Memahami Kolaborasi Antar Mata Pelajaran, Tujuan dan Tahapannya dalam Mendukung P5 

- Editor

Selasa, 11 Oktober 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kolaborasi Antar Mata Pelajaran – Kolaborasi antar mata pelajaran memiliki banyak sekali keunggulan yang dapat mendukung implementasi Proyek Profil Pelajar Pancasila,  kegiatan ini tidak jauh- jauh kaitannya dengan Project Based Learning.

Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning tidak harus berdiri sendiri pada satu bidang studi tertentu tetapi dapat juga gabungan dari berbagai mata pelajaran.

Kolaborasi Antar Mata Pelajaran  juga akan mempermudah peserta didik dalam pengerjaan dan tidak banyak menyita waktu, sebab gabungan pelajaran dapat disatukan untuk menghasilkan sebuah proyek.

Salah satu strategi pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum 2013 untuk merangsang supaya siswa aktif, kreatif, inovatif dan mampu bekerjasama dalam kegiatan pembalajaran adalah Model pembelajaran Project Based Learning.

Pengertian Project Based Learning

Sebelum kita berbiacara jauh mengenai kolaborasi anatar mata pelajaran dalam pembelajaran projek profil pelajar pancasila, kita perlu mengetahui makna Project Based Learning. Salah satu strategi pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum Merdeka untuk merangsang supaya siswa aktif, kreatif, inovatif dan mampu bekerjasama dalam kegiatan pembalajaran adalah Model pembelajaran Project Based Learning.

Menurut pengertian di atas, Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai langkah awal pembelajaran, pembelajaran dilakukan secara sistematik untuk mengeksplor peserta didik dan mengikut sertakan peserta didik dalam proses pembelajaran dimana peserta didik dituntut untuk bisa kreatif dan bekerjasama, di akhir pembelajaran peserta didik dapat menghasilkan suatu produk sebagai hasil kegiatan pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning tidak harus berdiri sendiri pada satu bidang studi tertentu tetapi dapat juga gabungan dari berbagai mata pelajaran, ini juga akan mempermudah peserta didik dalam pengerjaan dan tidak banyak menyita waktu, sebab gabungan pelajaran dapat disatukan untuk menghasilkan sebuah proyek.

Kolaborasi guru antar mata pelajaran dalam pembuatan proyek ini selain mempercepat tercapainya tujuan pembelajaran juga membuat peserta didik lebih kreatif, inovatif, memudahkan membimbing siswa, bisa mengurangi beban kerja guru karena siswa dibimbing oleh beberapa guru yang berbeda mata pelajaran. Tentunya akan terasa melelahkan jika guru hanya sendiri membingbing siswa dalam kegiatan pembelajaran, selain itu juga untuk menekan biaya yang terlalu tinggi dalam pembuatan proyek.

Adapun bahwa rancanngan menngenai adanya kolaborasi antar mata pelajaran di dalam implementasi P5 tentu saja memiliki tujuan tertentu. Apa saja tujuan yang simaksud tersebut? Yuk simak selengkapynya berikut ini.

Halaman selanjutnya

Tujuan Kolaborasi Antar Mata Pelajaran…

Berita Terkait

Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Kolaborasi Guru
Contoh Bentuk Kegiatan Kolaborasi Guru dan Siswa yang Dapat Anda Terapkan
Strategi Meningkatkan Kolaborasi Guru di Sekolah sebagai Kunci Sukses Pendidikan
Tantangan Guru dalam Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Abad 21
Tips Ampuh Mengatasi Gangguan Kelas dan Jaga Fokus Siswa Tetap Optimal
Ciri-Ciri Guru Tidak Mampu Mengelola Kelas dengan Baik, Ini Solusinya!
Model-Model Pengelolaan Kelas yang  Inovatif Dapat Guru Gunakan di Kelas
Cara Pengelolaan Kelas yang Kreatif Mendorong Literasi dan Numerasi Siswa
Berita ini 1,138 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 12 September 2024 - 10:58 WIB

Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Kolaborasi Guru

Rabu, 11 September 2024 - 21:34 WIB

Contoh Bentuk Kegiatan Kolaborasi Guru dan Siswa yang Dapat Anda Terapkan

Rabu, 11 September 2024 - 21:20 WIB

Strategi Meningkatkan Kolaborasi Guru di Sekolah sebagai Kunci Sukses Pendidikan

Selasa, 10 September 2024 - 12:28 WIB

Tantangan Guru dalam Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Abad 21

Selasa, 10 September 2024 - 11:41 WIB

Tips Ampuh Mengatasi Gangguan Kelas dan Jaga Fokus Siswa Tetap Optimal

Berita Terbaru

Unduh Sertifikat Pendidikan 32 JP Gratis