Home / News

Senin, 2 Agustus 2021 - 02:49 WIB

6 Tips Mengatasi Kejenuhan Belajar Daring di Rumah

Kondisi pandemi Covid-19 yang berlangsung sampai saat ini memaksa para siswa untuk belajar daring dalam waktu yang lama. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan kejenuhan bagi siswa.

Kejenuhan ini dapat disebabkan karena siswa hanya berhadapan dengan layar komputer dalam jangka waktu lama dan minimnya waktu bersosialisasi atau berinteraksi dengan guru dan teman.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi kejenuhan akibat belajar daring. Berikut ini tips mengatasi kejenuhan belajar daring.   

Mengatur Jadwal dengan Baik

Mengatur jadwal dengan baik merupakan salah satu tips mengatasi kejenuhan belajar daring. Mengapa demikian?

Dengan memiliki jadwal yang baik dan teratur tentu akan mempermudah proses belajar. Mengatur jadwal dapat dimulai sebelum proses belajar daring dimulai. Misalnya saja, kita menentukan kapan kita makan atau bermain sebelum belajar daring, kapan kita akan mengerjakan tugas, dan kapan kita akan beristirahat.

Segala sesuatu yang terencana dan terorganisir dengan baik pastilah lebih mudah untuk dilakukan sehingga dapat meminimalkan kejenuhan.

Luangkan Waktu untuk Hobi

Setelah selesai belajar daring, berikan kesempatan untuk diri sendiri untuk menikmati hobi. Tips mengatasi kejenuhan belajar daring yang satu iniini tentu juga perlu disesuaikan dengan keadaan yang mengharuskan tetap di rumah saja misalnya bermain game, bermain alat musik, menonton acara televisi favorit. Dengan melakukan hobi atau sesuatu yang disenangi, tentunya akan memberikan kesegaran kembali terhadap pikiran yang sudah mulai jenuh akibat belajar daring.

Baca Juga:  Kiat Menyusun Bahan Ajar Sesuai Dengan Penerapan Kurikulum 2022

Cobalah Lakukan Hal Baru

Melakukan hal-hal yang baru juga merupakan tips mengatasi kejenuhan belajar daring yang patut untuk dicoba. Misalnya saja, mencoba belajar menu masakan baru di rumah atau bercocok tanam dan menyirami tanaman di pekarangan rumah.

Mengubah Settingan Tempat Belajar

Tips mengatasi kejenuhan belajar daring yang satu ini juga dapat dicoba. Mengubah settingan tempat belajar dapat berupa mengubah posisi meja belajar atau benda-benda yang ada di ruang belajar.

Selain itu bisa juga dengan mengubah dekorasi di ruang belajar. Atau cara mudah lainnya adalah dengan pindah ke tempat lain. Misalnya saja jika selama ini Anda belajar di kamar atau di ruang utama di rumah, Anda dapat pindah ke spot atau tempat yang ada di luar rumah seperti misalnya teras rumah ataupun gazebo di halaman rumah.

Baca Juga:  Meningkatkan Semangat Guru Melalui Strategi Penyusunan Publikasi Ilmiah!

Workout atau Olahraga di Rumah

Tips mengatasi kejenuhan belajar daring berikutnya adalah melakukan olahraga di rumah saja. Olah raga jenis ini biasanya dapat berupa workout misalnya melakukan push up, latihan core, atau latihan total body workout. Workout dapat dilakukan setelah belajar daring. Tidak perlu berlama-lama, cukup 20 menit setiap hari dapat membakar kalori dan meningkatkan kadar endorphin sehingga kembali menyegarkan pikiran. Olahraga lainnya yang dapat dilakukan di rumah adalah yoga. Yoga dapat menenangkan pikiran yang  jenuh akibat belajar daring selama berjam-jam.

Terapi Mewarnai 

Hal unik yang dapat dilakukan sebagai tips mengatasi kejenuhan belajar daringadalah dengan terapi mewarnai. Sebuah penelitian di John Hopkins University mengatakan terapi mewarnai tidak hanya merupakan sebuah terapi tetapi juga merupakan salah satu bentuk meditasi. Hal ini karena mewarnai dapat meningkatkan kembali fokus pikiran kita dan mengurangi kadar kecemasan.

Bukankah menyenangkan bila kita dapat mengekspresikan emosi dan perasaan dalam bentuk terapi mewarnai?

Demikianlah  tips mengatasi kejenuhan belajar daring yang dapat dilakukan di rumah. Semoga tips ini bermanfaat untuk mengembalikan semangat belajar terutama selama masa pandemi ini.

(ctr/shd)

Share :

Baca Juga

News

10 Syarat Yang Harus Diketahui Agar Lulus Seleksi PPPK 2022

News

3 Hal Penting yang Perlu Diketahui Seputar Sekolah Akselerasi di Indonesia
Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD)

News

Cara Membangun Iklim Belajar Efektif Melalui Metode Hypnoteaching

News

Mengenal RPP Berdiferensiasi
Klarifikasi Miskonsepsi Kurikulum Merdeka

News

Penjelasan Kemendikbud Terkait Penempatan PPPK 2022 Untuk Peserta Prioritas

News

Tips Lolos Seleksi PPPK bagi Guru
rpp adaptasi baru

News

Memasukkan File Audio di Liveworksheets ketika Membuat LKPD

News

Mengapa Revolusi Pendidikan Indonesia Diperlukan?