Home / Pengembangan Diri / Pengembangan Profesi

Jumat, 5 Agustus 2022 - 00:01 WIB

Tips Kreatif! Manfaatkan PPT Untuk Pembelajaran

PPT – “Secanggih apapun teknologi tidak akan pernah menggantikan peran guru, tetapi guru yang tidak mau belajar teknologi akan tergantikan.” Dari tagline tersebut sudah saatnya guru beradaptasi dengan platform digital. Melalui pemanfaatan teknologi digital guru dapat menampilkan ide-ide kreatif untuk saat kegiatan pembelajaran.

Kita semua tahu bahwa tekologi akan senantiasa berkembang dan dekat dengan hidup kita. Sehingga mengarahkan peseta didik untuk menggunakan platform digital di kelas harus masif dilaksankan, agar siswa dapat mencapai hasil yang lebih baik.

Salah satu software yang dapat membantu Guu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif adalah power point. Pilihan untuk menggunakan PPT dalam memasifkan pebelajaran berbasis digital sangat menguntungkan, sebab untuk mengaksesnya tidak memerlukan jaringan internet.

Tentu Power point media pembelajaran sudah sangat familiar di kalangan guru. Media ini dapat membantu anda dalam menyampaiakan bahan ajar dengan lebih menarik dan estetik. Powerpoint sangat cocok digunakan untuk siswa sekolah berjenjang bahkan hingga mahasiswa di perguruan tinggi.

Tugas seorang Guru Cerdas hanya tingga menyesuaikan konten dan template yang paling sesuai dengan topik pembahasan yang akan dibawa.

Powerpoint dengan segudang keunggulannya sangat Mudah dioperasikan oleh para pendidik saat belajar dikelas. Membuat sajian yang menarik melalui powerpoint tidak sesulit yang dibayangkan. Oleh karena itu, diharapkan selesai membaca tips memanfaatkan aplikasi ini diharapkan guru akan semakin terampil untuk mengoprasikan.

Langsung aja naikpangkat.com akan memberikan tips agar mudah membuat PPT yang menarik untuk membangkitkan minat belajar siswa. Berikut langkah-langkah yang perlu guru coba:

  1. Membuat Opening Slide yang menarik

Melansir dari akupinta.id hal perrtama yang pelu diperhatikan adalah bagian opening PPT. Istilah lainnya adalah membuat killer opening slide. Dalam killer opening slide, konten harus sebisa mungkin memukau audiens atau siswa pada pandangan pertama.

Kenapa Killer opening slide direkomendaiskan untuk dibuat pada slide paling awal? Hal Ini Karena menit-menit awal pesentasi adalah momentum krusial. Konsistensi audiens atau siswa mengikuti acara hingga penutup ditentukan disitu.

Buatlah siswa penasaran dengan pembuka presentasi yang unik. Melalui gambar-gambar yang mengandung clue dari pembahasan misalnya. Jangan lupa memperhatikan antara warna template dengan warna teks.

Awal presentasi adalah penentu keberhasilan keseluruhan presentasi. Apabila anda berhasil memukau audiens di awal, maka siswa akan konsisten memperhatikan presentasi sampai akhir.

  1. Memakai Tema

Menyusun power point yang estetik dan menarik bukan hal yang sulit. Cara praktis yang bisa ditempuh diantaranya dengan mengunduh tema di intenet. Selain itu ada juga alternatif lain yang bisa dipilih yaitu dengan mengunduh tema-tema berbayar yang meman menyediakan tema power point.

Namun jika jaringan internet rumah anda tidak begitu baik dan enggan untuk mengunduh tema. Menggunakan tema premium dari website penyedia tema power point.

Menyajikan gagasan didalam PPT dengan memadukan tema-tema yang unik terrbukti dapat memantik imajinasi audiens dan membuatnya tertarik untuk mengikuti. Kesimpulannya tema tidak hanya sekedar menyajikan kombinasi warna dan font. Tetapi tema juga berguna untuk menyajikan gagasan untuk desain slide presentasi.

Anda dapat mengunduh tema ppt secara gratis maupun yang berbayar dengan mengakses link dibawah ini :

https://slidesgo.com/

  1. Menggunakan Slide Master

Selanjutnya cara yang mesti diperhatikan guru untuk menyusun power poin pembelajaran yang menarik adalah Slide Master. Slide master adalah cara yang digunakan untuk memperhatikan sinkronisasi dan konsistensi antar slide presentasi.

Langkah ini berguna untuk menjaga konsistensi elemen slide. Fitur slide master sangat penting untuk diperhatikan. Guna menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti font atau style writing, gambar dan warna latar belakang slide.

