Guru vs Pandemi

- Editor

Sabtu, 29 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh Mutmainnah

Saya merupakan seorang tenaga pengajar yang memiliki dua anak yang masih duduk di tingkat SD di wilayah yang cukup terpencil.  Akses informasi dan teknologi masih sangat terbatas.  Aksesibilitas untuk sampai dari satu tempat ke tempat lainnya juga masih cukup susah. 

Berbeda dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di perkotaan, yang tentu segala sarana dan prasarana sudah berkembang dengan baik. Sehingga dalam pemilihan solusi terhadap permasalahan yang ada akan lebih cepat dan mudah. Akan tetapi, bagi kami di tempat terpencil, kegiatan belajar mengajar jarak jauh menjadi sangat kompleks.  

Persoalan-persoalan yang ada, khususnya terkait keadaan ekonomi keluarga siswa, menjadi kendala terbesar. Di daerah kami, notabene rata-rata orang tua siswa mencari nafkah dengan melaut (nelayan), yang bergantung pada kondisi cuaca dan musim.  Jangankan untuk membeli kuota internet, untuk makan sehari-hari saja sangat sulit.  

Bantuan dari pemerintah untuk penyediaan kuota data untuk para pelajar memang ada, tapi jumlah dan aksesibilitas untuk mendapatkan jaringan sangat susah. Kemampuan peserta didik dalam memperoleh kuota internet serta fasilitas-fasilitas belajar online lainnya menjadi kendala yang paling mendasar bagi kami tenaga pengajar dan anak didik.  

Persoalan lain yang muncul pada saat pembelajaran di masa pandemi ini adalah tenaga pendidik atau tenaga pengajar memiliki kemampuan yang sangat terbatas  dalam menggunakan teknologi. Untuk itu, kami sebagai tenaga pengajar harus menyisihkan waktu dan biaya agar dapat mengikuti pelatihan sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.  

Semua itu membutuhkan manajemen waktu. Sebab, selain sebagai guru untuk sekolah kami juga harus memperhatikan kebutuhan belajar anak-anak kami sendiri di rumah.  Seringkali penerapan disiplin kepada anak didik kami tidak lagi kami perhatikan karena kondisi-kondisi tersebut. 

Sementara itu, kami tahu bahwa keteladanan seorang guru adalah sesuatu yang penting. Namun itu seolah tersisihkan karena proses pendampingan dan pengawasan langsung dari guru sudah tidak ada lagi.  Dan ketergantungan anak didik terhadap keberadaan handphone semakin besar. 

Ketika pembelajaran jarak jauh harus menggunakan alat elektronik seperti itu, terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran, mulai dari godaan untuk menonton video, games, mengakses media sosial, hingga mengakses konten-konten yang kurang bermanfaat.  

Dialog antara guru dan siswa yang biasanya dilakaukan secara langsung kini ikut berubah, dari yang nyata menjadi maya. 

Kami sebagai guru selalu berharap agar  pandemi Corona segera berakhir.  Kami kangen mendidik anak didik kami, bercanda, dan bercengkrama, mendampingi  anak-anak secara nyata. 

Dari segi manfaat, dilakukannya pembelajaran jarak jauh ini memang mampu mendorong proses pendidikan di tanah air ke arah digitalisasi. Namun di sisi lain, terdapat permasalahan pembelajaran jarak jauh di antaranya adalah belum meratanya akses jaringan internet, sarana yang belum memadai, mahalnya biaya kuota internet, belum meratanya penguasaan IPTEK di kalangan pendidik atau guru, belum siapnya pelaksanaan proses belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran jarak jauh, dan kesulitan orang tua dalam mendampingi anak-anaknya menjadi kendala yang ditemui selama proses pembelajaran jarak jauh ini. 

Kondisi ini membuat para guru harus berupaya untuk kreatif membuat bahan ajar yang dapat dipahami oleh anak didik, walaupun tidak dilakukan dengan tatap muka. Dibutuhkan inovasi khususnya oleh pihak guru dan sekolah dalam memanfaatkan keadaan yang serba terbatas ini. 

Selain itu, masa pandemi ini memiliki hikmah untuk membuat gerakan agar semua orang bisa menjadi guru untuk anak-anak agar proses pendidikan tidak terhenti meskipun terdapat berbagai kendala.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru