4 Pemanfaatan Power Point untuk Pembelajaran Interaktif yang Perlu Dicoba!

- Editor

Kamis, 2 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Power Point Interktif – Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan di Indonesia, walaupun banyak aplikasi atau website gratis lain, tetapi memilih PowerPoint adalah hal yang sudah sangat umum digunakan oleh berbagai elemen. Mulai dari guru atau dosen untuk memaparkan materi, siswa atau mahasiswa untuk belajar berpresentasi, hingga organisasi atau perusahaan untuk keperluan lainnya.

Microsoft Power Point merupakan bagian dari Microsoft Office. Dengan kelebihan penggunaannya yang cukup mudah tanpa harus terhubung dengan internet, fitur yang tersedia di PowerPoint sudah cukup lengap, dan  mempunyai tampilan interface yang user frandly atau mudah digunakan bagi para pemula. Berikut ini 4 Pemanfaatan Power Point untuk pembelajaran interaktif yang perlu dicoba oleh guru, yaitu :

1. Digunakan untuk Presentasi

Membuat presentasi yang menarik dengan Power Point bisa dilakukan oleh siapa saja, apalagi sekarang sudah banyak sekali website yang menyediakan berbagai jenis- jenis template Power Point yang menarik dan dapat di download secara gratis.

Jadi, tidak hanya mengandalkan desain Power Point interaktif dari bawaan saja , tetapi bisa mendownload template yang ada untuk bisa digunakan sesuai dengan tema presentasi yang diinginkan.  Website template gratis salah satunya yaitu https://slidesgo.com/ .

Presentasi digunakan dalam pembelajaran untuk mempermudah guru dalam menjelaskan materi sehingga akan lebih mudah ditermia oleh para siswa. Bisa digunakan oleh guru berbagai mata pelajaran. Ini merupakan hal yang paling umum dalam pemanfaatan Power Point dalam dunia pendidikan, siapa saja bisa membuat presentasi dengan mudah.

2. Digunakan untuk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

Pemanfaatan yang kedua yaitu untuk multimedia pembelajaran interaktif atau MPI, dimana dalam proses pembuatan MPI ini jauh lebih kompleks ketimbang presentasi biasanya. Untuk membuat MPI perlu memanfaatkan fitur hyperlink yang ada di Power Point, dimana fitur ini yang dapat membuat MPI menjadi lebih hidup dan manarik.

Anda dapat mulai mencoba memanfaatkan fitur hyperlink yang ada untuk bisa menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik, dengan harapannya siswa menjadi semangat belajar dan mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal.

3. Digunakan untuk Video Pembelajaran

Membuat video juga bisa menggunakan power point, apalagi media video masih menjadi media pembelajaran yang dianggap efektif untuk di terapkan dalam pembelajaran. Sehingga, bagi guru- guru jangan khawatir karena dengan power point pun bisa membuat video pembelajaran.

Bisa memanfaatkan fitur- fitur seperti animation dan transition, yang dapat di sesuaikan dengan keinginan dari pembuatnya. Setelah itu dapat langsung export dengan klik pada Tab File, tentu hanya berlaku untuk Power Point 2010 ke atas.

4. Digunakan untuk Video

Pernahkan Anda merasa bosen dengan hasil tampilan PPT yang begitu- begitu saja? melihat materi PPT yang polos pasti siswa akan merasa kurang menarik, membosankan dan tidak dapat menggugah motivasi siswa untuk menyimak atau melihat tampilan PowerPoint yang kita sajikan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membuat media pembelajaran menggunakan Power Point:

Tips Membuat Media Pemelajaran Berbasis Power Point

Membuat “Killer Opening Slide”

Killer opening slide adalah slide pembuka presentasi yang mengundang perhatian. Karena awal presentasi adalah kesempatan anda untuk menarik perhatian murid-murid. Gunakan gambar yang menarik, unik, dan warna yang mencolok namun tetap enak dilihat. Jika awal presentasi anda sudah bagus, maka murid akan tertarik untuk terus memperhatikan presentasi selanjutnya.

Gunakan Tema- Tema Yang Menarik

Gunakan tema -tema yang menarik. Tentunya Microsoft memiliki tema bawaan  yang bisa anda pakai secara gratis. Tetapi jika Anda bosan dan ingin beda, anda bisa gunakan tema lainnya ataupun tema gratis dari web penyedia tema PowerPoint, seperti canva, slidesgo dll.

Tema-tema yang ada selain pada Power Point mengandung banyak gagasan. Tidak hanya sekedar seperangkat warna dan font pilihan yang menarik, tema-tema ini juga hadir memberikan kesan lain dengan gagasan untuk desain slide.

Gunakan Teks Yang Tepat dan Mudah Dibaca

PPT materi media pembelajaran yang menarik sebaiknya tidak mengandung terlalu banyak tulisan apalagi full tulisan seperti buku pelajaran  agar siswa tidak merasa bosan. Tuliskan teks-teks penting yang memuat poin utama saja nantinya diperjelas dalam penjelasan guru.

Selain itu,  harus memastikan teks yang ada dalam presentasi mudah dibaca. Gunakan ukuran font yang cukup besar sehingga tetap terlihat dengan baik dan dapat dibaca oleh murid yang duduk di kursi paling belakang sekalipun. Pemilihan warna juga penting supaya materi yang ingin disampaikan dapat terbaca dengan baik.

Menggunakan Gambar dan Video Yang Mendukung

Dapat dikatakan bahwa power point  ini merupakan media yang berbasis multimodal. Anda tidak hanya dapat menggunakan teks saja, tetapi juga dapat memasukkan audio dan juga video pada presentasi power point interaktif. Gambar dan video dapat Anda jadikan sebagai alat untuk menjelaskan poin-poin penting yang dipresentasikan sehingga makin mudah dipahami oleh siswa.  

Demikian informasi mengenai 4 Pemanfaatan Power Point untuk Pembelajaran Interaktif yang Perlu Dicoba. Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan serta informasi yang tepat.

Untuk update segala informasi terbaru mengenai Pendidikan dan Guru silahkan cek di Naikpangkat.com, sebagai portal berita online mengenai pendidikan dan guru.

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:

Silahkan mendaftar di link berikut ini :

DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
WhatsApp: Hubungi 087719662338 (Rahma)

(rtq/rtq)

Berita Terkait

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir
5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru
Kabar Gembira, Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Bisa Dapat Dana Pendidikan Rp. 4,3 Juta Perbulan
Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini
Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Berita ini 69 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:40 WIB

5 Tujuan Pembelajaran Sastra di Kurikulum Merdeka yang Wajib Dipahami Guru

Kamis, 23 Mei 2024 - 09:15 WIB

Sastra Masuk dalam Kurikulum Merdeka, Download Bahan Ajarnya di Sini

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Berita Terbaru