Home / News

Jumat, 5 Agustus 2022 - 23:59 WIB

3 Perlombaan Seru untuk Memeriahkan 17 Agustusan, Cocok untuk Anak TK atau SD

Perlombaan Seru – Setiap kali datang bulan Agustus, sudah menjadi pemandangan umum hadirnya berbagai perlombaan. Semua itu dilakukan untuk memeriahkan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan di dalam artikel ini, akan ditunjukkan kira-kira perlombaan apa yang seru untuk diterapkan kepada usia anak-anak.

Anak-anak memang sudah sepatutnya diajak untuk berlomba di bulan Agustus ini. Selain untuk mengenang hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan menanamkan jiwa nasionalisme, perlombaan yang digelar juga akan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Tapi sayangnya, memilih perlombaan apa yang cocok diberikan kepada anak-anak terkadang bukan sesuatu yang mudah. Jika menggunakan perlombaan yang sama seperti tahun lalu, tentu akan membuat mereka bosan atau bahkan tidak tertarik.

Nah, berikut ini adalah beberapa ide perlombaan seru untuk memeriahkan 17 Agustusan di tahun ini.

Baca Juga:  Mengenal Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning)

Tebak Kata

Permainan Tebak Kata ini akan menjadi permainan yang seru jika dimainkan oleh anak-anak. Permainan ini juga akan membantu kreativitas anak.

Nah, dalam permainan Tebak Kata ini, cara bermainnya adalah, anak yang ada dibagi ke dalam beberapa kelompok. Bisa dibagi menjadi dua atau tiga tim.

Dalam satu tim, anak-anak diminta untuk berbaris. Anak yang paling ujung akan diberikan satu kata untuk disampaikan kepada rekan terdekatnya. Namun untuk menyampaikan kata tersebut tidak boleh dengan mulut, melainkan dengan gerak.

Setelah menjawab, anak kedua melanjutkan menyampaikannya pada rekan setelahnya. Dan anak paling terakhir, diminta untuk mengucapkan kata yang dimaksudkan oleh anak paling ujung.

Baca Juga:  Total Hadiah 3 Juta! Ikuti Lomba Video Puisi Online dari e-Guru.id

Hasilnya akan mencengangkan. Tak jarang akan menggelikan.

Mengambil Bola

Mengambil bola memang mudah, namun hal itu akan menjadi rumit ketika diterapkan dalam permainan ini.

Dalam perlombaan Mengambil Bola ini, anak diminta untuk berdiri saling berhadapan. Tugas mereka adalah mengambil bola yang ditaruh di hadapan antara kedua anak tersebut.

Namun ada cara mainnya untuk mengambil bola. Panitia akan menyebutkan kepala, pundak, lutut, kaki (bisa sambil bernyanyi). Bola hanya boleh diambil ketika panitia secara tiba-tiba menyebut kata “Bola”.

Untuk itu, peserta lomba ini perlu konsentrasi penuh. Pasalnya ketika panitia menyebut bola, maka mereka harus segera mengambil bola dengan saling mendahului. Yang tidak dapat bola, tentu saja kalah.

Halaman Selanjutnya

Mengeluarkan Bola Pingpong…

Share :

Baca Juga

pengolahan data penelitian

News

Talent Mapping untuk Mengetahui Potensi Anak

News

Strategi yang Efektif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

News

Gaji Ke-13 PNS dan Pensiunan telah cair dan siap masuk ke rekening ASN
akm

News

Pendidik Wajib Tahu, Cara Menyusun Dokumentasi Hasil Projek Siswa
https://naikpangkat.com/begini-teknik-mudah-mengembangkan-potensi-diri/

News

Begini Teknik Mudah Mengembangkan Potensi Diri

News

5 Data Wajib, Agar Dipanggil Pretest dan PPG 2022

News

3 Manfaat Penting Refleksi Pembelajaran Menyongsong Tahun Ajaran Baru

News

Segera Daftar! Diklat 64JP : Strategi Perencanaan Perbaikan Proses Pembelajaran di Satuan Pendidikan