Home / News

Selasa, 12 April 2022 - 07:35 WIB

4 Komponen Penting dalam Dapodik Online dan Fungsinya

Dapodik Online – Dapodik menjadi sebuah sistem data yang terintegrasi secara langsung di bawah pengelolaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki banyak fungsi, termasuk untuk memetakan pendidikan serta perencanaan pengembangan pendidikan di Indonesia.

Komponen yang ada dalam Dapodik online pun meliputi seluruh unsur yang ada di tiap satuan pendidikan yang terus diupdate setiap waktu melalui operator sekolah masing-masing yang bisa diakses secara online untuk memudahkan bagi pemerintah maupun pihak sekolah dalam hal penggunaannya.

Dalam Dapodik terdiri dari beragam informasi tiap satuan pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia yang terangkum dalam empat komponen utama. Semua informasi yang berkenaan dengan pendidikan ini yang kemudian dipetakan secara khusus oleh pemerintah untuk melakukan berbagai tindakan seperti penyaluran bantuan, pemerataan guru hingga menjadi informasi utama bagi guru maupun tenaga kependidikan secara umum. 

Berikut ini adalah empat komponen utama dalam Dapodik:

NPSN

Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) adalah sistem identifikasi sebuah sekolah yang memanfaatkan sistem penomoran yang bersifat tunggal dan menjadi identitas tiap sekolah.

Baca Juga:  Cara Update Profil Sekolah di Dapodik

NISN 

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah nomor induk siswa yang berlaku secara nasional dan berlaku selama siswa tersebut menempuh pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah.

NUPTK

Selanjutnya adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) yang digunakan untuk penyaluran tunjangan, sertifikasi serta jenis pendidikan lanjutan lain dalam kaitannya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru.

Profil Sekolah

Dalam Dapodik juga terdapat informasi tentang profil masing-masing sekolah termasuk sarana dan prasarana hingga visi dan misi sekolah.

Fungsi Dapodik Online

Sebagai sumber data utama keadaan pendidikan di Indonesia, Dapodik juga dijadikan sebagai media utama dalam pengembangan maupun target pendidikan yang ingin dicapai oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dari komponen data yang ada pada Dapodik itu pulalah, pemerintah kemudian bisa menentukan besaran alokasi berbagai bantuan dana seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan mengacu pada jumlah siswa yang terdaftar pada tiap satuan pendidikan.

Baca Juga:  Bentuk-Bentuk Penilaian Formatif Yang Bisa Dilakukan Oleh Guru Dalam Mendukung Pembelajaran Kurikulum 2022

Selain itu, data NUPTK guru yang ada pada dapodik juga digunakan pemerintah untuk menentukan pelaksanaan pendidikan profesi bagi guru sekaligus menyalurkan tunjangan profesi guru yang dianggap sudah memenuhi syarat.

Selain itu, dalam hal pengembangan dan peningkatan kualitas sarana pendidikan yang ada di sekolah, pemerintah juga menjadikan Dapodik sebagai informasi utama keadaan sekolah masing-masing.

Sejak dikembangkan beberapa tahun yang lalu, Dapodik memang terus melakukan pembenahan tak hanya dalam bentuk proses pembaharuan informasinya saja tapi juga sistem layanan data yang lebih mudah diakses dan dijangkau oleh seluruh pihak yang ada pada Dapodik.

Hingga kini, keberadaan Dapodik online dianggap berhasil dalam hal pemerataan pendidikan, kualitas pendidikan hingga peningkatan sarana penunjang proses pembelajaran di tiap sekolah.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

News

Membuat Game Edukasi untuk Pembelajaran yang Menarik

News

8 Aplikasi Mudah untuk Membuat Website Pembelajaran

News

Prinsip Penilaian Siswa yang Wajib Diketahui oleh Tenaga Pengajar
https://naikpangkat.com/segera-daftar-pelatihan-gratis-membuat-desain-bahan-promosi-ppdb-menggunakan-canva-dan-power-point%e2%80%bc/

News

Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang perlu diperhatikan oleh Guru

News

Download Pedoman Terbaru ! Penerapan Kurikulum Merdeka 2022 Mengenai Struktur Kurikulum Hingga Linieritas Guru Semua Jenjang

News

Konsep Model Pembelajaran Teaching Factory di SMK

News

Pendaftaran Terakhir Hari Ini! Diklat Gratis 35JP : Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat

News

Gawat! 3 Kategori Guru Honorer Ini Tidak Bisa Ikut Seleksi PPPK Tahun 2022