Home / News

Rabu, 24 Agustus 2022 - 22:04 WIB

Terapkan Model Pembelajaran Ini Agar Siswa Bisa Mandiri dalam Belajar!

Pembelajaran Self-Directed – Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru di kelas adalah model pembelajaran self-directed. Model pembelajaran self-directed mempunyai arti sebagai ‘kemandirian belajar’.

Dengan begitu, siswa harus membaca-baca materi terlebih dahulu sebelum bertemu dengan guru di kelas. Karena keberhasilan kegiatan belajar dengan model ini seluruhnya ada pada siswa.

Membutuhkan kemampuan individu untuk mengelola pembelajaran secara mandiri sesuai dengan otonomi yang dimiliki.

Meski begitu, peran guru tetap dibutuhkan untuk membimbing, mendidik, dan mendukung proses pembelajaran yang dilakukan siswa.

Tentang Model Pembelajaran Self-Directed

Istilah lainnya dari model pembelajaran self-directed adalah self-directed learning, independent learning, self-instruction, self-study, self-teaching, dan autonomous learning. Dengan memiliki arti yang sama yaitu kemandirian dalam belajar.

Self-directed learning ini merupakan sebuah upaya untuk menambah pengetahuan, meningkatkan keahlian dan prestasi, serta mengembangkan diri agar menjadi lebih baik.

Pelaksanaan pembelajaran ini diawali dengan inisiatif diri sendiri dengan belajar merencanakan belajar sendiri atau self-planned dan melakukan pembelajaran mandiri atau self-conducted.

Baca Juga:  Download Materi Seminar "Model-model Pembelajaran yang Mendukung Kurikulum Prototipe"

Dengan menerapkan pembelajaran ini, akan membantu siswa untuk menyadari bahwa kebutuhan belajar, tujuan belajar, dan membuat strategi belajar itu sangat penting. Karena dapat menghasilkan nilai dan hasil belajar yang baik. Serta membuat siswa bertanggung jawab untuk mencerdaskan dirinya sendiri.

Model pembelajaran self-directed merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang memungkinkan pelajar dapat mengambil inisiatif sendiri, dalam mendiagnosis kebutuhan belajarnya, merumuskan tujuan belajar, mengidentifikasi sumber-sumber untuk belajar, memilih dan mengimplementasikan strategi pembelajaran, dan mengevaluasi output pembelajaran.

Definisi dari belajar mandiri dapat diasumsikan sebagai suatu proses pembelajaran atas inisiatif menunjukkan kesediaan untuk melaksanakan model pembelajaran self-directed, mampu menentukan nasibnya sendiri dan memilih sendiri cara terbaik untuk dia bisa belajar serta dapat memperluas keterampilan yang dimilikinya. 

Halaman berikutnya

Tahap-tahap model pembelajaran self-directed..

Share :

Baca Juga

News

Guru Harus Paham, Penyebab Formasi PPPK Guru Tidak Dapat Dipilih

News

Cara Membuat Kuis Online Pada Google Form Yang Perlu Diketahui Guru
Pelamar prioritas dan umum PPPK 2022

News

Inilah Syarat dan Formasi CPNS tahun 2023

News

Resmi! Penjelasan BKN Tentang Absensi Keaktifan di Akun SSCASN Guru yang Lulus PG

News

Penyebab Tunjangan Sertifikasi Diberhentikan! Berikut Detailnya

News

Penjelasan Terbaru dari MenPANRB Soal Gaji PNS 2023, Ada Kenaikan?

News

Rincian Formasi CASN PPPK Guru Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022

News

Guru Wajib Tahu! Berikut Ini Alur Pendaftaran PPPK Guru Tahun 2022 : Syarat dan Ketentuan