Home / News

Sabtu, 21 Mei 2022 - 22:20 WIB

5 Website untuk Membuat Video Pembelajaran Animasi dengan Mudah

Membuat Video Pembelajaran Animasi – Video pembelajaran animasi merupakan media yang menampilkan materi pelajaran dengan menambahkan audio dan gambar animasi, sehingga dapat menarik perhatian peserta didik.

Animasi didefinisikan sebagai gambar yang bergerak dan biasanya dibuat dengan sekumpulan objek yang diatur agar telihat seolah olah pergerak pada setiap penambahan waktu.

Video animasi sendiri diartikan sebagai gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu.

Sedangkan video pembelajaran adalah suatu media yang menyajikan audio dan visual yang berisi tentang materi pembelajaran yang berisi konsep, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu dalam pemahaman terhadap suatu materi yang diajarkan.

Objek yang dimaksud dalam video animasi adalah gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan lain sabagainya.

Terdapat beberapa website yang dapart dimanfaatkan untuk membuat video animasi yaitu sebagai berikut :

  1. Video Scibe

Website ini menawarkan jasa gratis video dengan banyak template yang dapat digunakan. Namun untuk dapat menggunakannya Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

2. Motionden

Dalam menggunakan website ini tidak perlu mendownloadnya dan hanya perlu log in saja. Website ini juga menyediakan banyak template video yang dapat dijadikan pilihan.

3. Biteable

Website ini menyediakan lebih dari 800.000 template yang dapat digunakan untuk membuat video presentasi, animasi logo dan masih banyak lagi.

4. Powtoon

Untuk dapat menggunakan website ini Anda tidak perlu untuk medownload dan dapat digunakan secara langsung. Dalam website ini menyediakan beberapa animasi cartoon dengan berbagai karakter yang dapat dimainkan.

5. Kinemaster

Aplikasi atau website ini dapat digunakan melalui android dengan memasukan video, kumpulan foto, voice recording, musik, dan background.

Dengan memanfaatkan beberapa website gratis yang tersedia maka Anda dapat membuat video pembelajaran animasi dengan mudah dan menarik.

Terdapat beberapa manfaat video animasi bagi pendidikan yaitu sebagai berikut :

  1. Dapat menampilan secara visual baik dalam bentuk gambar ataupun animasi sebuah objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel, dan lain sebagainya.
  2. Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk animasi, gambar atau video dari sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buat, bentuk permukaan bumi seperti gunung, sungai, dan lain sebagainya, serta benda luar angkasa seperti planet dan satelit.
  3. Mampu menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lainnya.
  4. Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari benda atau peristiwa yang berbahaya seperti bencana alam gempa bumi, gunung berapi serta pertistiwa perang.
  5. Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
  6. Dengan adanya animasi, peserta didik dapat belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi dapat berbentuk simulasi, eksperiment, dan prosedur. Dengan menggunakan animasi maka peserta didik dapat dengan mudah mengerti dan memahami suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti halnya dengan pembelahan sel, proses kimiawi dan lain sebagainya.
  7. Dengan menggunakan video maka peserta didik dapar mampu mempelajari keadaan nyata dari suatu proses, fenomena, atau suatu kejadian. Selain itu peserta didik juga dapat memutar ulang pada bagian tertentu untuk melihat gambar yang lebih fokus. Video mampu menunjukan dengan jelas suatu langkah procedural seperti cara menggambar suatu bentuk segitiga sama sisi dengan bantuan jangka.
Baca Juga:  Download Materi Ke 5 Diklat Gratis 35JP "Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat"

Kelebihan Animasi

Terdapat beberapa kelebihan dalam media animasi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Media animasi dapat menyampaikan suatu konsep yang kompleks secara visual dan dinamik dan dapat membuat hubungan atau ikatan mengeani suatu konsep atau proses yang kompleks secara visual dan dinamik.
  • Animasi digital dapat menarik perhatian peserta didik dalam belajar dengan mudah dan mampu menyampaikan suatu pesan dengan lebih baik disbanding dengan media belajar yang lain. Selain itu juga dapat memberikan ingatan yang lebih lama kepada peserta didik dengan media yang bersifat dinamik dibanding media bersifat statik.
  • Animasi digital dapat digunakan untuk membantu menyediakan pembelajaran secara maya. Dimana hal utamanya untuk keadaan dengan perkiraan sebenarnya sukar atau tidak dapat disediakan, membahayakan atau mungkin melibatkan biaya yang tinggi.
  • Animasi mampu menawarkan satu media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan juga mampu menarik perhatian dan meningkatkan motivasi serta merangsang pemikiran peserta didik yang lebih berkesan.
  • Penyampaian secara visual dan dinamik yang disediakan pleh teknologi animasi mampu memudahkan dalam proses penerapan konsep atau demonstrasi.

