Apa Pengertian e-learning Beserta Jenis-Jenisnya?

- Editor

Senin, 31 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Apa Pengertian e-learning, sesuai definisinya, e-learning berfungsi sebagai pengiriman konten pendidikan (elektronik) melalui media komputer dan jaringannya ke penerima dengan cara yang memungkinkan interoperabilitas aktif dengan konten dan fungsionalitas tersebut, dan dengan aplikasi bersamaan atau asinkron dan kemampuan untuk menyelesaikannya.

Pembelajaran dengan e-learning atau pembelajaran elektronik tidak terbatas dalam waktu, tempat, dan kecepatan tergantung pada kondisi dan kapasitas, serta kemampuan mengelola pembelajaran ini juga melalui media sarana lain.

E-Learning Secara Konsep

Konsep e-Learning kemudian muncul, yaitu metode pedagogis untuk memberikan informasi kepada siswa, berdasarkan teknologi matematika terkini, informasi global dan jaringan multimedia, sekolah dialog, diskusi dan kelas virtual.

Namun, bidang e-learning dan solusinya tidak akan berhasil tanpa fondasi pendidikan tradisional saat ini. Yang terakhir melakukan banyak tugas secara tidak langsung atau tidak mencolok kepada orang yang lewat, di mana waktu dan kehadiran siswa penting, yang secara tidak langsung mentransmisikan nilai-nilai pendidikan dan mempromosikan semangat tim.

Berbagai layanan, seperti mendapatkan gelar master secara online atau memberikan sertifikat teknis untuk programmer, profesional TI dan fitur menarik lainnya,

menggunakan media elektronik seperti komputer dan jaringan untuk menyampaikan informasi kepada penerima, memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan konten ini dan dengan guru dan teman sebaya sehingga pembelajaran ini dapat dikelola melalui kemudahan ini. Tujuannya adalah untuk mempelajari manfaat e-learning dalam pengajaran matematika.

Jenis-JenisE-Learning

1. The Direct E-Learning atau The Synchronous E-Learning, merupakan metode dan teknik pembelajaran didasarkan pada jaringan informasi global, memungkinkan siswa dan guru untuk secara bersamaan berkomunikasi dan bertukar topik pendidikan dan penelitian menggunakan materi waktu nyata seperti (obrolan waktu nyata), atau yang disebut virtual. Salah satu hal yang menyenangkan tentang gaya ini adalah siswa dapat memperoleh umpan balik langsung dari guru mereka untuk membantu mereka belajar.

2. E-Learning tidak langsung atau Asynchronous E-Learning, adalah ketika seorang siswa mengambil kursus atau pelajaran sesuai dengan program pembelajaran, gunakan berbagai metode e-learning seperti email dan video untuk memilih waktu dan tempat yang tepat untuk situasi tersebut.

Pelatihan ini tergantung pada waktu yang dihabiskan siswa untuk mencapai keterampilan yang menjadi tujuan pelajaran. Keuntungan dari tipe ini adalah pembelajar mendapatkan pembelajaran sesuai dengan waktu dan usaha yang tepat yang ingin dia investasikan, dan siswa dapat meninjau materi dan merujuknya secara elektronik sesuai kebutuhan.

Kelemahan utama adalah bahwa siswa tidak dapat memperoleh umpan balik dari guru atau guru hanya pada saat penulisan. Setelah menyelesaikan suatu kursus atau program, kebanyakan pembelajaran bersifat sepihak dan pelajar perlu dimotivasi untuk belajar.

Contoh Penggunaan E-Learning

E-learning menurut Bosman dalam Abed (2019), terdiri dari beberapa kelompok salah satunya adalah berikut ini:

1. Video conferencing atau Video conferences

Teknologi ini menghubungkan supervisor akademik dengan siswa mereka di lokasi yang berbeda dan jarak jauh melalui jaringan televisi berkapasitas tinggi, dan setiap siswa dapat ditempatkan di lokasi tertentu, dapat melihat dan mendengar dari para ahli dan cendekiawan. tutor dengan peralatan ilmiah, dan juga dapat mengajukan pertanyaan dan masalah dengan tutor.

Teknologi ini mirip dengan pengajaran di kelas, kecuali bahwa siswa berada di lokasi yang berbeda dan jauh dari satu sama lain. sehingga memastikan dua tujuan: memperluas akses ke pusat sumber informasi dan memfasilitasi kolaborasi antara ulama dan pertukaran pengalaman, sehingga mewujudkan proses pendidikan.

2. Ruang Kelas Virtual

Mirip dengan kelas tradisional dalam hal guru dan siswa, tetapi tidak lekang oleh waktu dan peka terhadap ruang, World Wide Web memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran kolaboratif dengan menciptakan lingkungan belajar virtual di mana siswa dapat berkumpul melalui jaringan. Situasi di mana siswa menjadi pusat belajar dan menghasilkan pemahaman dan pemahaman.

Guna menambah pengetahuan pendidik wajib baca berbagai literasi, serta dapat mengikuti berbagai pelatihan, salah satunya pelatihan memahami kebijakan kurikulum prototipe dan latihan merancang pembelajarannya. DAFTAR SEKARANG!

More Info:
https://wa.me/6285161610200

Berita Terkait

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya
 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2
Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?
Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur
Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru
30 Soal MOOC dan Jawaban Evaluasi Akademik PPPK 2024 Terbaru
Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 1
Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Database BKN Masih Ada Kesempatan Jadi Guru PPPK 2024
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 5 Juli 2024 - 20:23 WIB

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya

Kamis, 4 Juli 2024 - 10:20 WIB

 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2

Rabu, 3 Juli 2024 - 15:06 WIB

Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?

Rabu, 3 Juli 2024 - 14:23 WIB

Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur

Rabu, 3 Juli 2024 - 12:42 WIB

Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru

Berita Terbaru

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 18:16 WIB

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 12:00 WIB

Langkah - Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Langkah – Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Jumat, 12 Jul 2024 - 14:38 WIB