Home / Pelatihan Guru / Pengembangan Diri

Senin, 4 Oktober 2021 - 07:18 WIB

Apakah Anda Sudah Mampu Mengoptimalkan WhatsApp untuk Pembelajaran Jarak Jauh?

Whatsapp – Kian hari, tantangan dunia pendidikan semakin kompleks. Hal ini mulai terasa ketika pandemi mulai menyerang. Di mana, seluruh komponen pendidikan diharuskan untuk berpikir lebih dalam untuk menangani permasalahan tersebut, hingga akhirnya muncullah berbagai macam inovasi pendidikan yang memang masih sangat memungkinkan untuk diterapkan di era pandemi seperti saat ini.

Tentu, setiap tenaga kependidikan memiliki strategi dan juga model yang berbeda-beda. Bahkan, antara satu sekolah dengan sekolah lainnya juga pasti memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dan hal ini tentu bukanlah sebuah permasalahan yang serius, karena bagaimanapun, hanya guru dan di sekolah yang mengetahui model dan jenis pembelajaran seperti apa yang dibutuhkan oleh para siswa.

Jika diperhatikan, tidak sedikit para guru yang memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran. Salah satu media sosial yang kerap digunakan adalah WhatsApp, atau yang biasa dikenal dengan WA. Media sosial satu ini memang tergolong sangat sederhana, karena apabila dibandingkan dengan media sosial yang lain, fitur-fitur di dalamnya terbilang sangat terbatas. 

Baca Juga:  Pelatihan Membuat Penelitian Tindakan Sekolah

Namun, dengan keterbatasan tersebut, aplikasi satu ini tetap memungkinkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang optimal. Dengan catatan anda mengetahui cara mengoptimalkannya.

Kini sudah ada ebook yang membahas bagaimana cara optimasi WA untuk media pembelajaran dan penilaian otomatis. Hal ini tentu akan sangat mempermudah dan membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai macam tugas di sekolah.

Selain itu, ebook di atas juga hadir untuk menjadi solusi yang sangat tepat bagi berbagai macam permasalahan pendidikan jarak jauh, seperti rasa jenuh yang dialami oleh para guru dan siswa, kemudian jaringan internet yang tidak stabil, menurunnya minat belajar siswa, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jika Anda saat ini ini sudah menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran, namun masih merasa belum optimal, tentu akan lebih baik jika Anda mencoba ebook tersebut di atas.

Karena di dalamnya terdapat berbagai macam materi menarik yang dapat Anda praktikkan ketika akan mengajar. Di mana, materi-materi tersebut bisa menjadi strategi mengusir kejenuhan yang dialami oleh peserta didik atau bahkan Anda sendiri.

Baca Juga:  Tips Membuat Video Pembelajaran Media Animasi Powerpoint

Harganya e-book optimasi WhatsApp untuk pembelajaran di atas tergolong cukup terjangka, kemudian proses pembeliannya juga sangat mudah. Dengan menggunakan ebook ini, ada berbagai keuntungan yang akan Anda peroleh, seperti keterampilan menggunakan aplikasi WhatsApp auto reply dan sinkronisasi soal secara otomatis ke siswa.

Selain itu, Anda akan bisa membuat skor nilai yang muncul secara otomatis pada WA auto reply. Ini dapat digunakan untuk berbagai jenis soal, seperti pilihan ganda, soal, isian, soal benar salah dan sebagainya. 

Manfaat yang selanjutnya adalah pengetahuan terakit pemanfaatan Google Drive untuk media penyimpanan hasil kerja siswa; bagaimana memanfaatkan Google spreadsheet untuk pembuatan soal dan mengintegrasikan ke WA auto-reply, dan masih banyak manfaat lainnya.

Untuk materinya sendiri di antaranya dibagikan dalam bentuk video, sehingga akan sangat membantu Anda dalam memahami setiap materi dan mempraktikkannya ketika proses pembelajaran dimulai.

SEGERA GABUNG DENGAN E-COURSE “OPTIMASI WHATSAPP UNTUK PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTOMATIS” MELALUI LINK INI ATAU KLIK PADA POSTER DI BAWAH:

Share :

Baca Juga

News

Review Materi ke 4 Diklat Gratis 35JP “Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat

Pelatihan Guru

Segera Daftar Seminar Nasional Gratis dan Bersertifikat: Memaknai Capaian dan Alur Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka!

Pelatihan Guru

Mengapa Membuat Profil Sekolah Penting?

Advertorial

Download Materi Webinar Gratis Implementasi Literasi dan Numerasi

News

Cek Informasi Sertifikat! Diklat 40JP Adaptasi Kurikulum Merdeka
teknis pelaksaan tes diagnostik

Pengembangan Diri

Manfaat Pembelajaran Diagnostik Berbasis Sumber Daya Manusia
gogole classroom

Karya Inovatif

Google Classroom: Solusi Guru Mengajar di Masa Pandemi

Pelatihan Guru

Workshop Spesial 35JP: Mudah & Cepat Menyusun Karya Tulis Inobel