Kelemahan Animasi

Selain kelebiha, media animasi juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut :

  • Membutuhkan peralatan khusus.
  • Materi dan bahan untuk membuat animasi sulit untuk dibuah apabila sewaktu waktu terdapat kekeliruan informasi yang di dalamnya.
  • Sulit ditambahkan untuk menarik perhatian peserta didik apabila digunakan secara tepat, akan tetapi sebaliknya animasi juga dapat mengalihkan perhatian dari substansi materi yang disampaikan pada hiasan animatif yang ternyata tidak terlalu penting.
Baca Juga:  Cek Daftar Daerah yang Sudah Cairkan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 2

Jenis Animasi

Terdapat beberapa jenis animasi yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. 2D Animation, jenis animais ini biasanya dibuat dengan menggunakan vector ang mengadopsi teknik traditional animation dan jenis animasi ini sangat umum digunakan yang dapat kita jumpai dalam film ataupun iklan.
  2. 3D Animation, pembuatan animasi dengan 3 dimensi harus menggunakan computer dan perangkat lunak khusus seperti Maya atau Cinema4D. animasi 3 dimensi sering disebut dengan CGI atau computer generated imagery. Dalam membuat animasi ini, maka animator perlu membuat model dan memahami pergerakan dari setiap bagian tubuh karakter animasi.
  3. Stop Motion, jenis animasi ini dikenal sebagai Claymation karena karakter biasanya dibuat dari tanah liat dengan membuat gerakannya dengan cara digerkan dan difoto pada setiap gerakannya.
  4. Motion Grapics, animasi ini lebih banyak ditemukan pada video komersial seperti iklan, lyrics, video atau video tutorial.

Apabila Anda ingin membuat video pembelajaran animasi dengan lebih mudah dan menarik, maka Anda dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 4, 6, 8, 11, dan 14 Juni 2022 secara online dengan judul “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint”.

Dengan menghadirkan instruktur yang berpengalaman yaitu Bapak Maskur Alfaqih, S.Pd dengan beberapa materi yang akan disampaikan sebagai berikut :

  1. Pengenalan Video Pembelajaran Animasi dan Penyiapan Materi Pembelajaran.
  2. Desai Layout PowerPoint
  3. Menambahkan Kartun GIF dan Materi Pembelajaran
  4. Merekam Teks Materi Pembelajaran
  5. Finishing dan Mengubah Menjadi Video

Dengan mengikuti pelatihan ini peserta juga akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti Materi Pelatihan, e-Sertifikat 32JP, Full Support dari Tim Instruktur, dan Laporan Pengembangan Diri.

Untuk dapat mengikuti pelatihan ini maka Anda harus melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran dengan cara KLIK DISINI.

Kemudian selanjutnya Anda dapat melakukan pembayaran sebesar Rp 97.000 ke nomor rekening yang tertera pada brosur di bawah.

Apabila Anda membutuhkan bantuan atau informasi lain mengenai pendaftaran maka Anda dapat menghubungi Kontak Admin di bawah ini :

088225471197 (Eka)

03. (revisi) Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Animasi menggunakan PowerPoint-02

(esy/esy)

Share :

Baca Juga

News

12 Jenis Metode Pembelajaran Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik

News

Daftar Sekarang Juga, Paket Bundling Pelatihan 32 JP: Belajar Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Menggunakan Powerpoint & Camtasia!
pengembangan diri guru

News

2 Unsur Penting dalam Penilaian Angka Kredit Guru PNS

News

Hal Penting dalam Kurikulum Merdeka SMK yang Wajib Dipahami
soal akm

News

Pengertian dan Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menurut Para Ahli

News

Membuat Kelas Online Interaktif dengan Discord

News

Profil Pelajar Pancasila sebagai Bagian Terpenting dari Kurikulum Merdeka

News

Mahir Membuat Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Pelatihan 32 JP