Bosan Mengajar? Coba Lakukan 6 Hal Ini untuk Menumbuhkan Semangat Mengajar Kembali

- Editor

Rabu, 25 Januari 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebagai seorang guru tugas utama kita adalah mengajar, mendidik, membimbing, melakukan evaluasi, dan seterusnya. Ketika hal itu dilakukan terus menerus, wajar apabila rasa bosan mengajar kemudian menghampiri. Apabila rasa bosan muncul, kemalasan pun mulai menyelimuti, sehingga untuk beranjak berangkat ke sekolah untuk mengajar pun terasa berat. 

Rasa bosan mengajar tentu saja adalah suatu hal yang normal yang pernah dialami oleh seluruh pendidik. Sebab kita harus melakukan hal yang sama setiap hari dan berulang-ulang. Namun rasa bosan tersebut tidak sepatutnya mengurangi produktivitas kita sebagai guru. 

Rasa bosan yang hadir dapat diatasi dengan beberapa cara. Misalnya, mengambil waktu sejenak untuk libur dari aktivitas mengajar selama beberapa waktu tertentu. Bisa juga dengan cara lain seperti menuangkan hobi atau mengerjakan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan mengajar. 

Rasa bosan sendiri dalam diri seorang guru dapat disebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama bisa jadi karena pekerjaan yang berulang dilakukan. Bisa juga karena rasa stres yang menumpuk sehingga membebani pikiran seorang guru yang akhirnya membuat malas untuk mengajar. 

Rasa kebosanan tersebut tentu saja dapat diatasi, sehingga kita sebagai guru dapat kembali memiliki semangat menjalani aktivitas yang sudah menjadi kewajiban kita sebagai pendidik. 

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa bosan mengajar sehingga jiwa semangat mendidik kembali tumbuh. Dan misi mencetak generasi yang mumpuni pun dapat terpenuhi. 

Istirahat Sejenak

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa bosan mengajar adalah mengambil waktu sejenak untuk istirahat. Waktu istirahat ini bisa kita gunakan untuk tidur atau berlibur ke suatu tempat yang membuat hati merasa senang. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa bosan dapat disebabkan oleh rasa lelah yang telah menumpuk di dalam diri. Sehingga rasa lelah tersebut dapat diobati dengan cara isitriahat. 

Jika Anda merasakan kebosanan yang disebab oleh kelelahan fisik, maka disarankan untuk menggunakan waktu istirahat untuk tetap di rumah dan memanfaatkan waktu yang ada untuk mengistirahatkan fisik. 

Namun jika lelah tersebut disebabkan oleh pikiran, maka obat yang paling manjur adalah pergi ke suatu tempat yang dapat memberikan kesenangan dan memberikan suasana baru. 

Kenali Sumber Stres

Jika kita mengalami rasa bosan yang disebabkan oleh stres, kita tidak boleh membiarkan sumber stres tersebut bertahan di dalam pikiran kita. Oleh karena itu, cari sumber stres yang ada lalu pecahkan masalahnya. 

Banyak hal yang dapat membuat guru stres kemudian semangat mengajar menjadi surut. Contohnya adalah terlalu banyak tugas namun belum terselesaikan, itu semua bisa membuat pikiran stres. 

Jika hal demikian yang menjadi sumber masalah, maka tugas yang menumpuk tersebut harus segera dipecahkan. Tidak lain, caranya adalah dengan cara mengerjakannya satu per satu. 

Kewajiban atau tugas yang menumpuk jika hanya dipikirkan saja memang akan terasa berat. Namun ketika sudah dikerjakan satu per satu, sebenarnya tidak akan seberat yang dibayangkan. 

Oleh sebab itu, apapun bentuk stres yang melanda, perlu dicari sumbernya. Lalu dipecahkan masalahnya. Jika semua teratasi, maka semuanya akan lebih terasa ringan. 

Terhubung dengan Rekan Guru

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan mengajar adalah tetap berhubungan dengan rekan guru. Dari rekan-rekan ini, seringkali kita mendapatkan inspirasi atau dorongan untuk melakukan hal-hal yang seharusnya kita lakukan. Jika kita beruntung, akan ada rekan yang bersedia membantu untuk mengatasi rasa bosan yang kita alami. 

Jika Anda ingin menjalin atau menemukan relasi baru dengan profesi yang sama, yaitu profesi guru, Anda dapat menemukan komunitas guru dengan mudah di internet. Anda bisa bergabung dengan komunitas atau grup di media sosial seperti Facebook dan lain sebagainya. Di dalam komunitas tersebut, Anda bisa mencari sumber inspirasi atau teman bercerita untuk menumbuhkan kembali semangat mengajar yang sedang redup. 

Salah satu rekomendasi grup komunitas guru yang ada di Facebook adalah e-Guru.id. Di grup tersebut, Anda dapat mengenal guru dari berbagai penjuru negeri. Di grup tersebut, Anda juga dapat menemukan info-info pelatihan untuk guru yang dapat diikuti dari mana saja karena dilaksanakan secara online. 

Halaman Selanjutnya

Mengerjakan Hobi….

Berita Terkait

Jangan Salah Upload! Ini Persyaratan Administrasi untuk 4 Kategori Pelamar PPPK Guru Tahun 2024
Seleksi PPPK Akan Dibuka Mulai 27 September 2024? Simak Keterangan Selengkapnya!
Menjelang Pencairan TPG Tw 3, Tampilan Info GTK Anda ada Yang Berubah? Ini Penjelasannya
10 Kode Proses Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan  Tahun 2024, Cek Info GTK Anda!
Wajib Simak, Ini Ketentuan dan Tautan Lapor Diri PPG Bagi Guru Tertentu 2024 Tahap 3
Resmi Telah Dibuka PPG Bagi Guru Tertentu 2024 Tahap 3, Cek Akun SIMPKB Anda Sekarang!
Telah Berlaku Aturan Baru Seragam Dinas ASN bagi PNS Maupun PPPK Tahun 2024
Ini Pelamar Prioritas PPPK Guru 2024 yang Diangkat Tanpa Tes! Cek Nama Anda
Berita ini 64 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 3 Oktober 2024 - 10:38 WIB

Jangan Salah Upload! Ini Persyaratan Administrasi untuk 4 Kategori Pelamar PPPK Guru Tahun 2024

Senin, 23 September 2024 - 11:47 WIB

Seleksi PPPK Akan Dibuka Mulai 27 September 2024? Simak Keterangan Selengkapnya!

Jumat, 20 September 2024 - 11:25 WIB

Menjelang Pencairan TPG Tw 3, Tampilan Info GTK Anda ada Yang Berubah? Ini Penjelasannya

Jumat, 20 September 2024 - 10:37 WIB

10 Kode Proses Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan  Tahun 2024, Cek Info GTK Anda!

Kamis, 19 September 2024 - 11:58 WIB

Wajib Simak, Ini Ketentuan dan Tautan Lapor Diri PPG Bagi Guru Tertentu 2024 Tahap 3

Berita Terbaru

Unduh Sertifikat Pendidikan 32 JP Gratis