di era globalisasi seperti sekarang ini, perusahaan asing mulai banyak berdiri di Indonesia. Agar perusahaan tersebut dapat bersaing, maka pekerja dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan pekerja dan investor asing. 

Dengan mencantumkan kemampuan bahasa asing di CV, seseorang akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu kesempatan mendapat beasiswa juga terbuka lebar anda mahir berbahasa asing.

Di sisi lain Kemendikbudristek membuka pendaftaran beasiswa Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bahasa bekerja sama dengan SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL). Seleksi beasiswa ini dilakukan secara daring dan diperuntukkan bagi 430 guru bahasa dan tenaga kependidikan (tendik) di Asia Tenggara melalui platform daring Altissia.

Pelatihan ini memiliki beberapa keunggulan antara lain pembelajaran kontekstual berdasarkan kebutuhan peserta, waktu, tempat belajar yang fleksibel, materi berjenjang sesuai dengan sistem CEFR, serta rekognisi melalui sertifikat internasional.

Pendidik bahasa yang ditargetkan adalah para pengajar bahasa, baik di lembaga formal (sekolah dan universitas) maupun nonformal (kursus dan privat). Selain itu, tenaga kependidikan yang ditargetkan pada program beasiswa ini meliputi kepala sekolah/madrasah, pengawas satuan pendidikan, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan teknisi.

Selain peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, Jerman, Portugis, Prancis dan Spanyol yang nantinya akan dilatih selama 3 bulan pelatihan, para peserta juga berkesempatan untuk memperkaya wawasan melalui webinar dengan topik relevan dan terkini.

Baca Juga:  Kurikulum 2022, Guru Sertifikasi Tidak Wajib Lagi Mengajar 24 Jam

Untuk pendaftaran beasiswa Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bahasa ini dibuka hingga dimulai tanggal 21 Maret – 7 April 2022.

A. Keuntungan Beasiswa

1. Kebutuhan peserta, waktu, dan tempat belajar yang fleksibel.

2. Materi berjenjang yang sesuai dengan sistem CEFR.

3. Rekognisi melalui sertifikat internasional.

4. Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, Jerman, Portugis, Prancis, atau Spanyol selama 3 bulan pelatihan.

B. Kriteria Guru Bahasa dan Tendik

1. Para pengajar bahasa, baik di lembaga formal (sekolah dan universitas) maupun nonformal (kursus dan privat).

2. Tendik yang meliputi kepala sekolah/madrasah, pengawas satuan pendidikan, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan teknisi.

C. Kriteria Umum

1. Bekerja di salah satu negara di kawasan Asia Tenggara: Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Filipina, Timor Leste, dan Vietnam.

2. Mampu menggunakan bahasa Inggris untuk tujuan komunikasi sederhana (lisan dan tulis).

3. Memiliki komputer/laptop/tablet/smartphone yang dilengkapi dengan jaringan internet yang baik.

4. Mampu mengoperasikan fitur-fitur komputer dengan baik, seperti mengetik teks, mengunggah dan mengunduh audio/gambar/video, mengakses internet, dan sebagainya.

5. Bersedia menggunakan aplikasi Telegram untuk tujuan komunikasi selama periode pelatihan.

6. Bersedia melakukan tes penempatan dan melampirkannya pada saat registrasi secara daring.

7. Bersedia melengkapi surat pernyataan dan persetujuan untuk mengikuti seluruh kegiatan selama pelatihan berlangsung dan melampirkannya pada saat registrasi secara daring.

D. Prosedur Pendaftaran

1. Melakukan tes penempatan dengan link https://s.qiteplanguage.org/placement_test lalu simpan hasilnya.

2. Mengunduh format surat pernyataan dan persetujuan melalui tautan https://s.qiteplanguage.org/Form_Letter. Lengkapi form dan simpan dalam format pdf (maksimal 10 mb).

3. Melengkapi formulir pendaftaran dengan melampirkan hasil tes penempatan, surat pernyataan, dan surat persetujuan dengan link https://s.qiteplanguage.org/Reg_onlinetraining.

E. Timeline Kegiatan

1. Tes penempatan dan pendaftaran: 21 Maret – 7 April 2022

2. Pengumuman peserta terpilih: 13 April 2022

3. Webinar pembukaan pelatihan: 20 April 2022

4. Pelatihan menggunakan platform daring: 20 April – 13 Juli 2022

5. Tes akhir: 13-20 Juli 2022

6. Penutupan: 22 Juli 2022

Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Guru Untuk Menjadi Pendidik Yang Hebat Dengan Mendaftarkan Diri Anda Sebagai Member e-Guru.id dan Dapatkan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Serta Berbagai Bonus Lainnya. Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon 50%

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/terbatas-diklat-bersertifikat-64jp-guru-inovatif-dengan-doorprize-menarik/

News

Langkah-langkah dalam Menentukan KKM
budaya lokal

News

Tips Meningkatkan Apresiasi Peserta Didik Terhadap Budaya Lokal

News

Manfaat Perangkat Pembelajaran serta Cara Penyusunannya yang Benar
ujian akm

News

Persiapan Menghadapi Ujian AKM untuk Siswa

News

Total Hadiah 3 Juta! Ikuti Lomba Video Puisi Online dari e-Guru.id

News

Apa fungsi Kurikulum Pendidikan Sebenarnya?

Kenaikan Pangkat

Mekanisme Penambahan Poin Kenaikan Pangkat Guru PNS

News

Materi Kesadaran Lingkungan Masuk Kedalam Kurikulum Prototipe 2022