Home / News

Selasa, 1 Maret 2022 - 23:15 WIB

3 Tips Penting Mengikuti PPG 2022

PPG 2022 – Keikutsertaan guru dalam pelaksanaan program profesi pendidikan guru (PPG) menjadi sebuah standar perbaikan kualitas bagi profesi guru sekaligus meningkatkan kompetensi seorang guru khususnya pada mata pelajaran yang ia ampu.

Namun pada kenyataannya, mengikuti pendidikan profesi guru ini tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih lagi pelaksanaan PPG 2022 sepenuhnya dilakukan secara online. Sehingga selain cukup menguras waktu dan biaya, guru juga dituntut untuk fokus dalam mengikuti PPG yang berlangsung selama kurun waktu 4 bulan pelaksanaannya.

Karena selain beban materi maupun kegiatan dalam PPG yang wajib diikuti, guru sebagai peserta PPG juga harus menyelesaikan semua materi yang diberikan. Meski demikian, bagi guru yang telah berhasil mengikuti PPG, maka akan secara otomatis akan memperoleh sertifikat guru dan berhak untuk memperoleh tunjangan profesi.

Pelaksanaan PPG dalam jabatan wajib diikuti oleh seluruh guru PNS, hal ini karena PPG menjadi sebuah standar kelayakan bagi seorang guru dalam hal kompetensi yang ia miliki sesuai dengan mata pelajaran yang ia ajar.

Keberhasilan mengikuti PPG tak hanya berdampak kepada semakin baiknya kesejahteraan yang bakal diperoleh tapi juga akan berdampak pula pada semakin baiknya kualitas pendidikan di Indonesia secara umum.

Tips Mengikuti PPG

Sejatinya, pendidikan profesi guru menjadi kesempatan bagi seorang guru untuk lebih mampu mengembangkan keahlian sekaligus pengetahuannya sebagai seorang pendidik. Terlebih di era digitalisasi seperti saat ini, yang menuntut seorang guru untuk tak hanya mampu melaksanakan proses pembelajaran semata tapi juga harus menguasai teknologi yang erat kaitannya dengan pendidikan.

Untuk bisa mengikuti dan menyelesaikan tahapan dalam pendidikan profesi guru, berikut beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan oleh guru:

Mempersiapkan Diri Secara Matang

Dengan keikutsertaan guru dalam PPG, itu berarti ia sudah harus siap baik fisik maupun mental. Karena, sebagai peserta atau mahasiswa, jadwal PPG akan sangat menyita waktu. Terlebih ketika guru harus mengunggah berbagai tugas yang harus diselesaikan di Learning Management System (LMS)  dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga:  Cara Cek Liniearitas Sertifikat Pendidik bagi Calon Peserta PPG

Meski banyak yang menyebut jika tugas yang diserahkan hanya sebatas formalitas, namun kenyataannya banyak peserta yang terpaksa harus mengulang kembali tugasnya karena nilai yang diperoleh belum maksimal.

Pastikan Kualitas Jaringan Internet yang Stabil

Proses pelaksanaan PPG sepenuhnya dilakukan secara daring. Itu berarti selama 4 bulan ke depan peserta akan sangat mengandalkan jaringan internet yang stabil. Oleh karena itu peserta harus memastikan jika kualitas internet yang ia gunakan untuk mengikuti PPG benar-benar stabil, karena jaringan internet tak hanya digunakan untuk mengikuti proses  pembelajaran saja tapi juga digunakan untuk mengunggah berbagai jenis tugas serta melakukan presentasi secara langsung apalagi jika sedang melakukan weebmeeting yang bisa berlangsung hingga malam hari.

Pahami Aplikasi Webmeeting dan Teknik Editing Video

Karena dilakukan secara daring, maka peserta PPG mutlak harus menguasai dan memahami aplikasi webmeeting khususnya google meet dan zoom. Tak sedikit peserta, khususnya guru yang berasal dari daerah gagal hanya karena tak menguasai aplikasi webmeeting ini. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mendaftar sebagai calon peserta PPG, pastikan Anda telah memiliki pemahaman tentang aplikasi webmeeting tersebut.

Tak hanya itu saja, peserta juga harus sudah memiliki keahlian dalam pemanfaatan berbagai program seperti Word, Powerpoint, PDF hingga Excel karena kebanyakan tugas yang diunggah melalui Learning Management System sepenuhnya menggunakan program-program tersebut.

Selain itu, praktek pengenalan lapangan di PPG yang seharusnya dilakukan secara offline, namun karena daring maka peserta diminta untuk membuat video rekaman. Kemampuan dalam menguasai aplikasi editing video tak kalah pentingnya dalam keikutsertaan PPG 2022.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

RUU Sisdiknas

News

Resmi dari Kemdikbud! Mata Pelajaran yang Diwajibkan jika RUU Sisdiknas Disahkan, Guru dan Kepala Sekolah Wajib Tahu

News

Aturan Baru Pensiun Mulai Tahun 2023 Akan Menerima Dana Cash Hingga Rp.1M
Memaknai lagu hymne guru

News

Manfaat Tes Kepribadian Bidang Pendidikan untuk Siswa

News

NUPTK Bagi Guru. Pengertian, Fungsi, dan Manfaat
https://naikpangkat.com/download-materi-pertemuan-ke-2-diklat-gratis-membuat-desain-bahan-promosi-ppdb-pengenalan-canva-dan-ppt-untuk-desain/

News

Guru Youtuber, Solusi Kreatif Guru Dalam Pembelajaran Masa Kini dan Masa Depan
menjadi teladan bagi anak

News

Ini 5 Kompetensi Sosial Emosional yang Harus Dimiliki Guru

News

Pentingnya Memahami Gaya Belajar Peserta Didik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

News

Besok Terakhir! Segera Ikuti Program Ini Sebagai Syarat Seleksi PPPK 2022, Simak Informasi Selengkapnya