Home / Opini

Kamis, 2 September 2021 - 02:38 WIB

Belajar Online Jadi Lebih Menyenangkan dengan Aplikasi Classpoint

Sistem pendidikan di Indonesia mengalami banyak perubahan disebabkan karena adanya pandemi Covid-19.  Belajar yang awalnya bisa dilakukan dengan tatap muka, sekarang harus online.

Dalam pelaksanaan pembelajaran online yang sering terjadi adalah masalah kebosanan yang terjadi pada siswa. Namun hal itu bisa diatasi dengan pembelajaran menggunakan aplikasi Classpoint.

Dikutip dari Scormatika.bogspot.com, Classpoint merupakan sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Jadi, jika Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut harus mengunduhnya terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya secara gratis melalui www.classpoint.io. 

Classpoint bukan sebuah aplikasi yang dapat berjalan sendiri.. Melainkan, ketika Anda memasang perangkat lunak tersebut pada komputer Anda, ia akan langsung terintegrasi dengan PowerPoint yang sudah terpasang pada komputer Anda. Jadi, dapat dikatakan bahwa Classpoint ini merupakan plug-in untuk PowerPoint. 

Aplikasi ini akan terintegrasi dengan PowerPoint, sehingga Anda tak perlu banyak belajar untuk menggunakannya. Aplikasi tersebut juga memberikan sejumlah fitur untuk membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan dapat meningkatkan engagement antara siswa dengan materi pelajaran.

Dengan Classpoint ini, guru juga bisa membuat kuis yang menarik, dan juga membuat coretan-coretan layaknya menulis di papan tulis. 

Terbukti, Classpoint  dapat menghidupkan kelas virtual yang saya lakukan. Peserta didik bisa melakukan interaksi secara langsung dengan saya seperti dalam kelas tatap muka. Hal ini membuat peserta didik lebih antusias dalam belajar daring, sehingga dapat mengurangi kejenuhan pembelajaran jarak jauh yang sering mereka rasakan selama ini.

Pelaksanaan pembelajaran online menyenangkan di masa pandemi seperti ini wajib dilakukan. Pembelajaran yang menyenangkan adalah suatu proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan mengesankan. Sehingga dari suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan tersebut akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal.

Nah, salah satu cara membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan adalah dengan aplikasi Classpoint tersebut.

Yang terjadi selama ini, masih banyak pembelajaran daring yang terkesan dipaksakan karena kondisi pandemi. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan banyak keluhan, baik dari kalangan peserta didik, orang tua, bahkan dari pihak guru sendiri.

Kondisi yang seperti ini banyak menuntut peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri, menuntut orang tua untuk lebih perhatian terhadap proses belajar putra-putrinya, dan para pendidik dituntut untuk lebih inovatif dalam memberikan pembelajaran agar pelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik.

Selain itu kelas daring yang berlangsung juga sering minim interaksi. Masalah tersebut dapat disebabkan oleh guru yang tidak terampil dalam mendayagunakan teknologi sebagai media belajar kreatif. Sehingga pembelajaran akan membuat peserta didik jenuh. Di sisi lain, tidak adanya interaksi langsung dengan guru dan teman saat pembelajaran daring juga menjadi pemicu munculnya kejenuhan peserta didik.

Untuk mengurangi kejenuhan dalam belajar, para pendidik harus menemukan cara yang efektif. Di antaranya solusinya adalah menggunakan aplikasi Classpoint yang telah dijelaskan di atas.

Ditulis oleh Mimin Yusfini, S.Pd (Guru Kelas VI di UPT SD Negeri 23 Gresik)

Share :

Baca Juga

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Farida Andriani
guru idaman siswa

Opini

Menjadi Guru IDAMAN Siswa di Sekolah
photo of child s hand playing clay

Opini

Pentingnya Belajar Sambil Bermain
kebersihan sekolah

Opini

Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Nyaman dan Asri dengan Adiwiyata

Opini

Urgensi Pembelajaran Tatap Muka bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi
memberi motivasi siswa

Opini

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring
https://naikpangkat.com/ruang-lingkup-program-sekolah-penggerak/

Opini

IB Tricks, Solusi Belajar Daring Anti Boring untuk Mapel Bahasa Inggris

Opini

Iman, Imun dan Virus Corona