2 Informasi Penting untuk Guru Semua Jenjang dan Tenaga Kependidikan di Seluruh Indonesia, Segera Lakukan Hal Ini!

- Editor

Rabu, 23 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dua informasi penting untuk guru dan tenaga kependidikan ini berasal dari Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Melalui surat edaran nomor 1205/D1/TI.01.00/2022 perihal informasi insiden kebocoran data yang terjadi pada hampir semua situs milik Kemdikbud.

Informasi lainnya adalah terkait dengan terjadinya perubahan data GTK di Dapodik dengan sendirinya. Perubahan tersebut dialami oleh beberapa guru pada aplikasi Dapodik.

Kebocoran Data Kemendikbud

Kemdikbud telah menginformasikan melalui surat edarannya terkait dengan insiden kebocoran data yang terjadi di hampir semua situsnya.

Pemberitahuan informasi insiden kebocoran data milik Kemendikbud ini sumbernya diketahui berasal dari salah satu pengguna Twitter. Akun Twitter ini mengatakan bahwa ia melaporkan adanya Stealer Malware Intelligence Report yang merambat ke beberapa platform milik Kemdikbud.

Akun Twitter tersebut melaporkan sekitar Rp10.000 situs lebih yang terkena virus Malware. Artinya virus ini bisa berbahaya karena semua identitas GTK termasuk data siswa ada di database Kemdikbud.

Adanya insiden ini, mengharuskan tenaga kependidikan dalam hal ini operator sekolah untuk melakukan pergantian password. Itulah kenapa kemarin di Info GTK itu diminta untuk melakukan update password, ternyata dasarnya adalah terjadinya peristiwa kebocoran data ini.

Langkah pergantian password

Untuk melalukan pergantian password di aplikasi Dapodik, harus melalui Dinas Pendidikan. Jika sudah dirubah, maka instal kembali aplikasi Dapodik tersebut.

Kemudian untuk pergantian password akun PTK, Anda perlu melakukannya di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Caranya klik pada menu Akun, kemudian klik Daftar Akun, lalu klik Tampilkan pada kolom yang tersedia.

Selanjutnya untuk pergantian password akun verval, Anda harus mengunjungi situs https://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Verval yang dimaksud adalah semua akun yang login dengan SSO.

Misalnya verval PTK, vervalp PD, verval SP, dan lain sebagainya. Caranya adalah bisa langsung klik Lupa Passswor dibagian atas, atau bisa juga dengan cara login terlebih dahulu.

Jika melalui cara login, maka anda klik menu Akun pada kanan atas layer. Kemudian klik Ubah Password. Silakan Anda ketikan password lama dan password baru sesuai dengan ketentuan pembuatan password. Kemudian konfirmasi kembali password barunya. Setelah itu klik Ubah Password.

Lakukan pergantian password yang kuat

Perlu dipahami bahwa password yang baik itu adalah sesuai petunjuk yang telah dijelaskan dalam deskripsi pembaruan dan perbaikan.

Disana dijelaskan bahwasanya kata sandi yang kuat adalah salah satu cara untuk mempertahankan akun dan informasi pribadi satuan pendidikan dari upaya retas atau hacker.

Diantaranya adalah memiliki minimal 8 karakter, mengandung huruf besar A-Z kemudian mengandung huruf kecil a-z, mengandung angka 0-9, dan mengandung tanda baca yang sesuai ketentuan (misalnya garis bawah, garis mendatar, tagar, dan lain sebagainya).

Perubahan Data GTK dengan Sendirinya

Informasi penting untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya adalah asanya perubahan data GTK dengan sendirinya yang dialami oleh beberapa guru termasuk tendik.

Perubahan tersebut terjadi tanpa sepengetahuan pengguna. Hal ini mengharuskan pengguna melakukan pengecekan dengan teliti terhadap data GTK agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dilansir dari berbagai sumber, ada pengguna yang di data GTK harusnya GTY, kemudian berubah menjadi guru honorer. Padahal sekolah tidak melakukan perubahan, demikian Dinas juga tidak melakukan perubahan.

Kemudian ada juga yang tadinya guru mapel, berubah statusnya menjadi guru kelas. Yang tadinya GTY berubah menjadi honor daerah. Bagi Anda pengguna akun GTK, silakan dicek data-datanya. Error ini terjadi ketika kita update ke Dapodik 2022.d.

Memang tidak semua pengguna mengalami, akan tetapi ada beberapa kasus perubahan data terjadi begitu saja di Dapodik data GTK-nya. Karena ada juga yang tadinya Tenaga Kependidikan datanya berubah menjadi guru.

Operator sekolah perlu mengecek satu persatu data-data GTK, kalau memang tidak ada yang berubah berarti sudah aman. Akan tetapi kalau ada yang berubah, silakan lapor ke Dinas untuk melakukan pergantian atau perbaikan data. Karena dalam hal ini operator Dinas yang bisa melakukan perbaikan data ini.

Demikian dua informasi penting untuk guru dan tenaga kependidikan. Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadilah Guru yang siap dan mampu mendesain Teknologi Pembelajaran yang cocok dan relevan diterapkan di kurikulum merdeka!. Ayo bergabung bersama e-Guru.id dan rancang pembelajaran di kelas agar lebih menarik dan kekinian!

e-Guru.id yang merupakan suatu platform peningkatan kualitas dan kompetensi guru dan nikmati pelatihan gratis bersertifikat 32 JP setiap bulan serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Keuntungan Menjadi Member e-Guru.id

  • Free pelatihan 32jp setiap bulan
  • Tiket VIP SEMNAS 4JP setiap bulan
  • Loka karya 4jp
  • Free E-KTA e-Guru.id
  • Grup member Telegram dan WhatsApp
  • Selalu ada potongan harga untuk member yang mengikuti DIKLAT/BIMTEK/WORKSHOP

Klik disini untuk mendaftar!

Klik disini untuk mendaftar!

Berita Terkait

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok
5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI
Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK
Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini
Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024
Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 29 Mei 2024 - 02:34 WIB

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok

Rabu, 29 Mei 2024 - 01:49 WIB

5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 10:54 WIB

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 10:52 WIB

Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Berita Terbaru

Keluarga Besar SD Negeri 001 Tanjung Perepat, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 H / 2023.

News

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB