Home / News

Kamis, 13 Januari 2022 - 14:51 WIB

8 Cara Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa

Bakat siswa adalah kemampuan atau potensi dasar dalam diri siswa agar siswa dapat meningkatkan kemampuan yang dimilikinya.

Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecapakan, pengetahuan dan keterampilan khusus.

Minat dapat diartikan sebagai aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberi kesenangan atau kenikmatkan. Minat menjadi indikator dari kekuatan seseorang pada area tertentu dimana orang akan termotivasi untuk mempelajari dan menunjukan kinerja yang tinggi.

Mengembangkan minat dan bakat bertujuan agar sesorang belajar atau dikemudaian hari dapat bekerja di bidang yang diminati dan sesuai dengan kemampuan serta minat dan bakat yang dimiliki sehingga mereka dapart mengembangkan kapabilitas untuk belajar serta bekerja secara optimal dan penuh antusias.

Terdapat beberapa peran yang dapat guru lakukan dalam proses pengarahan minat dan bakat siswa yaitu :

  1. Membantu Siswa Fokus pada Bakatnya

Guru yang mengajar berbagai mata pelajaran harus dapar memahami kepandaian dan kesulitan yang dialami oleh siswa sehingga bisa menjalankan peran guru dalam mengembangkan bakat siswa dengan terus melatih pada hal-hal atau mata pelajaran yang ahli dan memberikan motivasi untuk menyelesaikan hal-hal tau mata pelajaran yang belum ahli.

2. Mengembangkan Konsep Diri pada Siswa

Guru dapat menjalankan perannya dalam mengembangkan bakat siswa dengan membuat siswa berprasangka baik pada diri sendiri dan masa depan karena beragam pelajaran menyenangkan yang diberikan.

3. Memperkaya Siswa dengan Berbagai Wawasan, Pengetahuan dan Pengalaman di Berbagai Bidang

Guru dapat mengajarkan berbagai kepandaian seperti menyampaikan ilmu pengetahuan bagi siswa.

4. Memberikan Perhatian

Siswa yang merasa tidak diperhatikan oleh guru, tidak jarang prestasi dan motivasi belajarnya menurun. Pada dasarnya siswa membutuhkan adanya perhatian atau dukungan dari guru. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan meluangkan waktu di luar jam mengajar untuk mendengar cerita siswa.

Baca Juga:  Daftar Aplikasi Rekomendasi untuk Pengajaran dan Pembelajaran Online

5. Menjalin Kerjasama dengan Orang Tua Siswa

Kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orang tua siswa apabila dilakukan dengan baik dan benar, maka dapat mendorong semangat siswa dalam melakukan kegiatan di sekolah. Sebisa mungkin guru harus proaktif dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa dan memberikan informasi mengenai kemajuan belajar siswa.

6. Rutin Memberikan Latihan

Minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa harus diberikan pembinaan dan pelatihan rutin oleh guru. Hal tersebut bertujuan agar minat dan bakat dari siswa tersebut dapat berkembang dengan baik.

7. Penguatan Motivasi Belajar

Memberikan motivasi belajar dapat mengembangkan minat bakat dapat menjadi penentu hasil akhir yang diperoleh dari proses latihan atau pembelajaran.

8. Mendukung Kegiatan Ekstrakurikuler

Apabila guru melihat siswa memiliki potensi yang bagus untuk berkembang melalui ekstrakurikuler, maka guru dapat mendukung siswa dalam meningkatkan bakat minatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan bakat dan potensi para peserta didik Anda, maka perlu memiliki pemahaman yang baik terhadap peserta didik dengan mengikuti Webinar “Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak dengan Talent Mapping” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id.

Webinar ini akan dilaksanakan pada hari Kamis tepatnya tanggal 20 Januari 2022 secara online. Dengan mengikuti webinar ini Anda dapat mendapatkan berbagai macam fasilitas seperti e-Sertifikat, Live On YouTube, dan Materi Seminar.

Pendaftaran peserta gratis dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

  1. Share ke 3 Grup dan ajak teman yang lain untuk bergabung.
  2. Gabung ke grup diskusi : http://linktr.ee/grupinfowebinar
  3. Daftar melalui : http://bit.ly/SeminarTalentsMap

Pastikan bahwa Anda bergabung dalam grup diskusi untuk mendapatkan semua informasi termasuk sertifikat dan informasi acara.

Penulis : Eka Susiyanti

Share :

Baca Juga

News

Cara Memanfaatkan Digital Storytelling Media Pembelajaran Tematik Bagi SD

News

Benarkah Serdik PPG Bukan Lagi Menjadi  Syarat Dapat Tunjangan Profesi Guru? Simak Penjelasan Kemdikbud

News

Inilah Perbedaan LoA Unconditional dan LoA Conditional Sebagai Syarat Pendaftaran LPDP Tahap 2

News

Kenali Strategi dan Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa

News

Kabar Terkini Nasib Honorer, Hasil Rapat Men PANRB dan Pemda

News

Kumpulan Soal PAS Kelas 10 IPA dan IPS Semester 1 2021/2022, Lengkap dengan Kunci Jawaban
https://bit.ly/DaftarDiklat64JP_AsesmenDiagnostik

News

Seminar Nasional Gratis dan Bersertifikat: Penerapan Metode “APIK” dalam Penyusunan PTK/PTS bagi Guru
https://naikpangkat.com/pengenalan-liveworksheet-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-mudah/

News

Pengenalan Liveworksheet Penilaian Interaktif dan Koreksi Jawaban Ujian Mudah