Home / News

Minggu, 12 Juni 2022 - 05:21 WIB

Strategi Mengajar agar Tersusun Rapi dan Menyenangkan

Strategi MengajarStrategi guru dalam mengajar itu perlu dipersiapkan dan diperhatikan. Mengajar bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan begitu saja. Ketika anda sudah memiliki ilmunya untuk dibagikan pun, maka akan kurang maksimal ketika strateginya kurang dipersiapkan dengan baik.

Strategi guru ini harus disesuaikan juga dengan kondisi kelas dan muridnya. Setiap jenjang dan kelas yang anda ajar itu tentu saja caranya akan berbeda. Misalnya seperti mengajar di kelas 5 SD dengan kelas 1 SMP itu caranya sudah pasti berbeda.

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa strategi mengajar bagi guru yang bisa anda kuasai untuk mengajar agar menjadi lebih siap dan menyenangkan untuk murid.

Baca Juga:  Download Pedoman ! Capaian Pembelajaran Kurikulum 2022 Untuk Semua Jenjang dan Semua Mata Pelajaran

Niat yang Tulus

Niat yang tulus adalah dasar dari segala yang dilakukan oleh guru. Pada dasarnya guru itu bukanlah profesi atau pekerjaan layaknya karyawan kantoran. Tetapi lebih kepada pengabdian untuk mencetak anak bangsa. Maka dari itu sebelum menerima strategi lainnya, anda harus meluruskan terlebih dahulu niatnya.

Niat yang sudah lurus dan baik itu tentu saja akan mendorong pada kebaikan. Jadi hal ini bisa anda ingat-ingat agar ketika mengajar itu penuh dengan keikhlasan. Ketika anda sudah memiliki keikhlasan maka segala sesuatu yang disampaikan itu akan berbuah baik dan diterima baik oleh murid.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Dihindari Guru saat Mengajar agar Pembelajaran Optimal

Kerangka Mengajar

Kerangka mengajar yang saat ini digunakan adalah student centered. Hal ini berarti bahwa sebuah pengajaran di kelas itu harus melibatkan murid dalam prosesnya. Jadi kerangka mengajar satu arah dari guru seperti ceramah atau teacher centered itu sudah banyak ditinggalkan.

Tetapi untuk beberapa kondisi dan jenjang tertentu memang masih ada yang menggunakan pembelajaran satu arah tersebut. Namun, alangkah baiknya jika semuanya mulai beralih pada pembelajaran yang selalu melibatkan murid. Sehingga dalam kelas itu murid tidak hanya berperan sebagai objek saja, tetapi bisa juga sebagai subjek atau pelaku.

Halaman Selanjutnya

Pembelajaran yang Disertai Humor…

Share :

Baca Juga

5 prinsip powerpoint david philips

News

5 Prinsip Powerpoint David Philips

News

3 Aplikasi Edit Video Pembelajaran yang Mudah Digunakan oleh Guru

News

Tunjangan Sertifikasi Guru Akan Dihapus? Simak Penjelasan Menteri Keuangan

News

Inilah Karakteristik Kurikulum Prototipe untuk Jenjang SMP dan Pendidikan SLB!
cara menyusun rpp kurikulum 2013

News

Fakta Penting tentang Kurikulum Prototipe

News

Ketahui! Tips Bagi Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

News

Cara Mudah Menentukan Ide Dalam Menulis Sebuah Karya Ilmiah

News

3 Platform Terbaik untuk Membuat Aplikasi Pembelajaran di Android