Home / News

Jumat, 10 Desember 2021 - 05:54 WIB

Tips Membuat Channel Youtube untuk Pembelajaran

Membuat channel Youtube untuk pembelajaran penting untuk dilakukan oleh guru di era digital. Pasalnya, pembelajaran saat ini mayoritas dilakukan secara online. 

Youtube sendiri saat ini mulai populer untuk dijadikan sebagai media pembelajaran online. Tidak dapat dipungkiri, memang pembelajaran online berbasis Youtube ini lebih mudah untuk diakses siswa karena Youtube dapat diunduh langsung melalui smartphone. Di samping beberapa platform pembelajaran online lainnya, Youtube menjadi salah satu media pembelajaran interaktif yang menyenangkan.

Nah, dalam membuat channel Youtube untuk pembelajaran itu sendiri sebetulnya bukanlah suatu hal yang sulit. Namun, untuk membangun channel Youtube pembelajaran agar menarik dan tidak membuat siswa bosan adalah hal lain yang memerlukan usaha lebih. 

Jika Anda ingin memulai channel untuk pembelajaran online berbasis Youtube, maka beberapa tips berikut ini mungkin akan berguna untuk Anda. Silakan disimak!

Pelajari Cara Editing dan Teknik Penyampaian Materi secara Daring

Skill editing sangat dibutuhkan jika Anda ingin memulai membuat channel Youtube untuk pembelajaran online. Sebab, jika Anda menggunakan jasa orang lain untuk mengedit video, mungkin Anda akan butuh mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. 

Baca Juga:  Wajib Tahu, 2 Keistimewaan Guru Honorer K2 dan THK-II yang Lulus dan Tidak Lulus PG pada Seleksi PPPK Tahap 3 Tahun 2022!

Sebenarnya, Anda tidak memerlukan editing yang rumit jika baru ingin baru memulai membuat channel Youtube pembelajaran. Editing sederhana bisa Anda lakukan untuk menghasilkan video pembelajaran. Beberapa aplikasi editing video bahkan bisa juga Anda gunakan melalui smartphone, seperti aplikasi VivaVideo, Kinemaster, Inshot, dan lain lain.

Di samping itu, teknik penyampaian materi secara daring juga perlu untuk Anda pelajari kembali agar dapat menghasilkan video yang tidak membosankan. Karena memang, ketika Anda berbicara atau menjelaskan materi di Youtube, Anda tidak benar-benar berbicara dengan siswa secara langsung, berbeda dengan saat Anda menjelaskan materi di kelas.

Mulailah dengan Satu Topik Pembelajaran 

Berikutnya, fokuslah pada mata pelajaran yang Anda ampu di sekolah. Dalam satu mata pelajaran, tentu terdapat banyak sekali topik atau materi yang akan diajarkan. Anda dapat coba memilih satu topik dalam sub materi yang secara sederhana dapat Anda buat dalam bentuk video. 

Misalnya, untuk materi imbuhan dalam bahasa Indonesia, Anda dapat membuat video penjelasannya di Youtube. Jika Anda telah sukses membuat video pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami, maka Anda dapat mulai untuk melanjutkan membuat video pembelajaran dengan sub materi lainnya.

Baca Juga:  Pengertian, Tujuan, dan Fungsi PKG, SKP dan Dupak

Perhatikan Jadwal Unggah dan Penulisan Judul Video

Jadwal pengunggahan video menjadi hal yang tidak boleh luput dari pertimbangan. Pastikan Anda konsisten dalam mengunggah video pembelajaran tersebut agar penonton tahu kapan bisa mulai melanjutkan belajar dengan Youtube. Di samping itu, konsistensi dalam waktu pengunggahan juga akan memberikan dampak baik dalam jangka panjang apabila channel Anda telah dimonetisasi.

Selain jadwal unggah, penulisan judul video juga penting untuk diperhatikan. Pastikan kalimat judul mudah untuk dicerna dan dicari. Jangan membuat kalimat judul yang terlalu panjang dan berbelit-belit. Dalam hal ini, Anda dapat mempelajari aturan SEO agar konten video Youtube Anda bisa muncul cepat dalam pencarian. 

Nah, demikianlah beberapa tips membuat channel Youtube untuk pembelajaran. Semoga membantu!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik di era digital. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/gratis-pendaftaran-tinggal-hari-ini-seminar-nasional-kurikulum-merdeka-bersertifikat-4jp/

News

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN! Pelatihan Bersertifikat 64 JP Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

News

Penetapan Daerah Tertinggal dan Kriteria Guru yang Berhak Menerima Tunjangan Khusus di Tahun 2022

News

Mengenal Lebih Jauh Konsep Merdeka Belajar dalam Pendidikan 4.0
https://naikpangkat.com/mengenal-kelebihan-aplikasi-zipgrade/(buka di tab baru)

News

Mengenal Kelebihan Aplikasi ZIPGRADE

News

Informasi Terbaru! Kemenag Butuh 192.008 Formasi Guru Madrasah

News

Aplikasi Google Terintegrasi : Cara Mudah Membuat Website Pembelajaran Gratis dengan Google Sites

News

Resmi Dari Kemenag, Pengumuman Hasil Pretest PPG PAI 2022
pengembangan diri guru

News

2 Unsur Penting dalam Penilaian Angka Kredit Guru PNS