Home / News

Senin, 12 Juli 2021 - 01:03 WIB

3 Aplikasi Paling Mudah untuk Membuat Kuis & Ujian Online

Di masa pandemi ini seluruh kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara online. Bukan hanya dalam penyampaian materi, penugasan hingga ujian pun harus dilakukan secara online. Oleh sebab itu, guru dituntut tahu bagaimana cara menyampaikan materi yang menarik dan juga cara mudah untuk membuat kuis atau ujian online. 

Untuk membuat ujian atau kuis online sendiri terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh guru.  

Dalam pembuatan ujian atau membuat kuis secara online terdapat beberapa tipe soal bisa dibuat. Umumnya, tipe soal yang digunakan dalam sebuah ujian atau kuis adalah soal dengan pilihan ganda dan soal esai di mana semua jawaban berasal dari para siswa. Untungnya, semua tipe tersebut dapat dibuat secara online.  

Di setiap level kelompok belajar, penyajian soal mungkin akan berbeda-beda. Untuk anak kelas rendah, misalnya, soal harus dibuat dengan menyertakan gambar-gambar agar lebih menarik dan tidak membuat siswa lekas bosan. Misalnya untuk anak kelas 1, soal harus disertai dengan gambar atau soal-soal yang interaktif. 

Di tingkat yang lebih tinggi, penyajian soal tentu berbeda. Untuk kelas enam, misalnya, soal harus mempertimbangkan unsur-unsur yang dapat membuat siswa berpikir tingkat tinggi. Hal ini perlu dipertimbangkan ketika akan membuat soal-soal ujian. 

Baca Juga:  Pembelajaran Menyenangkan dengan Proprofs Brain Game saat Kondisi Darurat Covid-19

Soal yang dibuat secara online dapat mengakomodasi semua kebutuhan tersebut, yaitu menyajikan soal yang kaya media dan soal yang mudah diakses secara online. Justru soal ujian atau kuis yang dibuat secara online ini akan lebih kaya media. 

Sementara itu, keterampilan guru dalam membuat soal secara online ini sangat penting. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini di mana semua proses pembelajaran harus dilakukan secara online. 

Berikut ini adalah daftar aplikasi pembuat soal ujian atau kuis yang paling mudah digunakan oleh para guru:

Google Form

Google Form adalah aplikasi yang dibuat oleh Google sehingga untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus memiliki akun Gmail.  Yang menarik dari Google Form ini, Anda dapat membuat soal dalam berbagai tipe, baik untuk membuat soal pilihan ganda atau soal esai panjang dan pendek. 

Quizizz

Quizizz merupakan aplikasi online yang dapat digunakan untuk membuat kuis atau soal ujian yang interaktif dan menarik. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menambahkan gambar atau bahkan musik pada soal yang Anda buat. Sehingga soal yang dibuat melalui Quizizz ini akan lebih menarik bagi para siswa. 

Baca Juga:  Sistematika Membuat Makalah Best Practice

Keunggulan Quizizz ini adalah para guru bisa menggunakan bank soal yang sudah tersedia pada aplikasi tersebut. Sehingga guru tidak perlu membuat soal dari awal jika telah menemukan soal yang sesuai. 

Microsoft Forms

Selain dua aplikasi di atas, alternatif yang dapat digunakan dalam membuat soal online adalah melalui Microsoft Forms. Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan dalam pembuatan soal. 

Microsoft Forms ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Microsoft. Sehingga aplikasi tersebut dapat terintegrasi dengan Microsoft Excel atau Microsoft Words. Jadi ketika melakukan penilaian, guru dapat melakukannya melalui Excel atau Words. 

Nah, demikian penjelasan singkat tentang tiga aplikasi pembuat soal ujian dan kuis yang paling mudah digunakan dan layak untuk dicoba. 

Pelatihan di atas gratis untuk member e-Guru.id. Dan untuk daftar menjadi member e-Guru.id dapat dilakukan melalui link berikut ini: DAFTAR MEMBER 

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi via WhatsApp atau Telegram

Share :

Baca Juga

News

Ribuan Guru Terancam Gagal Cair Tunjangan Sertifikasi Karena 1 Hal Ini !

News

Beasiswa Eguru Foundation : Gratis Pelatihan Bersertifikat 32JP

News

RPP Berdiferensiasi dan Cara Pembuatannya
marching band

News

Kumpulan Ice Breaking Daring dan Luring
https://naikpangkat.com/gratis-pendaftaran-tinggal-hari-ini-seminar-nasional-kurikulum-merdeka-bersertifikat-4jp/

News

Kurikulum 2022, Guru Sertifikasi Tidak Wajib Lagi Mengajar 24 Jam

Advertorial

Penting! Ikutilah Pelatihan Bersertifikat 32JP Penysunan DUPAK Guru

News

Inilah Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Pada Dunia Pendidikan, Guru Harus Paham!

News

Alur Pendaftaran Ujian UKBI dan Manfaatnya