8 Keterampilan Mengajar yang Harus Dimiliki Seorang Guru

- Editor

Selasa, 21 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi bentuk instrumen asesmen diagnostik

Ilustrasi bentuk instrumen asesmen diagnostik

Keterampilan mengajar merupakan kemampuan bagi seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran seperti penguasaan materi pelajaran dan memilih metode yang tepat untuk pembelajaran agar efektif dan efisien.

Menjadi seorang guru tentu harus terampil dalam mengajar, hal tersebut dilakukan agar dapat membimbing peserta didik untuk dapat memahami konsep pembelajaran, melatih kemandirian peserta didik dan agar peserta didik dapat berfikir logis serta ada banyak hal lainnya.

Terdapat berbagai macam keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu seperti keterampilan berpikir, memfokuskan perhatian peserta didik, mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik, serta mengkomunikasikan harapan yang diinginkan oleh guru dari peserta didiknya.

8 Komponen keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu sebagai berikut :

  1. Keterampilan Bertanya

Dalam kegiatan proses pembelajaran, bertanya menjadi sebuah peran penting karena dengan pertanyaan yang diberikan oleh guru akan menstimulus dan mendorong peserta didik untuk dapat berpikir. Selain itu dengan pertanyaan yang diajukan oleh guru juga dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.

Untuk dapat meningkatkan HOTS (Higher Order Thinking Skills) peserta didik, maka pertanyaan yang diberikan harus mendalam, medorong peserta didik untuk menemukan alasan dan melahirkan gagasan-gagasan kreatif dan alternatif melalui imajinasi peserta didik.

  1. Keterampilan Memberikan Penguatan

Memberikan penguatan pada jenjang pendidikan dasar harus dilakukan sesering mungkin. Penguatan merupakan segala bentuk respons, baik bersifat verbal maupun non verbal. Penguatan bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik atas perbuatannya sebagai bentuk dorongan atau koreksi.

Penguatan terbagi menjadi dua jenis yaitu penguatan positif dan penguatan negative. Penguatan positif bertujuan untuk mempertahankan dan memelihara perilaku positif peserta didik, sedangkan penguatan negatif bertujuan untuk menghentikan atau menurunkan perilaku peserta didik yang tidak menyenangkan.

Pada jenjang sekolah dasar, penguatan dapat diberikan dengan bentuk pujian, penghargaan dan persetujuan atas perilakunya.

  1. Keterampilan Membuat Variasi Stimulus

Dalam konteks belajar mengajar, varisai merujuk pada tindakan guru yang disengaja ataupu spontan dengan tujuan untuk mengikat perhatian peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Variasi stimulus dapat mengurangi kebosanan peserta didik dan kembali menarik perhatiannya pada pembelajaran.

Bentuk variasi stimulus dalam pembelajaran dapat berupa variasi suara, pemusatan perhatian peserta didik, kesenyapan atau kebisuan guru, kontak pandang dan gerak, gesture atau gerak tubuh, ekspresi wajah guru, perpindahan posisi guru dalam kelas dan juga variasi penggunaan media dan alat pengajaran.

  1. Keterampilan Menjelaskan

Keterampilan menjelaskan merupakan sebuah keterampilan dalam menyajikan informasi yang terorganisir secara sistematis sebagai kesatuan yang berarti sehingga peserta didik dapat memahami dengan mudah.

Guru perlu memahami prinsip – prinsip menjelaskan seperti penjelasan harus sesuai dengan karakter peserta didik, penjelasan harus diselingi dengan tanya jawab dengan tetap memperhatikan tujuan pembelajaran, serta penjelasan harus disertai dengan contoh yang konkrit, dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari dan bermakna.

  1. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

Membuka dan menutup sebuah kelas merupakan hal yang penting bagi audience, hal tersebut karena akan menentukan keberhasilan seorang guru dalam membawakan kelas. Maka dari itu guru perlu mempersiapkan bagian pembuka dan penutup kelas dengan baik.

Membuka pembelajaran merupakan usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan prokondusi peserta didik agar mental maupun perhatian terpusat pada apa yang akan dipelajari. Komponen membuka kelas berupa menarik perhatian, membangkitkan motivasi, dan apresiasi.

Menutup pelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakiri proses kegiatan belajar mengajar. Komponen dalam mentup kelas berupa merangkum kelas, menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya, berikan pertanyaan yang membangkitkan rasa ingin tahu untuk mempelajari materi berikutnya, dan diakhiri dengan doa. Guru harus menutup pembelajaran dengan semangat dan dapat memberikan pemantik sebagai sesuatu yang dinanti-nanti peserta didik untuk dipelajari.

  1. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil

Diskusi kelompok merupakan sebuah bentuk variasi dalam kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar. Diskusi yang berjalan dengan baik tentu akan meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir HOTS. Diskusi merupakan sebuah strategi yang memungkinkan peserta didik untuk menguasai suatu konsep atau memecahkan masalah melalui proses yang memberi kesempatan berpikir, berinteraksi sosial, serta berlatih bersikap positif pada perbedaan pendapat dan membangun kerja sama kelompok.

  1. Keterampilan Mengelola Kelas

Keterampilan mengelola kelas menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang guru, hal tersebut agar suasana belajar mengajar dapat menunjang efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam melaksanakan keterampilan mengelola kelas, guru perlu memperhatikan komponen keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimak dan keterampilan belajar yang bersifat prefentip dan represif. Simana prefentip sendiri merupakan kemampuan guru dalam mengambil inisiatif dan mengendalikan pelajaran, sedangkan represif adalah keterampilan yang berkaitan dengan respons guru terhadap gangguan peserta didik yang berkelanjutan dengan maksud agar guru dapat mengadakan tindakan remidial untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal.

  1. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan

Keterampilan mengajar dalam kelompok kecil di sekolah sering kali dilakukan karena kebutuhan scaffolding dan pendampingan belajar. Hal yang penting dalam pembelajaran kelompok kecil adalah guru harus dapat meningkatkan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian, karena dalam situasi pembelajaran kelompok dibutuhkan komunikasi dan hubungan yang akrab sehingga peserta didik merasa nyaman dalam belajar.

Halaman Selanjutnya

Diklat Gratis 40JP

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 1,843 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru