Home / News

Senin, 22 November 2021 - 18:51 WIB

6 Tips Belajar Bahasa Asing cecara Otodidak dengan Hasil Optimal

Belajar Bahasa Asing – Ketika melihat televisi, membaca koran dan menonton film maupun pada saat kita pergi ke luar negeri pasti kita ingin secara cepat mengerti tentang apa yang dibicarakan dan dimaksud oleh orang maupun media tersebut. Agar kita lebih cepat memahami atas apa yang dibicarakan maka belajar bahasa baru menjadi pilihan yang tepat.

Nah untuk belajar Bahasa asing tentunya tidaklah mudah banyak hal yang perlu dipersapkan mulai dari kursus, latihan intensif, pergi ke negara dengan Bahasa yang berbeda ataupun menyewa guru les privat khusus untuk belajar Bahasa. Namun di era sekarang ini mempelajari Bahasa baru semakin mudah, praktis dan gratis dengan bantuan berbagai aplikasi dan beberapa teknik belajar yang tepat. Berikut ada sejumlah tips untuk belajar Bahasa asing baru secara otodidak

Pertama tentukan bahasa apa dan hal apa yang akan dipelajari

Untuk belajar bahasa baru secara otodidak perlu adanya penentuan baik bahasa yang akan dipelajari maupun hal apa yang akan dipelajari apakah mau belajar bahasa baru secara verbal, tulisan maupun verbal dan tulisan.

Baca Juga:  Tren Pendidikan Yang Banyak Diminati Pada Tahun 2022

Kedua gunakan media pendukung untuk belajar bahasa asing

Media pendukung seperti kamus, aplikasi bahasa, video dan sebagainya sangat wajib ada untuk mempelajari bahasa asing secara otodidak karena tanpa adanya media pendukung tersebut kita akan kesulitan untuk mengetahui maksud dari kata-kata asing yang akan kita pelajari.

Ketiga pelajari kata-kata yang mudah terlebih dahulu

Hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu mempelajari kata-kata yang mudah terlebih dahulu dari bahasa yang ingin kita pelajari dengan cara menghafalkan setidaknya 100 kata perhari yang kemudian dilanjutkan dengan membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut.

Keempat cari partner teman yang berminat belajar bahasa baru

Agar tidak bosan dalam belajar tips keempat ini patut untuk dicoba karena dengan mencari partner teman yang sama-sama memiliki minat dalam belajar bahasa baru maka dalam belajar akan terasa lebih menyenangkan dan bisa bertukar informasi serta diskusi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing kita.

Baca Juga:  Peranan Teknologi Dalam Kegiatan Pembelajaran Pada Era New Normal

Kelima hilangkan rasa takut apabila ada kesalahan

Tips kelima ini perlu diperhatikan pasalnya banyak orang yang gagal dalam mempelajari bahasa baru karena takut jika kata yang diucapkan salah. Ketakutan dalam kesalahan hanya akan membuat kita susah untuk berkembang karena kita tidak akan bisa belajar dari kesalahan tersebut. Jadi jangan pernah takut salah kalau belajar bahasa baru.

Keenam jaga konsistensi dalam belajar bahasa baru

Untuk menjaga konsistensi dapat dilakukan dengan memfokuskan belajar pada hal kecil dan memahami hal tersebut secara menyeluruh untuk membangun fondasi kuat dalam memperluas pengetahuan kita tentang bahasa tersebut.

Anda ingin jadi guru yang pintar berbagai bahasa? Jadilah bagian dari anggota e-Guru.id dan temukan pelatihan terkait kemampuan bahasa asing. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Breaking News! Kemdikbudristek Buka Beasiswa Microcredential Monash University Untuk Guru Ini
bisnis sampingan bagi guru

News

3 Cara Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital
guru wajib baca

News

Guru Wajib Baca Ini: Sex Education Itu Bukan Hal Tabu!

News

Beralih Dari Pembelajaran Tradisional Menjadi Pembelajaran Berdiferensiasi

News

Kebijakan Merdeka Belajar Untuk Mendukung PTM Terbatas

News

Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Prototipe 2022

News

Cara Meningkatkan Literasi Anak untuk Songsong Peradaban Gemilang
manfaat menulis bagi guru

News

Format Capaian Pembelajaran di Kurikulum 2022