Home / News

Jumat, 23 September 2022 - 02:42 WIB

4 Cara Jitu Menjadi Guru yang Disenangi oleh Siswa

Menjadi guru yang disenangi oleh siswa memang susah-susah gampang. Namun ada sejumlah tips yang dapat diikuti untuk menjadi guru yang disenangi oleh siswa, dan akan dibahas di dalam artikel ini. 

Guru yang disenangi oleh siswa sebenarnya terdapat dua jenis. Guru yang suka bolos otomatis akan disenangi oleh siswa karena para siswa akan bahagia karena akan terdapat jam kosong yang akan membuat mereka bisa bersenang-senang tanpa memikirkan pelajaran. Namun yang dimaksud di sini bukan guru yang demikian. 

Guru yang disenangi siswa yang dimaksud di sini adalah bagaimana kehadiran guru tersebut dapat membuat para peserta didik merasa bahagia ketika hadir di tengah-tengah mereka. Bukan sebaliknya yang justru membuat siswa tidak nyaman atau merasa ketakutan. 

Nah, berikut ini akan dipaparkan beberapa poin agar bisa menjadi guru yang menyenangkan: 

1. Menguasai Materi Pelajaran dengan Baik

Meskipun saat ini para siswa bisa belajar dari mana saja, namun kehadiran seorang guru yang dapat memahami materi pelajaran dengan baik masih tetap dibutuhkan. 

Baca Juga:  Peran Guru dalam Implementasi “Merdeka Belajar” Siswa

Ya, di era digital ini guru bukan satu-satunya sumber belajar. Sebab, para siswa bisa belajar dari berbagai media seperti dari Youtube, dari internet, buku, dan lain sebagainya. Tapi, belajar melalui sejumlah media tersebut tidak akan semenyenangkan ketika belajar kepada seseorang yang benar-benar mampu memberikan pemahaman kepada siswa. 

Untuk itu, ketika Anda mengajar, maka harus dipastikan apa yang Anda sampaikan benar-benar dapat dipahami dengan baik. Jangan sampai masuk ke dalam kelas dengan pikiran yang kosong.

2. Mengajar dengan Cara yang Berbeda dari Guru yang Lainnya

Poin kedua ini juga sangat penting, yaitu bagaimana seorang guru dapat memberikan pelajaran kepada siswa dengan cara yang berbeda. Jika ini sanggup Anda lakukan, sudah dapat dipastikan akan membuat siswa senang bahkan merindukan kehadiran Anda di tengah-tengah mereka. 

Baca Juga:  Langkah Membuat Video Pembelajaran dengan Virtual Asisten

Anda bisa mengajar dengan cara yang berbeda dengan guru yang lainnya. Mungkin Anda dapat menghadirkan media pembelajaran yang unik berupa video, animasi, games, dan lain sebagainya di mana semua itu dapat mendukung materi yang Anda sampaikan. 

Memang butuh belajar untuk dapat menghadirkan pembelajaran yang berbeda dengan yang lainnya. Dan saat ini, banyak tersedia platform sebagai media belajar guru untuk keperluan mengajar. Salah satu di antaranya adalah e-Guru.id yang setia menghadirkan pelatihan atau seminar dengan berbagai topik menarik. Kabar baiknya lagi, sejumlah pelatihan dan seminar dapat diikuti secara gratis. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Halaman Selanjutnya

3. Mendidik dengan Sepenuh Jiwa

Share :

Baca Juga

Pendaftaran PPPK 2022

News

Pendaftaran PPPK Tahun 2022: Penjelasan Terkait Akun 51, 52 dan 53 Cek di Sini!

News

PPPK Menjadi Solusi Kebutuhan SDM Di Pemerintahan

News

Resmi! Pemerintah Terbitkan Juknis Pengangkatan PPPK Guru 2022 dan Jadwal Pendaftaran PPPK 2022

Advertorial

Ikutilah Diklat 32JP Cara Membuat Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat Dengan Teknik ATASI

News

Ide Bisnis bagi Guru yang Ingin Menjadi Teacherpreneur

News

Guru Harus Paham Fungsi Serdik Pada RUU Sisdiknas

News

Panduan Pelaksanaan Program Pendidikan Individual Pada Penerapan Kurikulum Merdeka

News

Tampilan Chat pada Google Form Membuat Kuis Online Kian Menarik untuk Siswa