Home / News

Senin, 23 Agustus 2021 - 23:59 WIB

Apa Bedanya antara Guru Honorer dan Guru PNS?

Menjadi guru PNS mungkin adalah impian setiap guru. Meski memiliki kewajiban utama yang sama dengan guru honorer, yakni mengajar anak-anak di sekolah, tapi nyatanya guru honorer dan PNS memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Guru honorer adalah guru atau pegawai baik yang bersifat dari pemerintah atau non-pemerintah.  Jadi guru honorer adalah pegawai yang belum atau tidak diangkat sebagai pegawai tetap. Dan sebenarnya penghasilan yang diterima guru honorer bukan gaji melainkan honorarium. Biasanya gaji guru honorer sama dengan pekerja swasta sebab bukan termasuk ASN.

Sedangkan guru PNS merupakan guru yang dijamin pemerintah. Maka dari itu, profesi guru PNS menjadi incaran masyarakat sebab kesejahteraannya sudah dijamin oleh pemerintah. Bahkan meski sudah pensiun, guru PNS tetap akan mendapatkan gaji.

Baik guru PNS maupun guru honorer harus memiliki keterampilan mengajar yang baik. Ironis jika kedua guru ini mendapatkan perlakuan yang berbeda dari pemerintah.

Baca Juga:  Peningkatan Growth Mindset Siswa dengan Pembelajaran Inovatif

Dan berikut ini beberapa perbedaan guru honorer dan guru PNS yang perlu Anda ketahui:

Gaji Yang Diterima

Perbedaan yang sangat jelas antara guru honorer dan guru PNS adalah gaji yang diterima. Gaji pokok untuk guru PNS adalah 1-3 juta rupiah di setiap bulannya berdasarkan pangkat dan golongan. Guru PNS juga akan mendapatkan tunjangan dengan nominal yang cukup besar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan guru honorer, gaji yang didapatkan terbilang kecil. Bahkan sangat jauh dari UMR. Kebanyakan guru honorer mendapatkan gaji hanya 300 ribu rupiah di setiap bulannya. Itupun biasanya ada yang dibayar 3 bulan sekali. Guru honorer di desa bahkan bisa mendapatkan gaji yang jauh lebih kecil dari yang disebutkan. Bahkan ada pula yang tidak dibayar.

Sumber Gaji

Selain nominal gaji yang berbeda, perbedaan kedua antara guru honorer dan PNS adalah pada sumber gajinya. Gaji dan tunjangan PNS asalnya dari APBN. Biasanya setiap daerah juga akan memberikan tunjangan untuk para guru PNS. Sementara untuk gaji honorer bersumber dari sekolah itu sendiri. Karena itu gaji yang diterima guru honorer biasanya jauh lebih kecil.

Baca Juga:  Tips Sukses Pembelajaran Daring Jadi Lebih Optimal

Seragam yang Dikenakan

Perbedaan ketiga terdapat pada seragam yang dikenakan. Jika guru PNS diwajibkan untuk mengenakan seragam tertentu, tidak halnya dengan guru honorer. Biasanya guru honorer tidak memiliki seragam dan itulah yang membuatnya sangat berbeda dengan guru PNS.

Jadi itulah beberapa perbedaan antara guru honorer dan guru PNS yang membuat banyak orang lebih memilih menjadi guru PNS karena umumnya lebih dihormati dan dihargai. Tapi meski begitu, guru tetaplah profesi yang mulia sehingga semua orang wajib menghormatinya apapun statusnya.

Apakah pendapat di atas benar? Tuliskan tanggapan Anda di kolom komentar!

 

Share :

Baca Juga

pelajaran matematika

News

Alternatif Pengganti PR untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik

News

Sudahkah Kamu Tahu? Simak Penjelasan Mengenai Profesionalisme Guru Dan Manfaat Komunitas Praktisi!

News

Kualifikasi PPG Pra Jabatan Model Baru dan 2 Jenis Tahapannya

News

Asesmen Autentik : sebagai Alternatif Meningkatkan Keterampilan Kognitif Tingkat Tinggi

News

Download Format SKP Terbaru 2022

News

Merdeka Belajar Episode 22 : Guru Wajib Tahu Transformasi Seleksi Masuk PTN Untuk Peserta Didik

News

Cara Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Simak Penjelasannya

News

Desain Pembelajaran Ala Kekinian, Generasi Z Pasti Ketagihan!