Baca Juga:  Unduh Materi Pertama: Optimasi Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Berbasis Projek

Fitur yang satu ini juga berguna untuk menghemat waktu pembuatan PPT.  Fungsi Fitu slide master dapat digunakan sebagai template sesuai dengan keinginan dalam waktu yang lebih singkat.

  1. Gunakan Teks yang Tepat dan Mudah Dibaca

Dalam menyusun PPT alangkah baiknya anda tidak mengisinya dengan tulisan penuh layaknya sebuah buku. Seperti namanya “Power Point” maka sudah seharusnya materi yang ditampilkan adalah point penting yang menjadi inti dari sebuah buku.

Pastikan juga teks yang ada dalam presentasi mudah dibaca. Hal yang perlu diperhatikan antaralain tone warna font dengan warna template. Gunakan ukuran font yang proporsional sehingga dapat dibaca oleh audiens di bangku belakang.

Pemilihan warna juga tak kalah Penting. Warna yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan topik agar terbaca dengan baik.

  1. Cantumkan Point Isi Buku Saja

Masih sama seperti penjelasan pada point empat, presentasi yang baik adalah yang menampilkan point-point dari materi yang ada pada modul. Bukan menampilkan modul secara digital. Tulis poin Penting dari sebuah modul bacaan. Dengan menampilkan poin-poin Penting, siswa atau audiens akan lebih Mudah mengingat materi yang tecantum di PPT.

  1. Menggunakan Gambar dan Video Pendukung

Powerr point adalah media yang berbasis digital, tentunya media power point bersifat multimodal. Maksudnya adalah power point tidak hany berguna untuk menampilkan tulisan-tulisan saja. Tetapi penjelasan poin-poin materi juga dapat menggunakan vidio yang ditempel di template.

Pemaduan gambar dan video yang ditampilkan lewat power point semakin memperindah media pembelajaran. Tentu hal ini akan menjadi poin plus yang menarik perhatian siswa sehingga mereka mudah memahami.

  1. Menampilkan Presentasi dengan Fitu Video

Ketimbang harus bolak balik ke meja tempat anda meletakan laptop untuk mengganti halaman slide, memanfaatkan fitur video presentasi jauh lebih efektif. Video presentasi adalah salah satu fitur yan bisa dimanfaatkan oleh guru ketika akan menampilkan PPT.

Selain dapat memasukan video pada slide presentasi, anda juga dapat memanfaatkan fitur video presentasi yang dibuat dengan power point. Cara membuat video pembelajaran powerpoint sangat mudah sekali.

Langkahnya dapat dimulai setelah anda menyelesaikan seluruh bagian-bagian slide yang berisi materi. Setelah seluruh materi terangkum dalam slide anda tinggal mengekspr file ke dalam bentuk video. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik File pada pojok kiri atas PC/Laptop anda
  • Kemudian klik tombol Eksport
  • Dan yang paling terakhir adalah klik tombol “Create a Video”
  1. Membuat Quis atau Permainan Edukatif

Menyajikan materi pada power point tentu sudah biasa, apabila terlalu sering diulang maka akan cenderung membuat siswa menjadi bosan. Hal kreatif yang mesti dilakukan untuk menjadi terobosan adalah dengan membuat permainan edukatif berbasis power point.

Salah satu game edukatif yang dapat dijadikan pilihan memory games brain training. Games semacam ini sudah banyak tersedia di you tube. Anda tinggal mengunduhnya melalui gadget anda dan mencantumkannya di akhir slide. Ide ini cukup menarik untuk diterapkan sebagai sarana ice breaking.

Anda dapat mengakses video tersebut dengan mengakses link dibawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=Um1EXbwmYY

Special dari e-Guru.id Pelatihan 32JP : Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Power Point, Pelaksanaan tanggal 5, 6, 8, 10, 12 Agustus 2022

Daftar Segera! dengan klik Daftar Disini

Ingin dibantu mendaftar? silahkan hubungi admin

📲 wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

 

(yud/law)

Share :

Baca Juga

News

[Breaking News] RESMI! Kemendikbud Bagikan Kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Segera Cek

Pengembangan Diri

Contoh Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Projek Profil Pelajar Pancasila

Pengembangan Diri

Media Pembelajaran Yang Tepat Dalam Kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

Unduh Materi Hari kedua Pelatihan 32JP Media Pembelejaran Interaktif

Pengembangan Diri

Implementasi Inovasi Merdeka Belajar di Era Education 4.0

Pengembangan Diri

Cara Menentukan Tema P5 Sesuai dengan Tahapan Satuan Pendidikan
standar nasional PAUD

Pengembangan Diri

Belajar Kesehatan Mental Untuk Meningkatkan Semangat Belajar
metode belajar membaca anak sekolah dasar

Pelatihan Guru

Pelatihan Gratis 40 JP: “Cara Revolusioner Belajar Bahasa Inggris”