Home / News

Minggu, 7 Maret 2021 - 02:08 WIB

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Mengajar Online

Mengajar secara online merupakan aktivitas guru sehari-hari saat ini, khususnya di masa pandemi. Presentasi materi pelajaran yang biasanya dapat disampaikan secara tatap muka sekarang harus diganti dengan pertemuan secara virtual. Bagaimana cara mengajar melalui media online tetap menarik menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. 

Kegiatan mengajar online biasanya dilakukan melalui Zoom dan lain sebagainya. Selain itu juga bisa menggunakan Google Classroom yang berfungsi untuk distribusi materi dan juga penugasan kepada siswa. 

Presentasi materi yang dilakukan secara virtual dapat membuat atmosfer belajar berbeda. Hal itu dapat disebabkan beberapa faktor, di antaranya adalah kurangnya aspek interaksi yang terbangun dalam kelas virtual tersebut. Tidak seperti saat mengajar kelas secara tatap muka di mana guru dapat mengarahkan pandangan kepada siswa, menggunakan bahasa tubuh, dan seterusnya. 

Aspek interaksi yang yang berkurang di kelas online dapat menjadikan kelas jadi tidak kondusif dan kegiatan mengajar jadi tidak semenarik ketika saat tatap muka. 

Sebenarnya masalah seperti itu dapat diatasi dalam mengajar secara online dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

Baca Juga:  Negara Pelopor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Menjaga Penampilan

Meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh menggunakan video conference, Anda harus tetap menjaga penampilan. Penampilan yang rapi akan membuat siswa tetap segan kepada Anda dan menganggap kelas yang sedang berlangsung tidak main-main. 

Banyak orang ketika melakukan presentasi secara virtual tidak memperhatikan penampilan. Menggunakan pakain yang tidak rapi dan sebagainya. 

Bagi guru yang ingin mengajar online di depan para siswa, masalah penampilan harus tetap dijaga. Jika perlu, Anda bisa membuat peraturan berseragam untuk semua siswa yang mengikuti kelas online tersebut. 

Perhatikan Postur

Yang sering terjadi saat presentasi online  adalah lupa menjaga postur tubuh seperti membungkuk, menghadap ke bawah, dan lain sebagainya. 

Meskipun mengajar secara jarak jauh, Anda harus tetap beranggapan bahwa Anda sedang menjadi pusat perhatian para siswa. Oleh sebab itu, postur tubuh harus tetap dijaga. 

Usahakan postur tubuh tetap tegak selama mengajar. Dengan postur tubuh yang tegak akan membuat Anda bisa lebih fokus. Dan siswa Anda juga dapat melihat semangat Anda dalam mengajar. 

Baca Juga:  Tips untuk Guru Membuat Siswa Mau Belajar dari Kesalahan

Jalin Kontak Mata

Kontak mata dalam pertemuan kelas virtual dapat Anda lakukan dengan cara melihat ke arah kamera. Maka usahakan arah pandangan Anda selalu menatap kamera. 

Memang tidak mudah menjaga kontak mata dalam kelas virtual. Namun hal itu perlu Anda lakukan. 

Tunjukkan Ekspresi Wajah

Tunjukkan ekspresi wajah yang seharusnya Anda tunjukkan kepada siswa. Anda perlu menunjukkan wajah marah saat menegur siswa yang bandel. Dan juga tunjukkan wajah ceria ketika ada sesuatu yang membuat Anda senang. 

Gunakan Gesture

Ketika menerangkan sesuatu, bahasa tubuh atau gesture sangatlah penting. Dalam pertemuan virtual pun hal tersebut juga perlu Anda perhatikan. 

Agar dapat memperlihatkan bahasa tubuh, tempatkan kamera berjarak satu lengan di depan Anda. Sehingga kepala, bahu, dan tubuh bagian atas dapat terlihat oleh siswa Anda. 

Itulah beberapa tips bagi Anda ketika sedang mengajar kelas secara online agar suasana kelas kondusif dan menarik. 

Share :

Baca Juga

News

Penjelasan Menkeu Tentang Penghapusan Tunjangan Sertifikasi Guru!
penilaian sesuai kurikulum 2013

News

Prinsip Penilaian Siswa sesuai Kurikulum 2013

News

Perbedaan Penilaian Otentik dengan Penilaian Tradisional

News

Cara Mengubah PTK Menjadi Buku Ber-ISBN
https://naikpangkat.com/cara-download-sertifikat-dan-fasilitas-diklat-gratis-32-jp-aktualisasi-asesmen-dalam-kurikulum-merdeka/

News

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan Powerpoint

News

Segera Catat! Inilah Tanggal Penting Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahap 2 2022

News

Telah Dibuka! Rekrutmen Calon Asesor Seleksi PPG, Siapa Saja Yang Bisa Mendaftar?

News

Persiapan Guru dan Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka