5 Aplikasi yang Mendukung Proses Pembelajaran Daring Jadi Lebih Menyenangkan

- Editor

Rabu, 4 Agustus 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun ini merupakan musibah yang mungkin sebelumnya tak terbayangkan. Hampir seluruh belahan dunia terkena dampak dan merasakan akibat dari penyebaran virus ini. Begitu juga dengan semua aktivitas manusia, yang tadinya bebas, saat in terbatas. Hal ini memberikan perubahan besar dalam hal tingkah laku dan kebiasaan. Banyak bidang dan sektor yang sangat terpengaruh oleh adanya pandemi ini, salah satunya adalah pendidikan.

Seperti yang terlihat saat ini yaitu “penutupan” sekolah, perguruan tinggi maupun universitas. Hal ini memberikan pola pendidikan yang benar-benar baru. Pemerintah harus memutuskan pelaksanaan pembelajaran secara daring untuk mengurangi risiko penularan virus tersebut.

Saat ini pembelajaran daring sudah berlangsung selama 3 semester dan pada kenyataanya implementasi dari pembelajaran daring memang tidak dapat menandingi pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka. Karena dalam pembelajaran daring, pendidik melakukan transfer ilmu hanya melalui layar, dan hal ini pastinya juga menimbulkan kejenuhan. Untuk itu, para pendidik pun dituntut harus selalu inovatif dan dapat memberikan pembelajaran yang lebih menarik.

Meskipun banyak teknologi yang sudah tersedia tapi pada kenyataanya para guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring ini banyak yang hanya memanfaatkan media dan platform itu-itu saja. Padahal banyak sekali tool, aplikasi dan media pembelajaran menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan suasana pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa aplikasi belajar era milenial dan digital yang dapat dimanfaatkan oleh guru-guru agar pembelajaran daring lebih menyenangkan.  

Kahoot!

Kahoot adalah sebuah website yang dapat menghadirkan suasana kuis yang meriah dan menyenangkan di dalam kelas. Kahoot juga merupakan aplikasi permainan berbasis platform dengan mode kuis yang dapat diunduh secara gratis.

Kahoot ini dapat menjadi media pembelajaran bersama di kelas dengan bantuan laptop, ponsel, dan proyektor. Kahoot memerlukan koneksi internet karena hanya bisa dimainkan secara online dan dapat diakses di www.kahoot.com.

Dengan bermain Kahoot ini, pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat para peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran daring.

Quizizz.com

Quizizz merupakan aplikasi permainan edukatif yang sifatnya naratif dan fleksibel. Selain bisa dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan materi, Quizizz juga bisa digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Kegiatan pembelajaran di rumah tentu dapat dengan mudah menjadi kegiatan yang membosankan bagi siswa. Sehingga, dengan adanya kemudahan akses media pembelajaran sekarang ini, guru dapat menggunakan kemudian mengembangkan media evaluasi melalui aplikasi Quizizz ini. Sehingga pembelajaran daring dapat mencapai tujuan pendidikan.

Aplikasi Quizizz ini memberikan visual yang menyenangkan. Penggunaanya juga mudah sehingga saat melakukan evaluasi pembelajaran peserta didik bisa lebih rileks dan tidak kaku. Quizizz ini dapat diakses di https://quizizz.com. Bisa dibuka di laptop maupun ponsel.

Baamboozle

Baamboozle adalah game edukasi berbasis web. Aplikasi ini  menyediakan berbagai game interaktif dan menarik.

Penggunaan aplikasi ini mudah. Pengguna bisa mencari beragam game dengan mencari di kotak pencarian menggunakan kata kunci atau dengan menggulir secara manual.

Aplikasi ini juga memberikan fasilitas untuk membuat game sendiri dengan melakukan registrasi. Pembuatan game sendiri ini bisa untuk satu tim atau beberapa tim dan nanti bisa diakses untuk siswa. Dengan begitu guru bisa berkreasi dan berinovasi yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

Dengan pemanfaatan aplikasi ini, guru lebih mudah untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan siswa lebih rileks serta tertarik untuk mengikuti pembelajaran daring. Aplikasi ini dapat diakses di  https://www.baamboozle.com/

Soal Ujian SD

Soal Ujian Sekolah Dasar (SD) merupakan permainan edukasi yang menyajikan soal-soal ujian sekolah dasar sebagai sarana belajar para siswa dan siswi. Game ini terdiri dari semua kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 yang memuat pelajaran-pelajaran di sekolah seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Seni Budaya, dan Pendidikan Agama Islam.

Game ini bisa membuat Anda mengasah otak dengan pertanyaan yang disajikan. Pada setiap level game terdiri dari 20 soal pilihan berganda. Dengan adanya game ini Anda bisa bermain sambil belajar karena tujuan dari game ini adalah untuk mendidik agar lebih cerdas dan cermat dalam mengasah pengetahuan dan wawasan.

Adapun beberapa fitur yang disediakan dalam permainan ini adalah fitur bermain bersama dengan teman  untuk mengadu tingkat pengetahuan Anda dengan teman Anda. Game ini adalah game ringan dan tidak perlu koneksi internet untuk memainkannya. 

Educandy

Educandy adalah aplikasi berbasis web yang memiliki slogan ‘making learning sweeter’ (membuat belajar lebih manis). Educandy dapat digunakan untuk membuat permainan daring yang menyenangkan.

Permainan ini dapat diberikan ketika pembelajaran tatap muka di kelas maupun saat pembelajaran daring. Adanya permainan edukasi ini bisa membuat pembelajaran daring menjadi lebih bervariasi dan mengasyikkan. Visual yang dihadirkan juga sangat manis dan dapat menarik peserta didik. Aplikasi ini dapat diakses di https://www.educandy.com.

Nah, itulah beberapa aplikasi untuk menunjang pembelajaran di era digital. Sebagian besar aplikasi di atas sangat menyenangkan dan dapat membuat siswa tidak spaneng (tegang) dalam menjalani pembelajaran daring. Meskipun pembelajaran secara daring, esensi pembelajaran yang mengasyikkan dan memberikan pemahaman kepada peserta didik harus tetap ada.

Ditulis oleh Sartini, S.Pd. (SD Negeri Blumbang, Kulon Progo, Yogyakarta)

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 68 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru