Home / News

Jumat, 5 November 2021 - 07:48 WIB

Tips Mencari Jurnal di Google Scholar, Optimalkan Fitur-fitur Berikut Ini!

 

Google Scholar merupakan salah satu produk dari Google yang ditunjukkan untuk bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Cara kerja dari Google Scholar tidak jauh berbeda dengan mesin pencarian Google. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang diinginkan, Anda dapat memasukkan kata kunci yang spesifik.

Umumnya, Google Scholar digunakan sebagai tempat untuk mencari jurnal dan hasil kajian penelitian. Di dalam platform Google Scholar juga terdapat berbagai filter yang dapat Anda gunakan untuk mendapat pencarian yang spesifik yakni seperti filter tahun terbit jurnal.

Untuk mengoptimalkan proses pencarian jurnal, terdapat beberapa fitur yang bisa Anda gunakan dari Google Scholar baik itu bagi mahasiswa, guru maupun dosen. Fitur-fitur dari Google Scholar tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Membuat Kutipan

Sebagai dosen atau guru, untuk naik pangkat tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah menerbitkan karya tulis atau publikasi ilmiah. Dalam menyusun karya tulis ilmiah tersebut, tentu ketika mengutip sumber rujukan perlu dicantumkan sesuai dengan kaidah seperti APA style, Mendeley, atau yang lainnya.

Baca Juga:  Apresiasi Hasil Belajar Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dengan menggunakan artikel atau jurnal yang didapat dari Google Scholar, anda dapat langsung mengutipnya tanpa harus menuliskan ulang di tab ‘Reference’ MS Word atau mesin pembuat sitasi lainnya. Caranya adalah dengan mengklik ikon tanda kutip (“) yang terdapat di bawah judul artikel pada halaman Google Scholar. Kemudian copy-paste ke lembar kerja MS Word. 

Perpustakaan Pribadi

Jika biasanya Anda hanya mengunduh file artikel, jurnal, maupun paper dari Google Scholar ke dalam PC Anda, ternyata ada cara yang lebih efisien untuk mengumpulkan artikel-artikel ke dalam satu direktori tanpa perlu mengunduh semuanya. Caranya adalah dengan menambahkan artikel-artikel tersebut ke dalam perpustakaan pribadi.

Untuk membuat perpustakaan pribadi, Anda dapat mengklik ikon berbentuk bintang yang terdapat di bawah hasil pencarian. Setelah itu, jika anda ingin menemukan artikel-artikel tersebut, Anda dapat langsung masuk ke menu ‘My Library’ yang terletak di bagian sidebar. Di menu ini, Anda juga dapat melihat daftar informasi dari jurnal atau artikel tersebut, seperti judul dan abstraknya. 

Baca Juga:  Cara Daftar dan Syarat Jadi Guru Penggerak

Fitur Alert

Untuk memudahkan Anda mendapatkan artikel atau jurnal terkait penelitian yang sedang dilakukan, Anda dapat menyalakan fitur alert yang terdapat pada Google Scholar. Sehingga Anda tidak akan tertinggal isu yang sedang berkembang berkenaan dengan topik penelitian yang dilakukan. 

Dalam hal ini, Google Scholar bekerja dengan memberikan notifikasi terkait kata kunci yang spesifik. Untuk dapat menikmati fitur ini, Anda dapat mengaktifkan menu ‘Alerts’ yang berupa simbol amplop pada menu sidebar. Kemudian klik ‘Create Alert’ dan masukkan kata kunci di ‘Alert Query’. 

Jurnal-jurnal yang Anda cari tersebut, pastinya akan sangat bermanfaat ketika Anda sedang menulis karya-karya ilmiah. Misalnya Anda seorang guru, ketika Anda sedang membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pastinya membutuhkan rujukan dari jurnal. Dan tips di atas bisa Anda terapkan. 

Ikuti Bimtek 85JP Membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk Naik Pangkat dengan klik link berikut ini: DAFTAR BIMTEK

INFO LEBIH LANJUT, HUBUNGI: 082132961814

Share :

Baca Juga

News

Cara Mengubah PTK Menjadi Buku Ber-ISBN
membuat presentasi

News

Wajib Tau! 5 Tips Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Asyik

News

Implementasi dan Tahapan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

News

Tips Mengajar di Masa Pandemi Paling Efektif
cara membuat website guru

Karya Inovatif

Cara Mudah Guru Membuat Website Profesional dengan Blogger

News

3 Rekomendasi Website Belajar Matematika Menyenangkan

News

Terungkap! Inilah Alasan PPPK Tahap 3 Digabung Dengan PPPK 2022

News

Ini Syarat dan Cara Mengajukan NUPTK 2022 Secara Online