9 Manfaat Mengikuti Program Guru Penggerak! Nomor 7 Paling Dicari

- Editor

Rabu, 13 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Program Guru Penggerak – Pemerintah telah resmi membuka program guru penggerak Angkatan 7 pada bulan maret 2022. Peserta yang  lolos dan mengikuti serangkaian kegiatan akan mendapat banyak manfaat dari kegiatan.

Program ini akan bermanfaat dalam pengembangan karir nantinya. Manfaat tidak hanya didapat Ketika program sedang berlangsung, namun peserta juga akan merasakan manfaatnya setelah kegiatan selesai dilaksanakan.  

Lalu apa saja manfaat yang didapat dari program guru penggerak? Berikut ini berbagai manfaatnya bagi seorang guru yang mengikuti program guru penggerak.

  1. Mengembangkan kompetensi dalam lokakarya Bersama

Selama 9 bulan peserta akan mendapatkan Pendidikan Guru penggerak dan pengembangan kompetensi dalam lokakarya Bersama. Pendidikan ini mencakup pelatihan lokakarya, daring, konferensi, dan pendampingan secara gratis.

Selama program ini berjalan,  guru dapat mengajar seperti biasa. Pelatihan ini juga sedang berlangsung, tetapi perubahan calon guru terus dipantau untuk kemajuannya. Evaluasi juga akan terus dilakukan hingga tahap pelatihan ini selesai.

2. Meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid

Program ini diselenggarakn untuk meningkatkan kemampuan guru sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada siswa. Memungkinkan pendidik untuk meningkatkan kinerjanya menjadi guru sejati.

Sehingga dapat Membantu pendidik menjadi panutan yang mampu memotivasi dan memberdayakan siswanya. Selain itu, Guru juga akan totalitas dalam memberikan pembinaan kepada siswa. Oleh karena itu, guru akan mampu mengatasi berbagai jenis karakter siswa yang unik dan heterogen.

3. Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, menyenangkan dan terstruktur.

Program dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang mandiri dan kelompok yang terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan. Sehingga dengan ini diharapkan guru mampu selalu konsisten dan sistematis dalam menjalankan profesinya nanti.

4. Pengalaman untuk belajar bersama dengan rekan guru lain

Tentu saja, pengalaman belajar dengan guru lain sangatlah penting. Apalagi dapat bertukar pengalaman dari guru-guru di berbagai daerah.

Dikarenakan Pendaftar program guru  penggerak ini bisa berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Hal ini akan memungkinkan calon guru penggerak untuk bertukar pengalaman, informasi dan pengetahuan selama pelatihan ini.

5. Pengalaman mendapatkan bimbingan

Calon guru penggerak tidak hanya akan mendapatkan pengalaman saja, tetapi juga bimbingan dan pendampingan dari instruktur dan mentor praktis. Calon guru penggerak menerima pelatihan gratis dari orang-orang yang ahli di bidangnya.

Pendamping itu sendiri  berasal dari Widyaiswara dan pengawas sekolah yang  memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tugas Pendamping  adalah mencatat perkembangan peserta pendidikan guru penggerak secara online, pendampingan peserta selama pelatihan, dan memotivasi serta mendukung peserta melaksanakan  perannya.

6. Mendapatkan komunitas belajar baru

Bertemu dengan peserta lain, pelatih atau mentor dari  latar belakang yang berbeda akan dapat menciptakan komunitas belajar  baru. Sehingga kedepannya setelah menyelesaikan pelatihan, guru akan memiliki tempat untuk berkolaborasi dengan lebih banyak orang.

Komunitas belajar merupakan salah satu sarana  pengembangan diri untuk guru. Sebagai wadah untuk mengembangkan metode pembelajaran. Bergabung dengan komunitas pendidikan memiliki banyak manfaat bagi Anda maupun peserta didik Anda.

7. Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak

Selain melakukan kegiatan pembelajaran,  guru memiliki tugas untuk terus berkembang untuk meningkatkan kemampuan dan keahliannya melalui pengembangan profesi berkelanjutan. Peserta yang mengikuti program akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat 306 jam pelajaran yang bernilai 3 angka kredit dan piagam guru penggerak. Sertifikat ini dapat bermanfaat bagi guru untuk pengembangan profesi keguruan nantinya.

8. Mendapatkan bantuan paket data

Disamping penghargaan berupa sertiffikat 306 JP dan piagam guru penggerak peserta yang mengikuti program pelatihan guru penggerak juga akan mendapatkan paket data selama proses pelatihan dan pendampingan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan paket data untuk pelatihan online untuk peserta program Guru penggerak.

9. Biaya lainnya

Peserta yang mengikuti program pelatihan guru penggerak juga akan menerima biaya tambahan seperti biaya perjalanan, akomodasi dan konsumsi jika diperlukan untuk pelaksanaan lokakarya.

Diatas adalah manfaat mengikuti program guru penggerak yang diselenggarakan oleh kemendikbud. Semoga dapat menjadi motivasi bagi anda seorang guru untuk mengembangkan potensi diri melalui program ini.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Ingin dibantu mendaftar member e-Guri.id ? Hubungi wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

(law/law)

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 706 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru